Pola dan Dampak Sosialisasi pada Masyarakat
Pola dan Dampak Sosialisasi pada Masyarakat

Pola dan Dampak Sosialisasi pada Masyarakat

Anams.id – Pola Sosialisasi yang Ditemui di Masyarakat Sekitar

Pola sosialisasi yang teridentifikasi pada masyarakat Desa Senbayat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik untuk sosialisasi informal adat Kenduri. Pasalnya, budaya Kenduri terjadi untuk mensosialisasikan nilai-nilai kebersamaan, cinta dan agama. Perayaan ini menyatukan komunitas dalam sebuah forum tanpa memandang status sosial mereka, sehingga mewujudkan nilai solidaritas.

Nilai cinta dapat dibangun melalui interaksi internal anggota masyarakat. Selain itu, ada acara ramah tamah dimana soda ko disajikan sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu. Dalam pesta ini, nilai-nilai agama juga bisa tumbuh seperti orang membaca dikru dan doa kepada sang pencipta kehidupan. Saya memiliki. Kedua, sosialisasi hari raya ini juga tidak menggunakan metode khusus dan tidak memiliki struktur dan norma tertulis. Dengan demikian, mereka hanya disosialisasikan secara turun-temurun dari mulut ke mulut dan adat-istiadat masyarakat sekitar.

Dampak sosialisasi pada individu dan komunitas yang kita temui

Pengaruh individu adalah untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai agama, rasa solidaritas, dan cinta sesama manusia. Anda dapat diterima sebagai anggota komunitas dan menjadi bagian dari masyarakat.

Dampak sosialisasi pada masyarakat adalah mempererat rasa solidaritas dan kerjasama antar masyarakat. Karena biasanya jamuan tersebut ditujukan kepada salah satu warga yang perlu sholat berjamaah. Selain itu, kami akan membalas mereka yang berpartisipasi dalam doa dalam bentuk manfaat (makanan). Dari sinilah solidaritas dan gotong royong diwujudkan dan diintegrasikan ke dalam masyarakat.

Sarana kontrol proses sosialisasi yang kami identifikasi

Biasanya berupa sanksi psikologis sebagai alat kontrol agar masyarakat mau mengikuti dan melaksanakan tradisi kenduri.

Contoh: Ketika seorang anggota meninggal dan keluarga tidak mengadakan pesta untuk mendoakan almarhum, orang-orang membicarakan keluarga, mengejek mereka, dan mengutuk mereka dengan kata-kata yang memilukan.

Baca Juga :   Integrasi sosial

Itulah pembahasan mengenai Pola dan Dampak Sosialisasi pada Masyarakat, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.