Perkembangan Pemerintahan Presidensial
Perkembangan Pemerintahan Presidensial

Perkembangan Pemerintahan Presidensial

Anams.id – perkembangan pemerintahan presidensial

Terdiri dari:

a. Sistem presidensial di masa awal kemerdekaan

Sistem presidensial adalah sistem politik di mana presiden adalah kepala negara dan kepala negara.

Pada awal kemerdekaan, ia menganut sistem presidensial berdasarkan UUD 1945, di mana Presiden adalah pejabat eksekutif pemerintahan, dan kepala negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden Ir. Soekarno.

Namun, pada 14 November, Sukarno, sebagai kepala pemerintahan Republik, bertepatan dengan kebangkitan partai sosialis menjadi Stan Shahril, seorang sosialis yang dipandang sebagai orang yang tepat untuk mempelopori hubungan diplomatik. Ada penyimpangan yang harus diganti. di Belanda.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia pada awalnya menganut sistem presidensial. Soekarno sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Namun kemudian, ia berhenti menggunakan sistem pemerintahan presidensial karena kepala negara dan pemerintahan tidak lagi dijabat oleh presiden. yaitu Ir. Sukarno dan kepala pemerintahan ditahan oleh Stan Shahril.

Kantor kepresidenan didasarkan pada prinsip pemisahan kekuasaan.

Pada awal kemerdekaan dengan menggunakan UUD 1945, sudah terjadi pemisahan kekuasaan, meski belum sempurna. DPR adalah lembaga legislatif, presiden adalah lembaga eksekutif pemerintah, DPA adalah penasihat pemerintah, Mahkamah Agung adalah lembaga yudikatif dan penelaah peraturan, dan BPK adalah auditor keuangan.

Setelah lahirnya Keppres No. X tanggal 16 November 1945, kekuasaan dibagi antara dua lembaganya. Artinya, kekuasaan legislatif dilakukan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), sedangkan kekuasaan lainnya tetap dipegang oleh Komite Sentral Indonesia. Ia menjabat sebagai presiden hingga 14 November 1945.

Kekuasaan presidensial yang menggunakan prinsip pemisahan kekuasaan menjadi moderat dengan diumumkannya pemisahan kekuasaan di Indonesia, dan berhenti menggunakan pemerintahan presidensial.

Menteri bertanggung jawab kepada Presiden karena dia adalah kepala negara dan kepala pemerintahan.

Baca Juga :   Pengertian Badan Hukum

Dengan dikeluarkannya Dekrit 14 November 1945, kekuasaan eksekutif yang semula dilaksanakan oleh Presiden dialihkan kepada Menteri.

Oleh karena itu, karena kekuasaan eksekutif telah dilimpahkan kepada menteri, berarti menteri tidak bertanggung jawab kepada presiden, dan jika eksekutif adalah organ tertinggi, menteri akan memegang kekuasaan tertinggi, dan sistem presidensial tidak lagi. tidak valid. Menteri tidak lagi bertanggung jawab kepada Presiden.

Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa pemerintah mengadopsi sistem presidensial pada awal kemerdekaan, tetapi terjadi penyimpangan pada tanggal 14 November, dan kemudian beralih ke sistem parlementer.

b. Sistem Presidensial di Era Orde Lama (1959-1966)

Iklim politik Majelis Konstituante pada tahun 1959 mengakibatkan banyak tarik-menarik antara pihak-pihak yang berkepentingan di antara pihak-pihak yang tidak dapat menetapkan konstitusi baru, dan kemudian pada tanggal 5 Juli 1959, Presiden Sukarno mengumumkan isi dari dekrit presidennya. Di antaranya ia memberlakukan kembali UUD 1945 sebagai hukum dasar, menggantikan UUD 1945.

Oleh karena itu, sistem pemerintahan presidensial yang dulunya parlementer diterapkan.

Sayangnya, kali ini terjadi penyimpangan bahwa Presiden Soekarno diangkat menjadi presiden seumur hidup. Hal ini dapat menyebabkan kekuasaan otoriter karena masa jabatan yang terlalu lama dan otoriter yang berkuasa terlalu lama, sehingga menyimpang dari sistem presidensial di mana terdapat kekuasaan absolut. .

c. Sistem Presidensial di Era Orde Baru (1966-1998)

Pada titik ini pemerintah mengumumkan akan melaksanakan UUD 1945 dan Pancasila secara murni dan konsisten.

