Pihak-Pihak Yang Berkepentingan Terhadap Informasi Akuntansi
Pihak-Pihak Yang Berkepentingan Terhadap Informasi Akuntansi

Pihak-Pihak Yang Berkepentingan Terhadap Informasi Akuntansi

ANAMS.ID – Informasi akuntansi adalah data tentang transaksi keuangan yang telah terjadi dalam suatu perusahaan selama periode tertentu, yang dirangkum dalam bentuk laporan keuangan.

Laporan keuangan meliputi neraca, yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan, laporan laba rugi, yang menggambarkan perkembangan dan hasil usaha perusahaan, dan laporan lainnya. Oleh karena itu, laporan keuangan merupakan sarana komunikasi antara kegiatan ekonomi perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan situasi keuangan dan perkembangan perusahaan yang bersangkutan.

Subyek yang menarik untuk informasi akuntansi meliputi:

kepala perusahaan

Pelaporan keuangan untuk eksekutif bisnis bekerja seperti ini:

Bukti tanggung jawab kepada pemilik perusahaan atas jasa yang dipercayakan kepada mereka untuk pengelolaan perusahaan.
Alat evaluasi untuk seluruh, sebagian atau individu pelaksanaan kegiatan perusahaan yang kekuasaan dan tanggung jawab telah dipercayakan.
Alat untuk mengukur tingkat biaya kegiatan perusahaan
Dasar atau bahan untuk dipertimbangkan ketika membuat keputusan perencanaan bisnis masa depan.

pemilik perusahaan

Misalnya, dalam suatu perusahaan berbentuk perseroan terbatas (PT) yang kepemimpinannya telah dialihkan kepada orang lain, maka laporan keuangan pemilik perusahaan tersebut berfungsi sebagai berikut:

Alat untuk mengevaluasi kinerja manajemen puncak
Dasar Perhitungan Laba Masa Depan yang Diharapkan dan Tren Harga Saham Yang Dimiliki

kreditur dan calon kreditur

Kreditur adalah individu atau badan seperti bank yang memberikan pinjaman kepada bisnis dalam bentuk uang atau aset. Kreditur, bankir, dan calon kreditur tertarik untuk mengetahui neraca suatu perusahaan, khususnya perusahaan yang mengajukan kredit. Artinya, menentukan kredit atau menentukan jumlah kredit.

Kreditur harus mengetahui terlebih dahulu keadaan (status) keuangan perusahaan kreditur. Analisis laporan keuangan perusahaan menunjukkan apakah perusahaan akan mampu membayar kembali pinjaman pada saat jatuh tempo. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa apakah pinjaman yang diberikan dijamin dengan baik.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dalam Tentang Piutang Dagang

pemerintah

Pemerintah di mana suatu perusahaan bermarkas (atau bertempat tinggal) memiliki kepentingan yang besar terhadap laporan keuangan perusahaan. Tujuannya adalah untuk:

Menentukan besarnya pajak yang terutang oleh perusahaan
Untuk data statistik Kementerian Perdagangan dan Perindustrian dan Badan Pusat Statistik yang menjadi dasar perencanaan pemerintah.

karyawan

Karyawan perusahaan tertarik dengan laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan.

Untuk mengetahui tingkat kompetensi perusahaan tempat mereka bekerja dalam memberikan upah dan pelayanan jaminan sosial lainnya.
Laporan keuangan menunjukkan kinerja dan prospek perusahaan yang terkait, memungkinkan karyawan untuk memutuskan pilihan intervensi yang akan diterapkan dalam kaitannya dengan kelangsungan pekerjaan mereka.
Di perusahaan yang biasanya memberikan bonus kepada karyawan mereka pada akhir setiap periode, mengamati neraca memungkinkan karyawan mengetahui tingkat hak atau bonus mereka atas keuntungan perusahaan untuk periode dasar.

Perbandingan Akuntansi Publik dan Akuntansi Swasta

Beberapa tugas dan fungsi sektor publik sebenarnya dapat dilakukan oleh sektor swasta juga. Misalnya, tugas-tugas yang menghasilkan berbagai jenis pelayanan publik, seperti layanan komunikasi, pemungutan pajak, pendidikan, transportasi umum, dan sebagainya. .

Namun, kehadiran sektor publik tidak dapat digantikan oleh sektor swasta untuk tugas-tugas tertentu. Misalnya, fungsi birokrasi pemerintah. Oleh karena itu, akuntansi sektor publik berbeda dalam banyak hal dari akuntansi sektor swasta.

Perbedaan sifat dan karakteristik sektor publik dan swasta dapat dibandingkan dengan beberapa cara, antara lain tujuan organisasi, sumber pendanaan, model akuntabilitas, struktur organisasi, karakteristik neraca, pemangku kepentingan, dan sistem akuntansi yang digunakan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.