Senam Irama adalah
Senam Irama adalah

Senam Irama adalah, Ketahui Ilmu Selengkapnya

anams.id – Senam irama, juga dikenal sebagai senam irama modern, adalah senam yang dilakukan dengan irama musik. Gerakan bebas berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan atau tanpa alat. Alat yang biasa digunakan adalah palu, tongkat, simpai, tali, pita dan selendang.

Senam irama adalah latihan senam yang menggabungkan seni dan estetika, dan meningkatkan atau meningkatkan seni gerakan. Sebagai aturan umum, senam ritmik tidak berbeda dengan senam biasa, hanya menambahkan senam ritmik ke musik dan ritme. Tekanan pada senam irama adalah: Irama dan kelenturan tubuh, serta kontinuitas gerakan.

Sejarah senam irama
Dr Kenneth Cooper memperkenalkan kebugaran aerobik ke dunia pada tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an, tari udara berubah dari tari rakyat. Saat itu, sekelompok orang belajar menari selama 6 sampai 8 minggu. Tarian ini umum di gereja, pusat rekreasi, klub kebugaran dan sekolah.

Pada saat ini, aerobik berkembang sangat cepat dan berbeda. Anda sekarang dapat melakukan latihan secara individual dengan meniru gerakan senam di video senam udara.

Latihan senam irama
Berikut beberapa gerakan senam irama yang terdiri dari:
Gerakan langkah kaki
Prosedurnya adalah sebagai berikut:

1. Berjalan melangkah

Praktik:
Hitungan 1-3 = Berjalan ke posisi yang ditentukan.
Hitungan 4 = Gerakkan kaki kanan ke kanan lalu ke kiri.
Hitung 5-7 = Berjalan di tempat.
Hitungan 8 = Gerakkan kaki kiri ke kiri, lalu gerakkan kaki kanan.
Ulangi gerakan berjalan di tempat, lalu ulangi gerakan berjalan ke samping, ke depan, ke belakang, dan secara diagonal hingga penyesuaian gerakan yang tepat tercapai.

2. Prosedur biasa

Praktik:
Mulailah posisi berdiri Anda dan letakkan tangan Anda di pinggul.
Hitungan 1-2 = Letakkan kaki kiri di depan kaki kanan dan maju selangkah. Tumit menopang jari-jari kaki dan selalu terangkat.
Hitungan 3-4 = Letakkan kaki kanan di depan kaki kiri dan mendekat. Tumit menopang jari-jari kaki dan selalu terangkat. Setiap langkah selalu merupakan gerakan menarik atau bergerak.

Baca Juga :   Belajar Lompat Jauh

Gerakan ayunan lengan
Gerakan mengayunkan lengan adalah sebagai berikut.

1. Ayunan lengan tunggal

Angkat tanganmu
aplikasi:

Berdiri tegak di samping tubuh Anda dengan kedua tangan.
Hitung 1–2 = Angkat tangan kanan Anda dua kali dan kembalikan ke posisi semula.
Hitungan 3-4 = Angkat tangan kiri Anda menjadi dua kali hitungan dan kembali ke setiap awal.
Gerakan ini dilakukan secara bergantian dengan menghitung 2×8.

2. Ayunkan dua tangan

A. Angkat kedua tangan
aplikasi:

Berdiri tegak dan pisahkan kaki Anda dengan lebar bahu.
Kedua tangan di sepanjang tubuh.
Hitung 1-3 = Angkat kedua tangan 3 kali untuk menghitung.
Hitungan 4 = Kembali ke posisi awal.
Hitung 5-7 = Angkat kedua lengan lagi.
Hitungan 8 = Kembali ke posisi awal.
Hitung 2×8 dan ulangi.

B. Goyangkan kedua tangan ke samping
aplikasi:
berdiri, Regangkan tangan Anda ke depan.
Hitung 1-3 = Goyangkan kedua tangan tiga kali ke kiri untuk menghitung.
Hitungan 4 = Kedua tangan kembali ke posisi semula.
Hitung 5-7 = Goyangkan kedua tangan ke kanan tiga kali untuk menghitung.
Hitungan 8 = Kedua tangan kembali ke posisi semula.
Ayunkan kedua lengan ke kiri dan ke kanan 2×8.

c. Ambil langkah dan ayunkan
Gerakan ini merupakan kombinasi dari berjalan dengan ritme dan melambaikan tangan.
sasaran:
Serangkaian gerakan yang harmonis.
Tunjukkan gerakan lembut.

Gerakan langkah dan ayunan terdiri dari:

1. Ambil langkah dan ayunkan lengan Anda ke atas

aplikasi:
Posisi mendengar, kedua tangan di kedua sisi tubuh.
Hitungan 1-3 = Kaki kiri bergerak maju, lalu mengayunkan kedua tangan 3 kali di belakang hitungan.
Hitungan 4 = Kembali ke posisi berdiri dan letakkan kedua kaki di kedua sisi tubuh dengan kedua tangan.
Hitungan 5-7 = Tekuk langkah ke kaki kanan, tekuk lutut kanan, lalu ayunkan lengan sekitar 3 kali hitungan.
Hitungan 8 = Kembali ke posisi semula.
Bergantian dihitung 2×8.

Baca Juga :   Belajar Renang

Unsur-unsur senam irama
Unsur-unsur yang diperlukan untuk senam ritmik adalah:

  • Fleksibilitas
    Gerakan senam irama membutuhkan kelenturan fisik, seperti saat Anda perlu mengangkat tangan, memutar pinggul, atau memutar pergelangan tangan. Semuanya mudah.
  • keseimbangan
    Keseimbangan tubuh sangat penting dalam senam ritmik. Ini adalah dukungan ketika Anda mengangkat kaki Anda untuk melakukan gerakan, atau ketika Anda beralih dari satu gerakan ke gerakan lainnya. Semua ini menuntut Anda untuk menyeimbangkan tubuh agar tidak terjebak.
  • Fleksibilitas
    Dalam senam irama, Anda harus fleksibel dalam gerakan Anda. Untuk itu, peserta senam ritmik harus fleksibel dalam gerakannya.
  • Fleksibilitas
    Pesenam irama harus fleksibel. Ikuti kelanjutan dari gerakan itu sendiri dan irama musik pengiringnya agar gerakan yang dilakukan selalu selaras dengan tubuh.
  • kontunitas, Senam ritmik harus mampu melakukan gerakan-gerakan dari gerakan pertama sampai selesai senam ritmik.
  • Akurasi ritmik, Pesenam ritmik harus mampu melakukan gerakan yang akurat dengan irama yang mengiringinya. Jadi, bagaimanapun, gerakan yang dilakukan tidak terlihat atau terasa aneh. Gerakan pesenam selalu serasi dengan musik pengiringnya, sehingga orang lain senang melihatnya.

Manfaat senam irama
Semua olahraga pasti menawarkan senam irama serta manfaat kesehatan dan kebugaran.

Beberapa manfaat senam irama fisik adalah:

  • Anda bisa membakar kelebihan lemak tubuh.
  • Meningkatkan daya tahan jantung.
  • Ini adalah program penurunan berat badan.
  • Ini menekuk dan memperkuat otot-otot tubuh.
  • Memperbaiki penampilan otot paha, lengan, pinggul, perut dan dada.
  • Sesuaikan posisi otot yang tidak pada posisi yang benar.
  • Ini memberikan keseimbangan pada organ-organ tubuh.
  • Membuat tubuh Anda lebih fit.
  • Menjaga kesehatan tubuh dan daya tahannya.
  • Kesehatan psikologis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.