Contoh Budaya Secara Umum

Unsur Budaya

Selamat datang di artikel kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang contoh budaya secara umum.

Ketika membicarakan tentang budaya, tentu saja tidak bisa hanya membatasi pada satu daerah atau negara saja. Unsur budaya adalah warisan yang diperoleh dari generasi ke generasi dan berkembang di lingkungan masyarakat tertentu.

Setiap unsur memiliki peranan penting dalam membentuk cara pandang dan sikap manusia terhadap kehidupan dan lingkungannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas setiap unsur tersebut beserta contohnya secara lebih detail.

Unsur Budaya dan Contohnya

Ada beberapa unsur budaya universal yang dikenal secara umum. Unsur-unsur ini memiliki keberadaan yang vital dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa unsur sistem budaya secara umum

Sistem Kepercayaan (Sistem Religi)

Sistem kepercayaan atau yang lebih dikenal dengan istilah agama merupakan unsur budaya yang sangat penting bagi manusia. Sistem kepercayaan memberikan solusi dalam menghadapi masalah kehidupan yang sulit untuk dipecahkan. Contohnya, Agama Islam melaksanakan ibadahnya di Masjid, Agama Hindu melaksanakan ibadahnya di Pura, Agama Kristen dan Katolik rutin melaksanakan ibadahnya di Gereja.

Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan memiliki peran penting sebagai bentuk pemenuhan rasa ingin tahu manusia terhadap ilmu pengetahuan. Dalam sistem pengetahuan, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya, keberadaan Lembaga Pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Menengah, sampai institusi Perguruan Tinggi menunjang segala kemampuan berpikir dan bernalar.

Baca Juga :   Definisi Adfokat

Sistem Teknik dan Teknologi (kemajuan teknologi mutakhir)

Teknologi yang digambarkan sebagai unsur kebudayaan menggambarkan bagaimana teknologi berevolusi dari teknologi tradisional sampai teknologi modern yang berkembang seiring dengan perkembangan budaya sepanjang zaman. Contohnya, evolusi bahan-bahan pembentuk rumah sampai pada tenaga kerjanya yang dilakukan oleh teknologi mutakhir masa kini.

Sistem Kemasyarakatan (sistem sosial atau kekerabatan)

Dalam kehidupan masyarakat, sistem pengertian sosial budaya dan kekerabatan hidup sebagai bentuk aturan yang harus diikuti karena memegang nilai-nilai kemasyarakatan. Contohnya, sistem kemasyarakatan bekerja di Indonesia, ialah sistem patriarki yang masih terus berkembang dan langgeng di tataran paling inti yaitu fungsi keluarga.

Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi diartikan sebagai perkembangan secara bertahap bagaimana cara bertahan hidup manusia terus berevolusi dari yang paling tradisional hingga pada tahap yang paling modern saat ini. Contohnya, manusia berburu dan meramu, beternak, bercocok tanam di ladang, memanfaatkan setiap kesempatan kerja, ikut menjaga keteraturan ekonomi nasional dengan berwirausaha, bersaing dengan sehat, sampai berpartisipasi dengan lingkup sistem ekonomi dunia dengan lembaga-lembaga terkait.

Sistem Politik (Pengaruh kekuasaan)

Sistem politik menjadi unsur budaya yang telah berkembang sejak zaman dahulu. Pada era Yunani, sistem politik telah menjadi suatu budaya yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan. Contohnya, pengertian budaya politik ada di saat manusia pertama kali dilahirkan, politik sudah terjadi lewat tangisan pertama seorang bayi. Terjadi politik di sana, terjadi pengaruh, terjadi sistem kuasa.

Media Komunikasi

Media komunikasi menjadi bagian integral dari unsur kebudayaan, karena perkembangannya yang sangat pesat memengaruhi sistem kerja di setiap lini kehidupan. Contohnya seperti internet, media sosial, dan kanal online yang dapat membantu perkembangan budaya dengan sangat cepat, berkembang tanpa batas.

Baca Juga :   Sikap Wirausaha Yang Wajib Dimiliki

Perkembangan Profesi

Saat ini, profesi mengalami perkembangan signifikan yang beriringan dengan kemajuan unsur-unsur budaya lainnya. Profesi menjadi simbol tersendiri yang mencerminkan perilaku setiap individu. Contohnya, profesi impian tidak lagi hanya bergantung pada kantor atau seragam pegawai. Individu kontemporer lahir dengan pemikiran untuk menyebarkan jasa sebagai seorang influencer, content creator, selebgram, bahkan sampai gamer.

Adat Istiadat

Pengertian adat istiadat ada dan masih bertahan untuk menyeimbangkan perkembangan budaya. Kebiasaan-kebiasaan baik dan unik yang berkembang di masyarakat menjadi sebuah kekuatan sosial. Contohnya, Bali sebagai salah satu destinasi wisata dunia, dengan segala bentuk budaya asing yang turut masuk dan memenuhi Bali, tidak pernah memadamkan kebiasaan-kebiasaan adat istiadat yang telah mengakar sejak dulu. Sebaliknya, adat istiadat ini menjadi kekuatan bagi pemeluknya.

Asal Usul, Sejarah, Mitos

Keberadaan semua unsur budaya tidak akan terlepas dari kehadiran sejarah, pengenalan asal usulnya di masyarakat, dan mitos-mitos yang berkembang bersamanya. Contohnya, adanya museum, lembaga-lembaga penelitian sosial humaniora, mengembangkan asal-usul, sejarah, dan mitos menjadi kebudayaan yang layak dipelajari dan diketahui oleh masyarakat luas.

Setiap unsur budaya memiliki kekuatan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Media komunikasi membantu perkembangan budaya dengan sangat cepat, sedangkan profesi dan adat istiadat menjadi simbol perilaku dan kekuatan sosial bagi individu dan masyarakat.

Selain itu, pengenalan asal usul, sejarah, dan mitos juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan dan mempertahankan budaya.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk mempelajari dan memahami semua unsur budaya ini agar kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam hidup kita. Terima Kasih***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *