Rumus Kapasitor

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Rumus Kapasitor”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Rumus Kapasitor” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Rumus Kapasitor” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Rumus kapasitor terdiri dari beberapa rumus yang digunakan untuk menghitung besarnya muatan listrik yang dihasilkan baik oleh kapasitor maupun muatan listrik yang masuk. Berikut ini beberapa rumus tentang kapasitor dengan rangkaian paralel, rangkaian seri, rangkaian seri, dan rangkaian kapasitor-paralel yang satuan aritmatikanya adalah farad (F). Berikut adalah rumus-rumus yang tersimpan dalam kapasitor cut off bermuatan listrik sebagai berikut:

Berikut adalah contoh rumus kapasitor

rumus kapasitor

Q=CV

Penjelasan:

Q = muatan yang satuannya columbus
C = kapasitansi dalam Farad
V = tegangan yang satuannya volt
(1 coulomb = 6,3 * 1018 elektron)

Kapasitor dapat bertindak sebagai baterai karena tegangan tetap berada di dalam kapasitor meskipun tidak terhubung, dan panjang sisa tegangan tergantung pada kapasitansi dari kapasitor itu sendiri. Contoh rumus lain dalam rangkaian kapasitor:

Rumus untuk Kapasitor Rangkaian Paralel

Jumlah C = C1 + C2 + C3

Pada rumus kapasitor diatas dapat disimpulkan bahwa pada rangkaian kapasitor paralel tidak ada pembagian tegangan atau muatan listrik sama sekali, semua tegangan akan memiliki besaran yang sama pada setiap titik pada rangkaian kapasitor paralel, alasannya adalah pada saat yang sama titik koneksi kapasitor paralel, jadi tidak ada Dia memiliki perubahan besar.

Rumus kapasitor dengan rangkaian seri

1/C Total = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3

Pada rumus kapasitor rangkaian seri diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam setiap pengukuran kapasitor seri ini terdapat distribusi tegangan dari sumber tegangan ke setiap titik, yang akhirnya jika digabungkan dengan menambahkan tegangan dari setiap titik akan terlihat seperti penjumlahan dari tegangan dari sumber tegangan.

Baca Juga :   Pengertian Optik

Rumus kapasitor seri dan paralel

C Total = (C1 + C2) // C3
1/CA = 1/C1 + 1/C2 (seri)

Pada rumus kapasitor dengan rangkaian seri dan paralel di atas dapat disimpulkan bahwa rangkaian jenis ini dapat dihitung dengan menggabungkan beberapa persamaan yang dapat dilihat dari dua rumus kapasitor yaitu seri dan paralel. Sehingga kita dapat mengetahui jumlah total kombinasi antara kedua jenis kapasitor tersebut.

Itulah penjelasan terkait Rumus Kapasitor. semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *