Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola
Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola

Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola

Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola
Belajar Teori dan Praktik Sepak Bola

anams.id – Sepak bola adalah permainan yang dimainkan antara dua pemain yang menendang bola dan memasukkannya ke gawang lawan dan berusaha melindunginya agar tidak kebobolan. Dalam permainan sepak bola, semua pemain dapat menggunakan seluruh tubuh mereka kecuali tangan dan lengan.

Hanya penjaga gawang atau penjaga gawang yang dapat memainkan bola dengan kaki dan tangannya. Sepak bola adalah permainan beregu dimana setiap regu terdiri dari 11 pemain. Permainan sepak bola biasanya dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit), dengan istirahat (10 menit) di antara kedua babak.

Mencetak gol dengan gol adalah tujuan semua tim. Jika sebuah tim memukul lebih banyak bola daripada lawannya dan menderita lebih sedikit bola, tim tersebut dinyatakan sebagai pemenang.

Sejarah sepak bola

Sepak bola dimulai pada 5000 SM dan dikenal sebagai Tzu Chu. Saat itu, sepak bola digunakan sebagai bentuk gerakan prajurit dan sebagai pameran hari ulang tahun kaisar.

Dalam 2.000 tahun ke depan, atau lebih tepatnya 3000 SM, juga ada catatan sejarah rekaman sepak bola dunia yang sebelumnya dimainkan oleh orang Jepang bernama KEMARI.

Kemudian ada beberapa dokumen sejarah lain tentang sepak bola dunia, terutama 2500 SM, ketika orang Mesir kuno melakukan ritual keagamaan kuno yang hampir sama dengan permainan sepak bola.

Teknik dasar sepak bola

1. Gaya tendangan
Menendang bola adalah salah satu fitur permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah menembak dengan umpan (pass) dan gawang (shoot with a goal). Menendang dapat dibagi menjadi beberapa jenis, dari kaki ke bola, menendang dari dalam kaki, menendang dari luar kaki, menendang dari telapak kaki, dan sebagainya.

  • Tendangan dengan kaki bagian dalam
Baca Juga :   Senam Irama adalah, Ketahui Ilmu Selengkapnya

Umumnya, teknik ini digunakan untuk mengatasi jarak pendek

  • Tendang dengan kaki luar

Teknik tendangan kaki luar biasa digunakan untuk mengatasi jarak pendek.

  • Tendang dengan punggung kaki

Tendangan punggung kaki biasanya digunakan untuk menendang dengan gawang atau tendangan.

2. Teknik menghentikan bola (jeda)

Menghentikan bola adalah teknik dasar sepak bola yang dikombinasikan dengan teknik tendangan. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, seperti mengatur tempo permainan, mengubah tempo permainan, dan menghaluskan operan.

3. Teknik menggiring bola

Karena menggiring bola pada dasarnya adalah tendangan berselang atau lambat, maka bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola sama dengan bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola. Menggiring bola antara lain bertujuan untuk semakin mendekati sasaran, mengalahkan musuh dan mengganggu jalannya permainan.

Ukuran lapangan sepak bola

Permukaan lapangan
Pertandingan dapat dimainkan di lapangan rumput asli atau buatan, selama ada ketentuan yang relevan dengan peraturan pertandingan yang berlaku. Warna rumput sintetis harus hijau.

Tanda lapangan
Lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis. Garis-garis ini berada dalam area bermain yang terbatas.

Dua sisi yang panjang disebut sideline. Dua garis pendek itu disebut garis sasaran.

Ukuran

  • Daerah sasaran
    Dua garis vertikal digambar di kiri dan kanan garis gawang pada jarak 5,5 meter (6 yard) dari bagian dalam gawang. Kedua garis ini ditarik di lapangan sepanjang 5,5 meter (6 yard) dan dihubungkan oleh garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dikelilingi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah daerah tujuan.
  • Area penalti
    Pada jarak 16,5 meter (18 yard) dari bagian dalam mistar gawang, dua garis vertikal ditarik pada garis gawang di sisi kiri dan kanan gawang. Kedua garis ini digambar di lapangan sepanjang 16,5 meter (18 yard) dan dihubungkan oleh garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dikelilingi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah daerah pinalti.
Baca Juga :   Belajar Permainan Bola Voli

wasit sepak bola

Ada enam wasit dalam pertandingan sepak bola.

  1. Pemimpin Pertandingan
  2. Asisten wasit atau wasit cadangan
  3. Pembantu Wasit 1 atau Hakim Garis 1
  4. Pembantu wasit 2 atau Hakim garis 2
  5. Pembantu Wasit di pinggir tiang gawang berjumlah 2 orang.
  6. Pembantu Wasit di pinggir tiang gawang berjumlah 2 orang.

Aturan penilaian
Semua pertandingan sepak bola diatur oleh seorang wasit yang memiliki kewenangan mutlak untuk menegakkan Hukum Permainan dalam pertandingan yang ditugaskan.

Kekuasaan dan kewajiban :

Ikuti aturan mainnya.

  1. Jika dia ditunjuk sebagai asisten wasit, dia akan bekerja dengan wasit keempat untuk memimpin pertandingan.
  2. Pastikan bola Anda memenuhi persyaratan Aturan 2.
  3. Pastikan perlengkapan pemain memenuhi persyaratan Aturan 4.
  4. Ini bertindak sebagai pencatat waktu dan menyimpan catatan pertandingan.
  5. Penangguhan, penundaan, atau pembatalan pertandingan atas kebijakannya sendiri jika terjadi pelanggaran aturan.
  6. Mengakhiri, menunda, atau membatalkan permainan karena gangguan eksternal.
  7. Menurutnya, jika seorang pemain cedera parah/cedera, pertandingan akan dibatalkan dan pemain tersebut akan dikeluarkan dari lapangan permainan. Pemain yang cedera hanya dapat kembali ke lapangan setelah permainan dilanjutkan.
  8. Jika pemain hanya cedera ringan, lanjutkan permainan sampai bola keluar dari permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.