PENGERTIAN IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
PENGERTIAN IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA

PENGERTIAN IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA

ANAMS.ID – Pancasila dilambangkan sebagai rajawali dengan lima sila pada tubuhnya. Menurut Wikipedia, Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata Sansekerta. pañca, yang berarti lima, dan prinsip atau aturan.
Setiap negara atau bangsa yang ingin tetap kuat tanpa mudah terpengaruh oleh kerasnya kehidupan berbangsa, tentunya harus memiliki ideologi dan landasan nasional yang kuat dan kokoh. Peran ideologi sangat penting bagi suatu negara, karena tanpanya negara dan negara menjadi rapuh.

Kajian yang lebih mendalam tentang Pancasila menyadarkan kita akan diri kita sebagai bangsa Indonesia yang harus memanifestasikan dirinya dalam interaksi kehidupan kita sehari-hari untuk memiliki identitas dan menunjukkan identitas nasional yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi. Untuk itu diharapkan dapat menjelaskan Pancasila sebagai ideologi nasional, menjelaskan makna ideologi, menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Ilmu yang didapat dalam karya ini juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menganalisis dan mengkritisi sikap para pemimpin negara yang menyimpang dari cita-cita dan tujuan negara.

definisi ideologi

Ideologi berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata: edios, yang berarti gagasan atau konsep, dan logos, yang berarti ilmu. Pengertian ideologi secara umum adalah kumpulan ide, gagasan, keyakinan, dan keyakinan yang lengkap dan sistematis. Secara garis besar, ideologi adalah pedoman normatif yang digunakan oleh semua kelompok sebagai landasan cita-cita, nilai-nilai inti, dan keyakinan menikah.

Ideologi karena itu memiliki arti pengetahuan tentang gagasan, pengetahuan tentang gagasan, ilmu tentang gagasan atau ajaran tentang pemahaman dasar. Menurut Kaelan, dalam bahasa sehari-hari, “ide” diidentikkan dengan cita-cita.

Baca Juga :   PILAR KEBANGSAAN - PANCASILA

Ideologi, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), berarti kumpulan konsep yang sistematis yang digunakan sebagai dasar pendapat (peristiwa) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. pemikiran individu atau kelompok. Pengertian, teori dan tujuan yang merupakan program sosial politik.

Definisi dasar bangsa

Landasan bangsa adalah landasan kehidupan berbangsa. Setiap negara harus memiliki landasan untuk menjalankan kehidupan nasionalnya. Prasarana nasional suatu negara merupakan dasar bagi pengaturan penyelenggaraan negara.

Landasan nasional sangat penting bagi suatu negara. Negara tanpa landasan nasional berarti negara tidak memiliki pedoman dalam mengatur kehidupan berbangsa dan akibatnya negara tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas dan rawan terjadi kerancuan. Landasan bangsa sebagai pedoman hidup berbangsa meliputi cita-cita nasional, tujuan nasional, dan norma nasional.

Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar bangsa harus selalu menjadi pedoman segala tindakan dan keputusan penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan pada Pancasila, dengan tetap menjaga kemanusiaan yang luhur dan menjunjung tinggi cita-cita moral bangsa. . Pancasila sebagai sumber nilai merepresentasikan jati diri bangsa Indonesia dengan nilai kemanusiaan yang luhur. Hal ini menunjukkan bahwa bagi Pancasila, bangsa Indonesia menolak segala bentuk penindasan, penjajahan suatu negara atas negara lain. Pancasila sebagai sumber nilai merupakan cita-cita moral luhur yang meliputi suasana kejiwaan dan watak bangsa Indonesia, oleh karena itu bangsa Indonesia menolak segala bentuk kekerasan dari manusia kepada manusia lainnya.

Pancasila dianggap sebagai acuan dalam perumusan etika kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila juga merupakan paradigma pembangunan. Arah dan tujuan perubahan dan proses evolusi di suatu daerah. Pancasila sebagai paradigma pembangunan mengandung arti bahwa Pancasila merupakan sumber nilai sebagai dasar, arah dan tujuan dari proses pembangunan. Untuk itu, seluruh aspek pembangunan nasional harus berakar pada nilai-nilai sila Pancasila, mewujudkan pemajuan harkat dan martabat manusia yang padu berdasarkan nilai fitrah manusia.

Baca Juga :   Sistem Ketatanegaran RI Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945

itulah pembahasan mengenai pengertian ideologi dan dasar negara, semoga bermanfaat ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.