Perang Dunia 1: Merusak dan Mengubah Wajah Politik dan Sosial Dunia

Dampak Politik dan Sosial dalam Perang Dunia I

Anams.id – Perang Dunia 1 merupakan peristiwa yang sangat besar dan berdampak luas di seluruh dunia, termasuk dalam bidang politik dan sosial. Perang ini tidak hanya mengakibatkan jatuhnya pemerintahan-pemerintahan di beberapa negara, tetapi juga membawa perubahan besar dalam masyarakat, termasuk dalam hal jumlah korban, peran perempuan, dan tingkat kelahiran.

Dampak perang dunia I dalam bidang politik

Perang Dunia I yang berlangsung pada tahun 1914 hingga 1918 telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk dalam bidang politik. Berikut ini rangkuman dampak perang dunia I dalam bidang politik yang patut kita ketahui.

1. Runtuhnya Sistem Monarki di Beberapa Negara Besar

Perang Dunia I mempercepat keruntuhan sistem monarki di beberapa negara besar seperti Jerman, Rusia, dan Austria-Hungaria. Hal ini yang menjadi penyebab khusus terjadinya Perang Dunia 1. Perang ini juga menyebabkan perubahan besar pada peta politik dunia dengan lahirnya beberapa negara baru, seperti Yugoslavia, Polandia, dan Cekoslowakia.

2. Munculnya Negara-Negara Kecil yang Memisahkan Diri dari Negara Besar

Perang Dunia I juga memicu munculnya negara-negara kecil yang memisahkan diri dari negara besar, seperti Irlandia dari Britania Raya dan Finlandia dari Rusia. Perang ini juga menjadi awal dari perkembangan ideologi komunisme dan sosialisme yang kemudian menjadi kekuatan politik utama pada abad ke-20.

3. Dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa

Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dibentuk setelah Perang Dunia I untuk tujuan penyelesaian konflik melalui cara damai, yakni dengan diplomasi dan negosiasi serta melucuti senjata dan mencegah terjadinya perang. LBB dibentuk pada tahun 1920, setelah dilaksanakannya konferensi perdamaian di Paris pada tahun 1919.

Baca Juga :   Hukum Bisnis

Namun, keberadaan LBB ternyata gagal untuk mencegah terjadinya perang, seperti terbukti dengan adanya pertempuran pada masa perkembangan selanjutnya, seperti Perang Dunia II. Setelah Perang Dunia II, LBB secara resmi dibubarkan dan peranannya digantikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

4. Runtuhnya Empat Kekaisaran Besar di Eropa

Perang Dunia I juga menyebabkan keruntuhan empat kekaisaran besar di Eropa, yaitu Kekaisaran Jerman, Turki, Rusia, dan Ottoman. Kekaisaran dan kerajaan disebutkan tersebut merupakan penyebab utama dari Perang Dunia 1 dimulai.

Eropa pada masa itu merupakan basis kekuasaan monarki terbesar di dunia. Kemenangan PD I di pihak Sekutu mengakibatkan kekuasaan monarki hancur, dan sistem pemerintahan kerajaan-kerajaan tersebut berubah menjadi republik. Selain empat dampak di atas, ada juga beberapa akibat lain di bidang politik, seperti munculnya ideologi baru seperti Nazi di Jerman, Fasis di Italia, Komunis di Rusia, Militer di Jepang, dan Nasionalisme di Turki.

Dampak perang dunia I dalam bidang sosial

Perang Dunia 1 yang berlangsung selama 4 tahun mengakibatkan dampak yang sangat besar, tidak hanya dalam bidang politik dan ekonomi, tetapi juga dalam bidang sosial. Ada beberapa dampak sosial yang dialami masyarakat akibat perang ini, baik dampak positif maupun negatif.

1. Korban Tewas, Terluka, dan Hilang

Salah satu dampak yang paling besar adalah jumlah korban tewas dan terluka akibat perang yang sangat besar. Diperkirakan sekitar 10 juta pasukan militer tewas dan 21 juta orang terluka baik militer maupun sipil.

Banyak negara yang kehilangan banyak pemuda akibat ikut serta dalam perang, dan para ahli memperkirakan kurang lebih 13 juta penduduk sipil meninggal akibat langsung atau tidak langsung dari PD 1.

2. Kepergian Kaum Pemuda

Baca Juga :   Perjanjian Tuntang: Penafsiran, Sejarah

Negara-negara di Eropa banyak kehilangan kaum pemuda akibat ikut serta dalam perang, yang mengakibatkan meningkatnya peran perempuan dalam masyarakat.

Banyak perempuan yang terpaksa bekerja dan mengambil peran sebagai kepala keluarga karena suami mereka terlibat dalam perang. Hal ini mengakibatkan peran perempuan di masyarakat semakin diperhitungkan dan dihargai.

3. Peran Perempuan yang Berkembang

Perang Dunia 1 juga mempengaruhi jumlah kelahiran di Eropa, khususnya di Perancis. Karena banyak kaum pria yang terlibat dalam perang dan tidak kembali, maka banyak perempuan yang harus mengambil peran ganda sebagai ibu dan ayah dalam keluarga. Hal ini mengakibatkan penurunan angka kelahiran di negara tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Perang Dunia 1 membawa dampak yang sangat besar dan merusak dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang politik dan sosial.

Kehilangan jutaan nyawa, termasuk para pemuda yang merupakan harapan masa depan, serta perubahan dalam peran perempuan dan tingkat kelahiran, merupakan beberapa dampak yang masih dirasakan hingga saat ini.

Namun demikian, Perang Dunia 1 juga menjadi pembelajaran bagi umat manusia untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. Kita harus terus mengingat sejarah dan belajar dari pengalaman masa lalu, agar dapat membangun dunia yang lebih baik dan damai untuk generasi yang akan datang.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *