Fungsi, Jenis, dan Ruang Lingkup Pendidikan
Fungsi, Jenis, dan Ruang Lingkup Pendidikan

Fungsi, Jenis, dan Ruang Lingkup Pendidikan

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi, Jenis, dan Ruang Lingkup Pendidikan. untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik

Fungsi Landasan Pendidikan

Misi utama mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan Diklat Tenaga Kependidikan tidak menitikberatkan pada pengembangan aspek keterampilan khusus yang terkait dengan pendidikan sesuai bidang pendidikan atau peminatan program, melainkan pada pengembangan visi pendidikan. . Khususnya mengenai berbagai prasyarat pendidikan umum yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan mahasiswa sehingga menjadi cara pandang dan sikap dalam melaksanakan tugas mahasiswa.

Berbagai asumsi pendidikan yang dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan berfungsi untuk memberikan landasan konseptual untuk referensi dalam konteks praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan yang mereka lakukan. Dengan kata lain, fungsi yayasan pendidikan adalah sebagai landasan atau titik tolak bagi praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan.

Jenis Landasan Hukum

Ada banyak jenis yayasan pendidikan. Anda dapat mengidentifikasi jenis yayasan pendidikan berdasarkan dari mana ia diperoleh.

Landasan keagamaan pendidikan adalah asumsi-asumsi keagamaan atau yang diturunkan dari agama yang menjadi titik tolak dalam konteks praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan.
Landasan filosofis pendidikan adalah asumsi yang diturunkan dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam konteks praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan.
Landasan keilmuan pendidikan merupakan asumsi dari berbagai bidang atau bidang yang menjadi titik tolak praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan. Landasan keilmuan pendidikan dibedakan menjadi, antara lain, landasan psikologi pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, dan landasan sejarah pendidikan. Landasan keilmuan pendidikan disebut juga dengan landasan empiris pendidikan atau landasan faktual pendidikan.
Dasar hukum atau dasar hukum pendidikan adalah asumsi-asumsi yang timbul dari peraturan perundang-undangan yang berlaku yang menjadi titik tolak bagi praktik pendidikan dan/atau penelitian pendidikan.

Baca Juga :   Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka

Ruang Lingkup Landasan Pendidikan

Definisi ruang lingkup bersifat restriktif. Tujuan yayasan pendidikan adalah untuk membatasi proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan kekuatan mental keagamaan, kedisiplinan diri, budi pekerti, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan bangsa. Adapun ruang lingkup pendidikan:

Landasan filosofis pendidikan

Dalam kaitannya dengan landasan filosofis pendidikan merupakan titik tolak proses pendidikan dan arah serta tujuan pendidikan, khususnya dalam menentukan aspek tujuan pendidikan dan tata kelola dalam membentuk pendidikan. Selanjutnya, resep dengan nilai pendidikan diterapkan secara efektif dan proses pendidikan berlangsung. Salah satu aspeknya adalah perkembangan afeksi yang menekankan pada perilaku keseharian siswa.

landasan Sosiologi

Sosiologi adalah studi tentang hubungan antara manusia dalam kelompok dan struktur sosial mereka. Ini berarti mempelajari bagaimana manusia berhubungan satu sama lain dalam kelompok, komposisi komunitas atau unit sosial dalam lokalitas dan hubungan mereka dengan orang lain.

Oleh karena itu, sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan interaksi antara individu, kelompok (masyarakat) dan sekolah (pendidikan) serta hubungan antara sekolah (pendidikan) dan manusia, untuk menciptakan kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan. Didirikan di antara orang-orang terpelajar.

landasan budaya

Landasan pendidikan budaya ini dimulai dengan premis bahwa ada hubungan antara budaya dan pendidikan. Kebudayaan sebagai sistem sosial yang dominan dalam suatu masyarakat merupakan syarat mutlak bagi perkembangan dan kehidupan masyarakat.

Kebudayaan dan pendidikan saling berkaitan. Ini karena budaya adalah kondisi untuk belajar, dan budaya memiliki mesin yang kuat dan stimulus yang konstan.

landasan psikologis

Psikologi adalah ilmu jiwa, studi tentang jiwa manusia. Dapat dikatakan bahwa jiwa atau ruh merupakan inti dan kendali kehidupan manusia yang selalu hadir dan terkait dengan manusia itu sendiri.

Baca Juga :   Pengertian Kepribadian

Landasan psikologis pendidikan harus mempertimbangkan aspek psikologis siswa dan siswa harus dilihat sebagai subjek pendidikan yang berkembang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Pendidikan harus menyesuaikan dengan tingkat perkembangan dan pertumbuhannya. Seperti Al-Ghazali, Al-Zarnuji menyarankan agar guru mengetahui watak siswa secara psikologis.

Untuk memilih metode dan teknik pembelajaran yang benar, perlu menguasai aspek psikologis siswa. Ini berguna tidak hanya selama mengajar, tetapi juga selama promosi mental dan pendampingan. Disini dapat dikatakan bahwa ketidakmampuan guru dalam memahami aspek psikologis siswa berakibat fatal bagi pembelajaran.

infrastruktur ilmiah dan teknologi

Kebutuhan pendidikan yang mendesak cenderung memaksa pendidik untuk mengadopsi teknologi dari berbagai bidang teknis dalam praktik pengajaran mereka. Pendidikan yang erat kaitannya dengan proses penyebaran ilmu pengetahuan memerlukan perhatian yang proporsional dalam bahan ajar, sehingga pendidikan tidak hanya berperan sebagai pewarisan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga masyarakat dan teknologi yang sadar akan ilmu pengetahuan turut serta dalam penyusunan Sudut pandang akut. Selain itu, pendidikan akan mampu memenuhi fungsinya melestarikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itulah pembahasan mengenai Fungsi, Jenis, dan Ruang Lingkup Pendidikan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.