Pengertian Ketahanan Sosial
Pengertian Ketahanan Sosial

Pengertian Ketahanan Sosial

Anams.id – Bela negara, atau usaha bela negara, sebenarnya bukan hanya upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan serangan musuh, tetapi juga upaya warga negara untuk mempertahankan dan memajukan negara Indonesia di segala bidang. Hal ini juga berkaitan dengan usaha. Di atas segalanya, contoh aksi yang menunjukkan upaya bela negara dapat dilihat dari perjuangan putra-putri bangsa Indonesia, baik di bidang pertahanan dan keamanan maupun di bidang lainnya.

Banyak negara telah memenangkan kemerdekaan mereka berkat perjuangan terus-menerus dari rakyat mereka untuk mendapatkannya. Sebuah negara akan bertahan jika selalu dilindungi dan dipelihara oleh semua orang bersama dengan pemerintah. Begitu juga dengan Indonesia. Mampukah bangsa Indonesia mempertahankan dan mempertahankan ketuhanan dan kelangsungan NKRI?

Pengertian ketahanan nasional

Ketahanan nasional adalah dinamika suatu bangsa yang terdiri dari ketangguhan dan ketangguhan serta kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang secara langsung maupun tidak langsung mengancam kita dari dalam maupun dari dalam. luar. keadaan normal. dan membahayakan bangsa dan perjuangannya untuk mencapai tujuan integritas, identitas, kelangsungan hidup dan perjuangan nasional.

Prinsip-prinsip keamanan nasional Indonesia adalah Pancasila, UUD 1945 dan Kode Etik yang berbasis nilai-nilai Nusantara. Ini merupakan prasyarat penting bagi negara-negara berkembang yang menghargai kelangsungan hidup dan pembangunan mereka.

Dalam perjuangan mencapai tujuan/tujuan nasional, bangsa Indonesia tidak luput dari berbagai ancaman yang terkadang membahayakan keamanannya. Anda harus memiliki kemampuan, keuletan dan ketekunan yang disebut

Keadaan, kondisi dan keadaan bangsa kita tidak statis tetapi terus berubah. Ancaman yang kita hadapi juga tidak sama, baik jenis maupun cakupannya. Oleh karena itu, ketahanan nasional harus terus ditingkatkan dan ditingkatkan dalam menghadapi kondisi dan ancaman yang kita hadapi. Dan inilah yang kami sebut dengan sifat dinamis ketahanan tanah air.

Baca Juga :   Teknik dan Tujuan pemain melakukan smash Dalam Permainan Bulu tangkis

Ungkapan “ketahanan nasional” sering terdengar di surat kabar dan di tempat lain.

Mungkin kita sudah punya fotonya. Untuk mempelajari ketahanan nasional, kita sudah mengetahui implikasi dari wawasan nusantara. Ketahanan nasional adalah keadaan dinamis suatu bangsa yang meliputi keuletan dan ketahanan yang membentuk kekuatan nasional.

Kekuatan ini diperlukan untuk mengatasi segala macam ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan persatuan, eksistensi, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Ancaman ini bisa datang dari dalam atau dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.