Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional

Anams.id – Bela negara, atau upaya bela negara, sebenarnya bukan hanya upaya mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan serangan musuh, tetapi juga upaya warga negara untuk mempertahankan dan memajukan negara Indonesia di segala bidang. . Hal ini juga berkaitan dengan usaha. Antara lain, contoh tindakan yang menunjukkan upaya bela negara dapat dilihat dari perjuangan antara putra dan putri bangsa Indonesia, baik di bidang pertahanan dan keamanan maupun di bidang lainnya.

Banyak negara telah memenangkan kemerdekaan mereka berkat perjuangan terus-menerus dari rakyat mereka untuk mencapainya. Sebuah negara akan bertahan jika selalu dilindungi dan dipelihara oleh semua orang bersama-sama dengan pemerintah. Begitu juga dengan Indonesia. Mampukah bangsa Indonesia menjaga dan mempertahankan ketuhanan dan kelangsungan NKRI?

Pengertian ketahanan nasional

Ketahanan nasional adalah dinamika suatu bangsa yang terdiri dari ketangguhan dan ketangguhan, serta kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan hambatan yang mengancam kita secara langsung maupun tidak langsung dari dalam maupun dari luar. Ini adalah keadaan normal. dan membahayakan bangsa dan perjuangannya untuk mencapai integritas, identitas, kelangsungan hidup, dan tujuan perjuangan nasionalnya.

Prinsip keamanan nasional Indonesia adalah Pancasila, UUD 1945, dan Kode Etik Nusantara Berbasis Wawasan Nilai. Ini adalah prasyarat utama bagi negara-negara berkembang yang menghargai kelangsungan hidup dan perkembangan mereka.

Dalam perjuangan mencapai tujuan/tujuan nasional, bangsa Indonesia tidak luput dari berbagai ancaman yang terkadang membahayakan keamanannya. Anda harus memiliki kemampuan, keuletan, dan ketekunan yang disebut

Kita dapat mengatakan bahwa keadaan negara kita tidak statis, tetapi terus berubah. Ancaman yang kita hadapi juga tidak sama, baik jenis maupun skalanya. Oleh karena itu, ketahanan nasional harus terus dipupuk dan ditingkatkan dalam menyikapi kondisi dan ancaman yang kita hadapi. Dan inilah yang kami sebut dengan sifat dinamis ketahanan tanah air.

Baca Juga :   Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola

Ungkapan “ketahanan nasional” sering kita dengar di surat kabar dan di tempat lain.

Mungkin kita sudah mendapatkan gambarannya. Kita sudah tahu implikasi wawasan nusantara untuk menggali ketahanan nasional. Ketahanan nasional adalah keadaan dinamis suatu bangsa yang meliputi keuletan dan ketahanan yang membentuk kekuatan nasional.

Kekuatan ini diperlukan untuk mengatasi segala macam ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan persatuan, eksistensi, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Ancaman tersebut bisa datang dari dalam maupun dari luar.

Tidak hanya untuk pertahanan, tetapi juga untuk menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang datang secara langsung maupun tidak langsung baik dari luar maupun dari dalam, prinsip-prinsip tersebut adalah:

Ciri-ciri Ketahanan Nasional Indonesia

Ketahanan nasional memiliki ciri-ciri yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam Asas-asas Inti.

kemerdekaan

Ketahanan suatu bangsa adalah tentang meyakini kemampuan dan kekuatan sendiri dengan keuletan dan ketangguhan, tanpa mudah menyerah, serta menjunjung tinggi nilai-nilai identitas, integritas, dan jati diri bangsa. Kemandirian juga berarti memiliki kemampuan untuk bertindak dan menganggap diri lebih dewasa dan bertanggung jawab atas segala tindakan. merupakan prasyarat untuk bekerja sama dengan negara lain.

dinamis

Pertahanan negara tidak statis dan dapat bersifat dinamis atau bertambah atau berkurang tergantung pada situasi dan keadaan suatu negara atau bangsa serta kondisi lingkungan strategis yang muncul. Tentang gagasan dan sifat bahwa segala sesuatu di dunia ini terus berubah, dan perubahan itu selalu berubah. Oleh karena itu, upaya membangun ketahanan nasional harus selalu diprioritaskan dan diarahkan ke masa depan sebagai syarat untuk membangun kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga :   Teknik Dasar Bola Voli Yang Harus Diketahui

otoritas

Secara berkesinambungan, berkelanjutan dan seimbang, keberhasilan sistem keamanan nasional Indonesia yang kuat, kokoh, dan tangguh akan meningkatkan kapasitas dan kekuatan bangsa untuk menarik perhatian negara lain.

Semakin tinggi dan kuat pertahanan negara Indonesia, maka semakin tinggi pula kekuatan negara. Artinya pandangan masyarakat Indonesia yang lebih tinggi di mata dunia dan kemampuan yang lebih besar untuk mencegah dan mencegah dampak buruk dari lingkungan asing strategis yang dimiliki bangsa Indonesia. .

Konsultasi/kerja sama

Konsep ketahanan non-nasional menempatkan konflik dan permusuhan daripada mengandalkan kekuatan dan kekuatan fisik semata-mata untuk keuntungan kita sendiri. Melainkan didasarkan pada sikap konsultatif dan kooperatif serta sikap saling menghormati yang menghargai dan bergantung pada karakter moral dan kekuatan bangsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.