prinsip – prinsip akuntansi
prinsip – prinsip akuntansi

prinsip – prinsip akuntansi

ANAMS.ID – Standar akuntansi yang ditetapkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)

Aturan untuk diterapkan:

badan hukum atau konsep unit

Bagian dari suatu organisasi yang terpisah atau independen dari organisasi atau individu lain.

prinsip objektivitas

Itu harus didasarkan pada data yang dapat diandalkan. Data yang dapat dipercaya berarti data yang dapat diverifikasi

prinsip biaya

Barang atau jasa yang dibeli atau diperoleh harus dimasukkan pada biaya yang sebenarnya.
jenis perusahaan

Padahal, dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak jenis perusahaan di Indonesia. Secara umum, perusahaan adalah organisasi yang menggunakan sumber daya seperti bahan baku dan tenaga kerja (input) untuk menghasilkan barang dan jasa bagi pelanggan (output). Selain itu, ukuran perusahaan sangat bervariasi, dari perusahaan kecil dan menengah hingga perusahaan besar. Tujuan dari sebagian besar perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan.
Laba adalah perbedaan antara jumlah yang diterima oleh pelanggan untuk barang atau jasa yang diproduksi dan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli sumber daya untuk menghasilkan barang atau jasa. Namun, ada perusahaan yang tidak hanya mencari keuntungan, yang disebut perusahaan non-profit. Ada tiga jenis perusahaan yang menguntungkan: manufaktur, perdagangan dan jasa. Setiap jenis perusahaan memiliki karakteristiknya masing-masing. Perusahaan-perusahaan ini dicirikan oleh:

Perusahaan manufaktur

Perusahaan mengubah input dasar menjadi produk jadi dan menjualnya kepada pelanggan individu. Contoh perusahaan yang tergolong manufaktur antara lain PT Gudang Garam yang produk utamanya adalah tembakau, dan PT Unilever yang memproduksi barang konsumsi seperti pasta gigi dan sabun mandi.

perusahaan perdagangan

Perusahaan juga menjual produk kepada pelanggan, tetapi perusahaan tidak memproduksi produk yang dijualnya. Perusahaan membeli aset yang dijualnya dari perusahaan lain. Contoh perusahaan dagang antara lain Alfamart, Alfa, dan Hero.

Baca Juga :   Pengertian dan Sejarah Akuntansi Keprilakuan

perusahaan jasa

Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan layanan daripada barang dan produk berwujud. Contoh dari perusahaan ini termasuk Hotel Santika dan Shafira Travel Agency.
Jenis organisasi bisnis

Hampir setiap organisasi membutuhkan akuntansi. Dalam beberapa kasus, akuntansi mungkin berbeda tergantung pada bentuk organisasi. Oleh karena itu, sebelum membahas materi akuntansi lebih lanjut, perlu diketahui bentuk organisasi atau perusahaan.

Umumnya, perusahaan datang dalam tiga bentuk berbeda: kepemilikan tunggal, kemitraan, dan perseroan terbatas. Setiap bentuk perusahaan ini memiliki pro dan kontra. Jenis perusahaan adalah:

Kepemilikan tunggal

Kepemilikan tunggal dimiliki oleh seorang individu, kepemilikan tunggal. Modul ini mudah dikelola dan tidak memerlukan biaya terlalu banyak. Kelemahan utama dari bentuk perusahaan ini adalah sumber daya keuangan yang terbatas untuk milik pribadi.

perusahaan serikat

Perusahaan persekutuan dimiliki oleh dua orang atau lebih, yang masing-masing bekerja sama dengan menyetorkan saham dalam perusahaan tersebut. Pendanaan berasal dari beberapa pemilik perusahaan, bukan hanya satu.

Perusahaan Perusahaan

Perseroan terbatas disebut juga korporasi. Perusahaan ini didirikan sebagai badan hukum berdasarkan peraturan pemerintah. Modal biasanya terdiri dari saham yang dikeluarkan oleh perusahaan dan dijual kepada pihak yang berkepentingan.

Keuntungan utama dari bentuk perusahaan adalah kemampuan untuk memperoleh sejumlah sumber daya keuangan dengan menerbitkan saham. Pemegang saham perusahaan ini dapat berupa perorangan atau orang yang membeli saham perusahaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.