FUNGSI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP
FUNGSI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP

FUNGSI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP

ANAMS.ID – Artinya, nilai Pancasila sebagai pedoman dan pedoman pembangunan negara dan bangsa, berkat itu tetap kuat dan menyelesaikan ideologi politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta masalah pertahanan dan keamanan. untuk mengambil.

Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila mencerminkan jati diri bangsa. Hal ini karena core values ​​merupakan kristalisasi dari nilai-nilai budaya asli bangsa Indonesia, bukan diambil dari bangsa lain.
Sebagai risalah mulia bangsa Indonesia

Pancasila merupakan produk perenungan para Founding Fathers (Para Founding Fathers) sebagai wakil bangsa, dan Pancasila yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan sosial budaya. Makna moral dan sosial budaya dalam arti tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama yang berlaku di Indonesia berarti pencerminan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, oleh karena itu Pancasila mewakili seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

Pancasila sebagai ideologi nasional:

Ideologi bangsa adalah ideologi mayoritas warga negara mengenai nilai-nilai fundamental bangsa yang harus diwujudkan melalui kehidupan berbangsa. Ideologi nasional sering disebut sebagai ideologi politik karena merujuk pada perilaku kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, yang tidak lain adalah kehidupan politik.
Pancasila berfungsi sebagai ideologi nasional, yaitu:

  • Memperkuat kohesi nasional karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang pluralis.
  • Memimpin, menggerakkan dan membimbing bangsa Indonesia menuju cita-citanya
  • bangsa Indonesia berkembang.
  • Menjaga dan mengembangkan jati diri bangsa
  • Pelatihan nasional berdasarkan Pancasila.
  • Itu menjadi standar nilai ketika mengkritik negara dan negara bangsa.

Alfian mengatakan bahwa kekuatan ideologi tergantung pada kualitas tiga dimensinya: realitas, idealisme, dan fleksibilitas.

Pancasila sebagai ideologi memiliki tiga wajah.

  • Dimensi realitas, yaitu nilai-nilai fundamental yang ada dalam sebuah ideologi yang mencerminkan realitas, atau realitas yang hidup dalam masyarakat tempat ideologi itu lahir atau muncul pertama kali, setidaknya masyarakat tempat nilai-nilai fundamental ideologis tersebut. mereka mencerminkan realitas asli.
  • Aspek idealis adalah tingkat atau kualitas ideologi yang terkandung dalam nilai-nilai inti yang dapat memberikan harapan kepada kelompok atau kelompok masyarakat yang berbeda untuk masa depan yang lebih baik melalui pengalaman dalam praktik kehidupan sehari-hari.
  • Dimensi fleksibilitas atau dimensi pembangunan, yaitu kapasitas ideologis mempengaruhi dan sekaligus beradaptasi dengan perkembangan masyarakat. Mempengaruhi berarti ikut serta dalam proses mewarnai perkembangan zaman.
Baca Juga :   Nilai - Nilai Pancasila Sebagai Ideologi

itulah pembahasan terkait fungsi pancasila sebagai pandangan hidup***

Leave a Reply

Your email address will not be published.