Berdasarkan UUD 1945, pengangkatan seorang anggota MPRS sebagai badan tertinggi negara harus melalui pemilihan umum, sehingga partai politik yang dipilih oleh rakyat memiliki anggota yang bergabung dengan MPR-nya.

Berdasarkan Pasal 4 sampai dengan Pasal 15, Presiden menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

Baca Juga :   Contoh Norma Sosial

Oleh karena itu, saat ini kita menggunakan pemerintahan presidensial dimana lembaga tersebut dipilih melalui pemilu dan presiden bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

d. System Pemerintahan Presidensial Periode Reformasi-Sekarang

Setelah orde baru, UUD 1945 telah mengalami empat kali amandemen.

UUD 45 . yang diamandemen

  • MPR bukan lagi kekuasaan tertinggi.
  • Susunan MPR terdiri dari seluruh anggota DPR dan DPD-nya yang dipilih oleh rakyat.
  • Presiden dan wakil presiden dipilih melalui pemungutan suara langsung.
  • Seorang presiden tidak dapat membubarkan DPR-nya.
  • Kekuasaan legislatif menang.

Dengan demikian, Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial.

Setelah amandemen keempat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dia tidak berniat mengubah sistem pemerintahan ini menjadi sistem pemerintahan parlementer. MPR-nya waktu itu, yang menggabungkan DPR dan DPD, konsisten bahwa Indonesia menganut pemerintahan presidensial. Selain itu, setiap kali negara beralih ke sistem parlementer, itu berulang kali gagal, dan akhirnya kembali ke sistem presidensial.

Republik Indonesia berharap untuk kembali ke sistem presidensial murni setelah amandemen konstitusi 1945, tetapi sejauh ini pembuat kebijakan telah berjuang untuk menemukan sistem dan pola pemerintahan yang ideal. .

Ini dimulai dengan ketidakmampuan parlemen untuk mengawasi kebijakan administratif dan, seperti dikatakan Giovanni Sartori (1997), karena bentrok dengan koalisi pendukung pemerintah yang terlalu besar atau terlalu besar. Koalisi yang terlalu besar di Kongres memperlambat presiden dan para pembantunya dalam bekerja untuk kebaikan rakyat.

Dari 2009 hingga 2014, koalisi pendukung SBY-Boediono mencetak 78% (gabungan Demokrat, Golkar, PAN, dan PPP), sehingga koalisi saat ini adalah Koalisi Besar. dan Fraksi PKB). Di sisi lain, hanya 17% dari fraksi PDI yang menjadi pembangkang, selebihnya dari Fraksi Gerindra dan Hanura (5%) adalah fraksi yang tidak menentu.
Kabinet bergerak terlalu lambat untuk koalisi pemerintahan yang hebat ini untuk memiliki sistem presidensial yang efektif. Partai-partai oposisi dilupakan karena dianggap tidak signifikan dalam memantau dan meningkatkan kinerja pemerintah.

Baca Juga :   Pengertian dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Bahkan, murni di negeri ini selalu dikatakan bahwa ada pemisahan kekuasaan antara organ negara, legislatif dan eksekutif. Namun di balik itu, terletak kewenangan presiden untuk membentuk dan mengangkat menteri kabinet, dan bahkan dengan reshuffle kabinet, negosiasi politik terjadi antara fraksi dan presiden.) Hak prerogatif presiden tidak berfungsi karena fraksi parlemen menarik dukungan koalisinya jika menteri wakilnya diganti menteri dari wakil partai lain. Mirip dengan gertakan PKS baru-baru ini, saat SBY melakukan reshuffle kabinet Indonesia yang kedua, Jilid II. bukan.

Publik sempat menunggu selama berminggu-minggu karena SBY khawatir akan terjadi reshuffle kabinet. Ini menunjukkan bahwa SBY khawatir akan lemahnya dukungan politik terhadap kebijakannya. Sistem presidensial saat ini masih merupakan sistem presidensial yang setengah matang, dan belum bisa dikatakan sistem presidensial yang ideal jika karakter presidennya lemah.

Itulah Pembahasan mengenai sejarah pemerintahan predensial, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.