Fungsi Pancasila
Fungsi Pancasila

Fungsi Pancasila

ANAMS.ID – Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

gaya hidup orang indonesia

Pancasila adalah visi kehidupan bangsa, karena nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila berasal dari budaya bangsa Indonesia sendiri, dan Pancasila adalah pedoman, pedoman, atau kekuatan spiritual bangsa Indonesia dalam masyarakat. ideal. , negara dan negara.

Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Karena Pancasila, jiwa bangsa Indonesia, telah lahir dengan keberadaan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Dimana menurut profesor. Bapak AG Pringgodigdo yang mengatakan bahwa Pancasila ada dari keberadaan bangsa Indonesia, memberikan corak khas bangsa Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, dan memberikan unsur pembeda dari bangsa lain.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Artinya Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia, sebagai sikap dan perilaku bangsa Indonesia sebagai pedoman dan pedoman bagi pembangunan bangsa dan pembangunan bangsa, lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia.

pakta besar

Pancasila adalah perjanjian luhur yang disepakati secara nasional sebagai dasar bangsa pada sidang PPKI “Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia” pada tanggal 18 Agustus 1945.

Sumber dari semua sumber yang paling sah

Pancasila merupakan sumber berlakunya peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 yang di dalamnya disebutkan, dan dengan demikian gagasan pokok, termasuk suasana mistiknya, maju terus. UUD 1945, akhirnya diterjemahkan ke dalam UUD 1945 dan undang-undang lainnya.

Cita-cita dan cita-cita yang harus dicapai bangsa Indonesia

Pancasila menyatakan pada ayat IV bahwa menyimpulkan untuk membentuk pemerintahan Republik Indonesia untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia sebagai pedoman untuk masyarakat adil dan makmur, baik materiil maupun spiritual.

Baca Juga :   Pancasila dalam konteks ketatanegaraan Indonesia

Melindungi seluruh negara berarti bahwa pemerintah berusaha melindungi seluruh negara dari dalam dan luar. Tujuan nasional kedua bangsa adalah untuk memajukan kesejahteraan umum. Bangsa Indonesia menginginkan situasi dan kondisi penduduknya bahagia, sejahtera, adil dan damai.

Tujuan ketiga UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Suatu bangsa maju jika didukung oleh penduduk yang berpengetahuan, cerdas, dan cerdas. Tujuan akhir nasional Indonesia adalah berperan aktif dan berpartisipasi dalam mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia

Pancasila adalah alat yang ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Karena Pancasila merupakan falsafah hidup dan individualitas bagi bangsa Indonesia, mengandung nilai dan norma yang diyakini bangsa Indonesia paling benar, adil, arif dan tepat untuk mempersatukan semua. Bahasa Indonesia.

Pancasila sebagai Ideologi Nasional Indonesia

Ideologi didefinisikan sebagai ide dasar atau ilmu tentang gagasan, ideologi adalah seperangkat nilai yang diyakini benar bagi suatu bangsa dan digunakan untuk mengatur masyarakatnya.Fungsi Pancasila sebagai penghubung budaya dan Pancasila sebagai ideologi nasional adalah:

Memperkuat kohesi nasional karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang pluralis.
Memimpin bangsa Indonesia menuju cita-citanya, menggerakkan dan membimbing bangsa Indonesia dalam mencapai pembangunan.
Menjaga dan mengembangkan jati diri bangsa serta mendorong pembentukan karakter bangsa berdasarkan Pancasila.
Ini adalah referensi berharga untuk mengkritik suatu negara atau bangsa.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.