Bola Basket Adalah, Simak Ulasan Lengkapnya
Bola Basket Adalah, Simak Ulasan Lengkapnya

Bola Basket Adalah, Simak Ulasan Lengkapnya

anams.id – Yuk belajar mengenai Bola Basket dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah, peraturan, ukuran bola, dan lapangan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain diAmerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat seru ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

Sejarah Bola Basket
Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Pada tanggal 20 Januari 1892 pertandingan resmi bola basket yang pertama diselenggarakan  di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun dilaksanakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika Serikat.

Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith.

Baca Juga :   Belajar Renang

Peraturan Permainan Bola Basket
Dalam suatu kompetisi tentunya harus ada peraturan yang jelas, walaupun mungkin hanya kompetisi kecil. Jelas dalam artian sesuai dengan peraturan dasar dan Technical Meeting.

Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masih group terdiri dari 4 (empat) tim.

Setiap tim terdiri dari 5 pemain inti yang bermain di lapangan dan max 7 pemain cadangan.
Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.

Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 5 orang.
Apabila di lapangan terdapat kurang dari 5 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
Setiap peserta hanya diperbolehkan membuat maksimal 4 (empat) personal fouls (pada personal foul ke 5 (lima), fouled out).

Team foul maksimum adalah 5 (lima). Setiap foul setelah foul ke 5 (lima), maka tim lawan berhak mendapatkan 2 (dua) buah free throw.

Team foul akan di-reset pada perpindahan babak. Namun, pada saat overtime, team foul tidak akan di-reset.
Waktu pertandingan untuk penyisihan group adalah 2 X 20 menit kotor, dimana waktu tidak akan dimatikan pada saat time out dan free throw.

Waktu pertandingan untuk babak semi final adalah 2 x 20 menit semi kotor, dimana waktu akan dimatikan pada saat time out dan free throw.

Waktu pertandingan untuk babak final adalah 2 x 20 menit bersih, dimana waktu akan dimatikan pada saat bola mati, time out dan free throw.

Waktu istirahat pergantian babak ditetapkan selama 5 menit.
Waktu time out ditetapkan selama 1 (satu) menit dengan masing-masing tim memperoleh 1 (satu) kali time out pada setiap babak.

Jika kedua tim mendapatkan nomor yang sama di akhir pertandingan, perpanjangan waktu akan dipesan.
Lembur 1 x 5 menit (bersih).

Baca Juga :   Senam Irama adalah, Ketahui Ilmu Selengkapnya

Jika poin tidak berubah setelah kerja lembur, lemparan bebas akan diberikan. Setiap tim diwakili oleh dua orang, masing-masing dengan lima peluang.

Kemenangan kualifikasi adalah 1 poin. Jika dua tim atau lebih mencetak skor yang sama, pemenang grup dan putaran kedua akan ditentukan oleh kualitas angka yang dimasukkan dalam setiap pertandingan yang dimainkan.

Terlepas dari aturan yang tercantum di sini, aturan permainan mengikuti aturan internasional.
Aturan main yang digunakan juga sangat bergantung pada peraturan PERBASI/FIBA yang berlaku. Misalnya peraturan permainan yang mulai berlaku pada tahun 1984 adalah peraturan permainan PERBASI/FIBA 1980-1984.

Ukuran bola

Terbuat dari batangan puffer dan dilapisi dengan bahan kulit, karet atau sintetis tertentu. Keliling bola adalah 75 cm atau lebih dan 78 cm atau kurang, dan beratnya 600 gram atau lebih dan 650 gram atau kurang. Karena bola dipompa, jika memantul dari ketinggian 180 cm ke tanah, bola akan memantul pada 120 cm atau lebih dan 140 cm atau kurang.

Dalam pertandingan nyata atau resmi, pertandingan bola basket dimainkan di lapangan persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.

Panjang sisi lapangan adalah 28 meter.
Lebar lapangan 15 meter.
Garis tengah lingkaran di tengah lapangan adalah 3,6 meter.
Tinggi ring basket adalah 2,75 meter.
Diameter ring basket adalah 0,45 meter.
Ukuran panel reflektif adalah panjang x lebar: 1.80×1.20m.

Demikianlah pembahasan mengenai Bola Basket – Pengertian, Sejarah, Peraturan, Ukuran Bola, dan Lapangan  semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan  semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.