Pengaruh Politik Terhadap Ketahanan Nasional
Pengaruh Politik Terhadap Ketahanan Nasional

Pengaruh Politik Terhadap Ketahanan Nasional

Anams.id – kali ini kita akan membahas mengenai┬áPengaruh Politik Terhadap Ketahanan Nasional. untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik.

Pengaruh politik

Politik berasal dari kata politik yang berarti kekuasaan (pemerintah), dan kata politik yang berarti kebijaksanaan. Di Indonesia, kami tidak memisahkan politik dari politik. Hubungan ini tercermin dalam pemerintahan negara bagian, yang bertindak sebagai pengambil keputusan politik dan ingin mewujudkan aspirasi rakyatnya. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah negara-negara tersebut harus selaras dan serasi dengan keinginan dan aspirasi rakyatnya. Politik Indonesia yang harus dilihat dalam konteks ketahanan nasional terdiri dari dua bagian utama, yaitu politik dalam negeri dan politik luar negeri.

politik dalam negeri

Politik dalam negeri adalah kehidupan politik dan kehidupan berbangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang mampu menyerap aspirasi dan mendorong partisipasi masyarakat dalam satu sistem. Unsur-unsur tersebut terdiri dari struktur politik, proses politik, budaya politik, komunikasi politik dan partisipasi politik.

  • Struktur politik merupakan wadah untuk mengarahkan kepentingan masyarakat sekaligus kader pemimpin bangsa.
  • Proses politik adalah rangkaian proses pengambilan keputusan yang menyangkut berbagai kepentingan politik dan kepentingan umum yang bersifat nasional, serta keputusan pemilihan pemimpin menjelang pemilihan umum.
  • Budaya politik merupakan cerminan dari perwujudan hak dan kewajiban rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa, yang diwujudkan secara primordial dan rasional melalui pendidikan politik dan kegiatan politik yang berlandaskan disiplin nasional.
    Komunikasi politik adalah hubungan timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan berbangsa, di mana rakyat adalah sumber aspirasi dan kepemimpinan nasional.
  • Ketahanan politik internal berarti sistem pemerintahan berdasarkan hukum, mekanisme politik yang menoleransi perbedaan pendapat. Kepemimpinan nasional yang menyambut keinginan untuk hidup dalam masyarakat.
Baca Juga :   Pengertian Negara

politik luar negeri

Politik luar negeri merupakan salah satu sarana untuk mencapai kepentingan nasional dalam hubungan internasional. Politik luar negeri Indonesia berdasarkan Pembukaan UUD 1945 bertentangan dengan kemanusiaan dan keadilan, sehingga mewujudkan tatanan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial dan anti kolonialisme.

Politik luar negeri adalah tentang memproyeksikan kepentingan nasional ke dalam kehidupan masyarakat. Terinspirasi oleh falsafah nasional Pancasila sebagai syarat moral dan etika, politik luar negeri Indonesia bertujuan untuk kepentingan nasional, khususnya pembangunan nasional. Oleh karena itu, kebijakan luar negeri merupakan bagian integral dari strategi nasional dan sarana untuk mencapai tujuan nasional secara keseluruhan.

Landasan politik luar negeri kita adalah Pembukaan UUD 1945, yang mengatur ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, dan anti-kolonialisme yang tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan. Kebijakan luar negeri Indonesia adalah liberal dan proaktif. Indonesia pada dasarnya bebas dalam arti tidak berpihak pada kekuatan yang tidak sesuai dengan karakter bangsanya. Dalam arti Indonesia, mereka aktif di kancah internasional, dan mereka memainkan peran berdasarkan cita-cita mereka tanpa bereaksi dan tidak penting.

Pencapaian ketahanan politik membutuhkan kehidupan politik nasional yang sehat dan dinamis dengan kemampuan menjaga stabilitas politik, berdasarkan Pancasila UUD 1945. meningkat. Kerjasama akan dilakukan sesuai dengan kapasitas dan kepentingan nasional.

Perkembangan, perubahan dan gejolak di dunia terus dilacak dan dipelajari, mengurangi ketidaksetaraan dan ketidaksetaraan dengan dunia industri. Penciptaan tatanan dunia baru dan tatanan dunia. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Perlu ditingkatkan perlindungan kepentingan Indonesia dari kegiatan diplomasi negatif dari negara lain dan hak-hak warga negara Indonesia di luar negeri.

Baca Juga :   Fungsi, Tipe, dan Syarat Lembaga Sosial

itulah pembahasan mengenai Pengaruh Politik Terhadap Ketahanan Nasional, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.