Pengertian Tentang Diskriminasi

Diskriminasi

Anams.id Pengertian diskriminasi sering kali dihubungkan dengan tindakan yang dilakukan oleh mayoritas yang lebih kuat terhadap minoritas yang lemah di masyarakat.

Diskriminasi sering kali dimulai dengan adanya prasangka, di mana kita menganggap diri kita lebih baik dibandingkan dengan orang lain dan membuat perbedaan di antara mereka.

Hal ini terjadi karena kita sebagai makhluk sosial cenderung mencari teman sebaya yang memiliki kesamaan dengan kita.

Pengertian Diskriminasi

Diskriminasi pada dasarnya adalah bentuk perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang.

Tindakan ini biasanya dilakukan untuk membedakan individu atau kelompok tertentu, berdasarkan ciri-ciri khas seperti agama, ras, etnis, atau status sosial.

Dampak dari diskriminasi sangat beragam dan dapat mempengaruhi kesejahteraan individu atau kelompok yang menjadi sasarannya.

Pengertian Diskriminasi menurut Para Ahli

Diskriminasi merupakan tindakan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan individu atau kelompok berdasarkan atribut tertentu seperti ras, agama, kesukubangsaan, atau status sosial. Hal ini dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut:

  1. Fulthoni: diskriminasi adalah perlakuan tidak adil yang dilakukan untuk membedakan individu atau kelompok berdasarkan atribut tertentu seperti ras, agama, atau status sosial.
  2. Theodorson dan Theodorson: diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap individu atau kelompok berdasarkan atribut tertentu seperti ras, suku, agama, atau status sosial.
  3. Sears, Freedman, dan Peplau: diskriminasi adalah tindakan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan mereka di dalam kelompok.
  4. Jika dilihat dari pengertian para ahli, maka dapat disimpulkan diskriminasi adalah tindakan yang tidak adil dan tidak seimbang terhadap individu atau kelompok berdasarkan atribut tertentu seperti ras, agama, kesukubangsaan, atau status sosial.
Baca Juga :   Placement Test Adalah ??

Jenis-jenis Diskriminasi

Berikut adalah beberapa jenis diskriminasi yang dapat terjadi:

1.Diskriminasi Langsung
Diskriminasi langsung terjadi ketika suatu tindakan pembatasan dilakukan terhadap individu atau kelompok tertentu. Diskriminasi langsung ini biasanya terjadi karena pengambil keputusan memiliki prasangka terhadap individu atau kelompok tertentu.

2. Diskriminasi Tidak Langsung
Diskriminasi tidak langsung terjadi ketika kebijakan atau aturan tertentu menghambat ras atau etnis tertentu untuk berhubungan dengan kelompok ras atau etnis lainnya. Bias diskriminasi terkadang terdapat dalam aturan dan prosedur yang harus diikuti, sehingga akan berdampak pada kerugian sistematis bagi komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.

Ruang Lingkup Diskriminasi

Ruang lingkup dari diskriminasi sangat luas dan dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan, baik di tingkat personal maupun sosial. Beberapa ruang lingkup diskriminasi antara lain:

  1. Diskriminasi rasial: terjadi ketika seseorang atau kelompok diperlakukan tidak adil karena warna kulit atau keturunan mereka.
  2. Diskriminasi gender: terjadi ketika seseorang atau kelompok diperlakukan tidak adil karena jenis kelamin mereka.
  3. Diskriminasi agama: terjadi ketika seseorang atau kelompok diperlakukan tidak adil karena agama atau keyakinan mereka.
  4. Diskriminasi seksual: terjadi ketika seseorang atau kelompok diperlakukan tidak adil karena orientasi seksual atau identitas gender mereka.
  5. Diskriminasi di tempat kerja: terjadi ketika seseorang diperlakukan tidak adil dalam hal penggajian, promosi, atau kesempatan kerja lainnya karena atribut tertentu seperti usia, jenis kelamin, atau ras.
  6. Diskriminasi di pendidikan: terjadi ketika seseorang diperlakukan tidak adil dalam hal kesempatan pendidikan atau perlakuan yang tidak setara dalam lingkungan pendidikan.
  7. Diskriminasi di pelayanan publik: terjadi ketika seseorang atau kelompok diperlakukan tidak adil dalam hal akses ke layanan publik seperti layanan kesehatan, transportasi, atau perumahan.
Baca Juga :   Peran Konstitusi dalam Menentukan Kepentingan Publik

Contoh Diskriminasi di Masyarakat

Adapun bentuk daripada contoh-contoh diskriminasi di masyarakat secara umum antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Diskriminasi terhadap kelompok minoritas berdasarkan agama yang mengakibatkan ketidakadilan dalam berbagai hal, seperti akses ke pekerjaan, pendidikan, dan layanan publik.
  2. Diskriminasi dalam hubungan percintaan dimana pria berselingkuh dan hubungan tersebut toxic sampai bermain kasar.
  3. Diskriminasi di lingkungan akademik, yang dilakukan para senior kepada juniornya kampus.
  4. Diskriminasi juga dapat terjadi berdasarkan status sosial, orang-orang kelas atas merendahkan kelas bawah.
  5. Diskriminasi dalam emansipasi wanita tentang pembatasan bidang pendidikan dan pekerjaan.

Demikian pembahasan mengenai diskriminasi sosial, semoga kalian semakin paham degan bab ini, dan semoga kalian dapat mengilhami dalam kehidupan nyata. Terima Kasih***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *