Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

ANAMS.ID – Manajemen proyek adalah disiplin ilmu perencanaan, pengorganisasian, dan pengelolaan (eksekusi dan pengelolaan) proyek untuk mencapai tujuannya. Proyek adalah salah satu yang mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik dan umumnya memiliki perubahan, kegunaan, atau nilai tambah yang berarti.

definisi manajemen

Manajemen ini dapat berarti banyak hal yang berbeda tergantung pada latar belakang dan pengalaman orang/profesional di bidang manajemen. Ada yang mengartikannya sebagai ilmu dan seni, profesi, sistem dan proses, serta fungsi dan kelompok/kelompok untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Manajemen proyek yang buruk dapat mengikis manfaat yang diharapkan melalui peningkatan biaya, penyelesaian program yang tertunda, dan penalti. Dengan kata lain, kunci dalam mengelola sebuah proyek adalah bagaimana mengatur dan mengelola sumber daya yang ada.
rencana

Proyek adalah kegiatan satu kali dengan waktu dan sumber daya yang terbatas untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan. Untuk mencapai hasil akhir, kegiatan proyek dibatasi oleh anggaran, perencanaan dan kualitas. Kegiatan operasional antara lain karena sifatnya yang dinamis, tidak rutin, banyak kegiatan dengan intensitas yang bervariasi dan siklus yang pendek.
Berbagai definisi manajemen

Manajemen sebagai ilmu dan seni (Manajemen adalah ilmu dan seni) Manajemen sebagai ilmu adalah teori yang terorganisasi secara sistematis dan teruji praktik yang terus berkembang. Ini adalah ilmu interdisipliner dan membutuhkan penerapan disiplin lain seperti statistik, matematika, dan filsafat, tetapi manajemen sebagai seni membutuhkan, dalam penerapannya, seni lain yang dimiliki oleh manajer dan bakatnya, serta pengalamannya. Ilmu manajemen mengajarkan ilmu manajemen dan seni manajemen mengajarkan bagaimana melaksanakan sesuatu yang berhubungan dengan bidang manajemen.

Perkembangan selanjutnya adalah manajemen profesional diselaraskan dengan perkembangan ilmu manajemen dan industri yang membutuhkan jasa pengetahuan dan keterampilan manajemen. Hal ini ditunjukkan dengan berkembangnya lembaga-lembaga manajemen yang bergerak di bidang pelatihan dan konsultasi manajemen.
Manajemen sebagai Sistem dan Proses Manajemen sebagai sistem adalah pendekatan sistematis untuk memecahkan masalah manajemen. Kegiatan manajemen adalah subsistem dari serangkaian kegiatan yang saling berhubungan yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan organisasi sebagai keluaran/sasaran dan untuk menggunakan sumber daya yang tersedia seefektif dan seefisien mungkin.

Baca Juga :   Tujuan Administrasi Perkantoran

Selain itu, manajemen sebagai suatu fungsi merupakan implementasi manajemen yang terpisah, bahkan ketika dihubungkan dalam suatu kerangka kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Dan manajemen adalah sekelompok orang yang menjalankan tujuan dan fungsi manajemen untuk mencapai tujuan kelompok.
Antara lain menurut para ahli di bidang manajemen:

George R. Terry (Prinsip Manajemen)

Manajemen adalah proses unik yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang ditetapkan oleh sumber daya manusia dan kekuatan terpisah dari sumber daya manusia.

James AF Stoner (Manajemen)

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan upaya anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.

Elmor Peterson (Manajemen Organisasi dan Bisnis)

Manajemen adalah teknik di mana maksud dan tujuan sekelompok orang tertentu ditetapkan, unsur-unsur manajemen dikategorikan dan dilaksanakan.

John F. Mee

Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan yang maksimal baik bagi pimpinan maupun karyawan, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.