Pengertian Administrasi
Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi

Anams.id – Apa yang dimaksud dengan manajemen kantor dalam kasus ini? Pengertian manajemen kantor adalah sekumpulan kegiatan rutin dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data dan informasi untuk mencapai tujuan organisasi secara sistematis.

Pengertian administratif

Menurut Prajudi Atmosudirdjo (Pemerintahan Nasional), administrasi dibedakan menjadi dua:

administrasi dalam arti sempit

Tegasnya, hal ini dipahami dalam lingkup pekerjaan yang sempit, yang hanya berkisar pada aktivitas pekerjaan kantor seperti menulis, mengetik surat menyurat (termasuk penggunaan komputer), agenda, pengarsipan, dan akuntansi.

administrasi dalam arti luas

Secara garis besar, administrasi dapat dibagi menjadi tiga perspektif:

proses

Dari perspektif proses, manajemen adalah keseluruhan proses, mulai dari proses berpikir, proses perencanaan, proses pengaturan, proses mobilisasi, dan proses pemantauan, hingga pencapaian tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan, pertama-tama kita harus mempertimbangkan apa dan bagaimana hal itu perlu dicapai, sarana dan prasarana apa yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, dan kemampuan untuk mencapainya Hmm. Sebagai contoh:

Sejak seseorang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jayapura, dia sudah memiliki tujuan, mengapa dia pergi ke Jayapura dan bagaimana caranya?
Apakah Anda akan menggunakan kapal atau pesawat terbang? Ini memiliki biaya. Yang kurang penting adalah apakah orang tersebut mampu untuk bepergian ke sana.

fungsi atau tugas

Menggambarkan segala tindakan (kegiatan) yang harus dilakukan oleh seseorang yang merupakan “manajer” (orang yang memegang jabatan dalam pengelolaan suatu organisasi) dalam hal fungsi atau tugas administratif. Setiap organisasi atau lembaga jelas memiliki orang-orang yang mengelola administrasinya. Sebagai contoh:

orang yang melakukan tugas kepemimpinan (pemimpin);
Seseorang yang melaksanakan pekerjaan perencanaan (planner).
entitas (penanggung jawab) yang melakukan fungsi pengawasan dan pengendalian;
Penyelenggara, dll.

Baca Juga :   Fungsi Manajemen Proyek

Agensi (Lembaga)

Dari perspektif badan (agency), tinjauan administratif terdiri dari pemeriksaan kegiatan lembaga yang melakukan kegiatan tertentu. Sebagai contoh: Ada kantor pos dan orang yang melakukan kegiatan pelayanan pos (komunikasi, pengiriman barang, dll). Kantor pajak, kantor polisi, departemen, departemen luar, dll. Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa administrasi memiliki arti “kegiatan untuk mencapai tujuan” atau “proses organisasi untuk mencapai tujuan”.

itulah pembahasan mengenai Pengertian Administrasi, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.