PENGERTIAN DAN ASAL MULA PANCASILA
PENGERTIAN DAN ASAL MULA PANCASILA

PENGERTIAN DAN ASAL MULA PANCASILA

ANAMS.ID – Pancasila adalah asas pedoman bangsa Indonesia, dasar pengambilan keputusan oleh rakyat Indonesia yang mencerminkan kepribadian bangsa, dan dasar peraturan pemerintah provinsi. Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta panka yang berarti lima dan sila yang berarti dasar. Jadi Pancasila adalah 5 kubu.

Pemahaman Pancasila Terhadap Pancasila

Selain pengertian umum tentang pancasila, terdapat beberapa pendapat ahli atau orang dalam memberikan pendapat tentang pengertian pancasila, seperti:

Menurut Ir. Soekarno

Menurut Sukarno, pengertian Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang telah berabad-abad disembunyikan oleh budaya Barat, dengan demikian Pancasila bukan hanya merupakan falsafah nasional, tetapi juga lebih bersifat umum. negara Indonesia.

Menurut profesor. Dokter Dokter. Raden Mas Tumenggung Notonagoro S.H.

Konsepsi Notonegoro tentang Pancasila merupakan landasan filosofis bangsa Indonesia, dan dengan demikian dapat diartikan sebagai suatu kesimpulan bahwa Pancasila adalah landasan filosofi dan ideologi bangsa, yang seharusnya menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Ini adalah dasar persatuan, simbol persatuan dan kesatuan, dan bagian dari pertahanan bangsa dan negara.

Menurut Muhammad Yamin
Pengertian Pancasila menurut Muhammad Yamin adalah lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang perilaku yang penting dan benar. Panchasila berasal dari kata panka, yang berarti lima, dan sila berarti gabungan, prinsip, dasar, atau aturan perilaku yang penting dan baik.

pancasila secara etimologis

Secara etimologis, istilah “Panchasila” berasal dari bahasa Sansekerta India, bahasa kasta Brahmana. Bahasa rakyat biasa disebut bahasa Prakrit.

Menurut profesor. Dr Majidid Nurkoliko

Pancasila adalah modal untuk mewujudkan demokrasi di Indonesia, Pancasila memberikan prasyarat dasar dan mendasar bagi demokrasi dan ketertiban politik di Indonesia, Pancasila memberikan kontribusi untuk banyak hal penting. Menurut Nurcholish, keberadaan Pancasila dan UUD 1945 diterima oleh umat Islam Indonesia.

Baca Juga :   Pengertian Neraca

Selama ini kedua pilar tersebut mampu menjamin kebaikan konstitusional seluruh negeri. Singkatnya, Pancasila dan UUD 1945 diterima oleh umat Islam karena dua alasan. Kedua, fungsinya sebagai titik kesepakatan antara berbagai kelompok untuk mencapai kesatuan politik bersama. ”

Menurut Dr. Nikolaus Driyarkala SJ

Dalam pemikiran Driyarkala tentang Pancasila sebelum tahun 1965, persoalan persatuan dikembalikan kepada kemanusiaan yang sederajat, bersaudara. Inilah titik awal uraiannya tentang Pancasila. Kontroversi agama di Indonesia, tergambar dalam tulisannya tentang Pancasila dan agama.

Menurut Dr. Kuntwijoyo

Para pencipta radikalisasi Pancasila resah karena Pancasila hanya digunakan dalam kata-kata dan bahkan sebagai alat politik untuk melanggengkan kekuasaan. Bangsa Indonesia tersesat karena Pancasila ‘tidak berfungsi’. Pancasila memang ‘jimat sakti’, namun jimat itu hanya dikalungkan di pinggang dan tidak digunakan untuk ‘memerangi’ korupsi, apalagi berfungsi sebagai pedoman ideologis pembangunan bangsa.

Asal usul kata pancasila

Istilah ‘Panchasila’ pertama kali ditemukan dalam buku ‘Sutasoma’ yang ditulis oleh Mpu Tantura pada masa Majapahit (abad ke-14). Dalam buku ini, istilah Pancasila didefinisikan sebagai Lima Perintah Moral (Panchasila Karma), yang meliputi lima larangan berikut:

  • melakukan kekerasan
  • mencuri
  • iri
  • Berbohong
  • mabuk

itulah pembahasan mengenai PENGERTIAN DAN ASAL MULA PANCASILA, semoga bermanfaat***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.