Pengertian dan Perkembangan Akuntansi Sektor Publik
Pengertian dan Perkembangan Akuntansi Sektor Publik

Pengertian dan Perkembangan Akuntansi Sektor Publik

Anams.id – Akuntansi sektor publik adalah akuntansi dana publik, karena dapat diartikan lebih lanjut sebagai teknik akuntansi dan mekanisme analisis yang diterapkan pada pengelolaan dana publik pada lembaga tinggi negara dan subdivisi, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, LSM dan yayasan sosial. , dan proyek kemitraan publik-swasta.

Pemahaman ini mempengaruhi berbagai analisis yang disajikan dalam buku ini. Namun, situasi saat ini sedang diperiksa oleh persepsi yang berbeda di dunia akademik.

Pengembangan akuntansi sektor publik

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia telah mengalami perubahan yang sangat mendasar dan mendalam, yang ditandai dengan tumbuhnya keinginan untuk akuntabilitas dan transparansi kinerja dalam pengelolaan sektor publik. Kata reformasi adalah percikan yang mengembalikan keseimbangan antara perkembangan tubuh dan perkembangan nilai. Oleh karena itu, reformasi kami difokuskan untuk membangun nilai-nilai yang tertuang dalam Tata Kelola Goog.

Representasi pemerintahan yang bersih dapat dimaknai sebagai wujud integritas pemerintahan. Sebelumnya, integritas pemerintah didefinisikan sebagai stabilitas pemerintah. Di sisi lain, pada era Reformasi, kejujuran diartikan sebagai pemerintahan yang bersih. Oleh karena itu, mekanisme manipulasi yang diterapkan di masa lalu harus diganti dengan mekanisme permeasi.
Perubahan politik dan krisis ekonomi telah menyebabkan munculnya kesadaran baru di kalangan masyarakat Indonesia.

Penguatan etika penguji kini menjadi hal yang mendesak. Pengaduan hanya dibatasi oleh profesi, artinya akuntan dianggap telah memenuhi tugasnya secara profesional dan sosial selama aturan profesi dihormati. Hal ini dinilai tidak wajar karena masyarakat menuntut akuntan dituntut secara hukum. Profesionalisme, yang mengacu pada kompetensi pribadi dan kejujuran, diperlukan untuk membawa kredibilitas profesional dalam proses hukum publik. Akuntan sebagai profesi diharapkan dapat terlibat aktif dalam mewujudkan transparansi ekonomi.

Baca Juga :   MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG TEORI AKUNTANSI

Akuntansi sektor publik harus lebih fokus pada sistem akuntansi dan audit. Sistem akuntansi publik yang dikembangkan selama ini memanfaatkan karakteristik persaingan swasta. Tentu saja, ini adalah kesalahan besar. Hal ini karena karakter dan evaluasi kinerja publik sangat berbeda dengan sektor swasta.

Pengukuran kinerja dan kinerja sektor publik merupakan jantung dari pengembangan akuntansi sektor publik. Perhatian terhadap efisiensi keuangan dan efektivitas manajemen adalah dua titik awal pengembangan disiplin akuntansi manajemen sektor publik ini.

itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Perkembangan Akuntansi Sektor Publik, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.