Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan
Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Anams.id – Akuntansi perilaku juga merupakan bagian dari akuntansi tradisional yang mengumpulkan, mengukur, mencatat, dan melaporkan informasi keuangan. Ini adalah aspek akuntansi yang terkait secara khusus dengan hubungan antara perilaku manusia dan penerapan sistem informasi akuntansi.

Dalam akuntansi, perilaku perilaku manusia menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan karena aspek sosial organisasi. Karena ini menjadi salah satu elemen kunci yang harus disertakan dalam semua laporan akuntansi. Ruang lingkup akuntansi perilaku adalah:

Aplikasi seluler ilmu sosial / perilaku untuk merancang dan membangun sistem akuntansi.
Penelitian dan studi tentang dampak pada bentuk dan isi laporan akuntansi dan keuangan.
Bagaimana Anda mengelola/memproses informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Mengembangkan teknik pelaporan untuk mengkomunikasikan perilaku data kepada pengguna.
Mengembangkan strategi yang efektif untuk memotivasi dan mempengaruhi tindakan, aspirasi dan tujuan semua individu dalam organisasi.

Lingkup Akuntansi Perilaku

Akuntansi perilaku adalah dasar dari peran akuntansi tradisional dalam mengumpulkan, mengukur, mencatat, dan melaporkan informasi keuangan. Dengan demikian, aspek akuntansi terkait dengan perilaku manusia dan juga dengan desain, konstruksi dan penggunaan sistem informasi akuntansi yang efisien. Akuntansi perilaku mencerminkan aspek sosial dan budaya manusia dalam suatu organisasi dengan mempertimbangkan hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi. Ruang lingkup akuntansi perilaku sangat luas dan mencakup antara lain:

Penerapan konsep ilmu perilaku untuk desain sistem akuntansi bangunan.
Sebuah studi tentang tanggapan manusia terhadap bentuk dan isi laporan keuangan
Bagaimana kami memproses informasi untuk mendukung pengambilan keputusan
Pengembangan teknologi pelaporan yang mampu mengkomunikasikan perilaku pengguna data.
Kembangkan strategi untuk memotivasi dan memengaruhi tindakan, sasaran, dan sasaran mereka yang mengelola organisasi yang menggunakan data.

Baca Juga :   Definisi proyek dan Tingkatan Manajemen Proyek

Ruang lingkup akuntansi perilaku dapat secara luas dibagi menjadi tiga bidang.

  • Pengaruh perilaku manusia berdasarkan desain, konstruksi dan penggunaan sistem akuntansi, ini adalah bagaimana sikap dan filosofi departemen manajemen secara alami mempengaruhi anggaran atau manajemen keuangan untuk memaksimalkan berfungsinya setiap bagian dalam suatu organisasi. Agen
  • Dampak sistem akuntansi pada perilaku manusia. Hal ini ditandai dengan perubahan emosi, motivasi, produktivitas, kepuasan kerja, pengambilan keputusan, dan kerja sama tim.
  • Metode dan strategi prediktif untuk mengubah perilaku manusia. Ini menyoroti bagaimana sistem akuntansi dapat digunakan untuk mempengaruhi kebiasaan dan perilaku manusia.

Sebagai bagian dari ilmu perilaku, teori akuntansi perilaku dikembangkan dari penelitian empiris tentang perilaku manusia dalam organisasi. Oleh karena itu, peran penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan itu sendiri sudah tidak diragukan lagi. Ruang lingkup penelitian akuntansi perilaku sangat luas dan mencakup penelitian tidak hanya di bidang akuntansi manajemen, tetapi juga di bidang etika, auditing (auditor), sistem informasi akuntansi, bahkan akuntansi keuangan.

itulah pembahasan mengenai ruang lingkup akuntansi keprilakuan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.