MANFAAT DAN PRINSIP DEMOKRASI
MANFAAT DAN PRINSIP DEMOKRASI

MANFAAT DAN PRINSIP DEMOKRASI

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahasan terkait manfaat dan prinsip demokrasi.

simak artikel berikut dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insight nya.

Manfaat demokrasi

Demokrasi dapat menawarkan manfaat dalam kehidupan masyarakat yang demokratis, yaitu:

persamaan sebagai warga negara

Di sini demokrasi memperlakukan semua orang sama dan sederajat. Prinsip kesetaraan menuntut perlakuan yang sama terhadap pandangan, pendapat, dan pilihan masing-masing negara.

Memenuhi kebutuhan bersama

Kebijakan dapat mencerminkan keinginan masyarakat. Semakin besar suara rakyat dalam menentukannya, semakin besar kemungkinan kebijakan tersebut akan mencerminkan keinginan dan aspirasi rakyat.

pluralisme dan kompromi

Demokrasi berarti keragaman dan pluralisme dalam masyarakat serta kesetaraan di antara warga negara. Dalam demokrasi, perbedaan pendapat diatasi melalui diskusi, persuasi, dan kompromi, bukan melalui paksaan atau unjuk kekuatan.

Jaminan hak dasar

Demokrasi menjamin kebebasan dasar sehubungan dengan hak-hak sipil dan politik, hak atas kebebasan berbicara dan berekspresi, hak berserikat dan berkumpul, hak untuk bergerak, dll. Hak-hak ini memungkinkan individu untuk mengembangkan diri dan memungkinkan pengambilan keputusan kolektif yang lebih baik. .

Pembaruan kehidupan sosial

Demokrasi memungkinkan adanya kehidupan sosial bawaan. Penghapusan kebijakan lama secara berkala dan penggantian politisi dilakukan dengan cara yang santun dan damai. Demokrasi memfasilitasi transisi generasi tanpa gangguan.

Prinsip Demokrasi

Suatu negara dikatakan demokrasi jika sistem pemerintahannya mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi. Robert, Dahi (Sranti, et al., 2008) menyatakan bahwa ada beberapa prinsip demokrasi yang harus ada dalam sistem pemerintahan yang demokratis, yaitu:

Adanya kontrol atau kendali atas keputusan pemerintah. Pengambilan keputusan pemerintah dikendalikan oleh lembaga legislatif (DPR dan DPRD).
Ada seleksi yang hati-hati dan jujur. Demokrasi dapat berfungsi dengan baik jika ada partisipasi warga yang aktif dan partisipasi itu dilakukan secara hati-hati dan jujur. Warga diberikan pengetahuan informasi yang akurat dan jujur.
Ada hak untuk memilih dan mencalonkan diri. Hak memilih, yaitu memberikan hak kepada rakyat untuk mengawasi jalannya pemerintahan, dan menentukan pilihan yang terbaik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh rakyat. Hak memilih adalah kesempatan bagi setiap warga negara untuk dipilih guna memenuhi amanat pemilihnya.
Ada kebebasan berekspresi tanpa ancaman. Demokrasi membutuhkan kebebasan berekspresi dan berserikat dengan rasa aman.
Ada akses gratis ke informasi. Dengan meminta informasi yang akurat, setiap warga negara harus memiliki akses informasi yang memadai. Setiap keputusan pemerintah harus bersifat sosial dan mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat dan merupakan tugas pemerintah untuk memberikan informasi yang benar.
Ada kebebasan berserikat yang terbuka. Kebebasan berserikat ini menyediakan bagi warga negara yang merasa rentan, dan untuk memperkuatnya diperlukan teman atau kelompok dalam bentuk serikat pekerja.

Baca Juga :   Sistem Ketatanegaran RI Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945

Leave a Reply

Your email address will not be published.