Pengertian Hedonisme Adalah

anams.id – Apa itu hedonisme? pengertian Hedonisme merupakan pemikiran hidup ataupun pandangan hidup yang diwujudkan dalam wujud style hidup dimana kenikmatan ataupun kebahagian individu jadi tujuan utama dalam menempuh hidup seorang. Secara etimologi, hedonisme diambil dari bahasa Yunani ialah“ hedone” yang maksudnya kesenangan.

Secara simpel pengertian hedonisme mengacu pada mengerti kesenangan terhadap kenikmatan. Jadi orang yang menganut mengerti ini berpikiran kalau kebahagiaan serta kesenangan“ pleasure” dapat diraih dengan melaksanakan banyak kesenangan serta menjauhi hal- hal yang menyakitkan“ pain” di dunia.

Banyak yang menyangka kalau style hidup hedonisme itu yakni pemikiran hidup yang bersumber pada pada hawa nafsu semata. Pandangan hidup ini sangat erat hubungannya dengan harta kekayaan duniawi, kenikmatan batin, kenikmatan intim, kebebasan serta kekuasan.

Aspek Pemicu Hedonisme

Style hidup Hedonisme tidak terjalin begitu saja, terdapat sebagian aspek yang merangsang seorang jadi pemeluk mengerti hedonisme, baik itu aspek dari dalam diri sendiri“ internal” maupun dari luar“ eksternal”.

  • Aspek Internal

Aspek internal ataupun dari dalam diri sendiri ialah pemicu hedonisme yang sangat utama. Telah jadi watak bawah manusia mau mempunyai kesenangan sebanyak- banyaknya dengan bekerja seringan bisa jadi. Tidak hanya itu manusia juha mempunyai watak bawah tidak sempat puas dengan perihal yang telah dipunyai. Watak bawah manusia inilah yang jadi pemicu hedonisme serta pula sikap konsumerisme.

  • Aspek Eksternal

Aspek pemicu hedonisme dari luar yang sangat utama yakni arus informas dari luar yang sangat besar ataupun globalisasi. Kebiasaan- kebiasaan serta mengerti orang dari luar negara yang dikira dapat membuat bahagia setelah itu diadaptasi oleh warga Indonesia.

Akibat Hedonisme Pada Masyarakat

Sikap hedonisme tidak cuma membagikan akibat negatif, tetapi pula terdapat akibat positifnya, tetapi pada biasanya akibat hedonisme lebih cenderung ke arah negatif. Berikut yakni sebagian akibat hedonisme pada warga:

  • Individualisme

Mereka yang memiliki sikap hedonisme cenderung individualis ataupun menyangka diri sendiri lebih berarti dari orang lain.

  • Konsumtif

Kerutinan membeli beberapa barang yang tidak diperlukan ialah akibat kurang baik dari hedonisme, perihal ini dicoba cuma buat kesenangan sekedar sebab bahagia berbelanja.

  • Egois

Masih berhubungan dengan individualis mereka yang berperilaku hedonisme umumnya lebih mementingkan diri sendiri tanpa hirau orang lain.

  • Cenderung Pemalas

Sebagian orang yang terjerumus hedonisme umumnya cenderung jadi orang pemalas serta tidak menghargai waktu.

  • Kurang Bertanggung Jawab

Tidak hanya jadi pemalas, pemeluk hedonisme umumnya kurang bertanggung jawab, apalagi kepada dirinya sendiri.

  • Boros

Demi kesenangan semata, mereka yang memiliki style hidup hedon umumnya sangat boros. Mereka hendak menghasilkan banyak duit buat hal- hal yang membuat bahagia tanpa perduli khasiat serta khasiat benda yang dibeli.

  • Korupsi

Salah satu akibat hedonisme yang kerap terjalin pada seorang yakni Kerutinan korupsi, bukan cuma korupsi duit, tetapi pula perihal lain, semacam korupsi waktu, korupsi pekerjaan serta lain sebagainya.

Ciri-Ciri Hedonisme Di Masyarakat

Sikap hedonisme ini sangat gampang kita temukan di tengah warga, tetapi banyak yang tidak menyadari kalau mereka tengah terjerumus dalam hedonisme. Berikut ini yakni identitas hedonisme ialah:

  • Berpikir kalau tujuan utama dalam hidup seorang yakni kenikmatan serta kesenangan individu.
  • Tidak perduli dengan kepentingan serta kebahagiaan orang lain sehingga jadi individu yang egois.
  • Tidak sempat merasa puas dengan perihal yang sudah dipunyai baik itu harta ataupun keluarga.
  • Watak konsumtif, lebih mengutamakan membeli suatu sebab kesenangan dibanding kebutuhan.
  • Mereka yang menganut hedonisme cenderung diskriminatif serta sombong, memandang orang lain bersumber pada hartanya serta senantiasa merasa lebih baik dari orang lain.
Baca Juga :   Asas Koperasi

Jenis- Jenis Hedonisme

Hedonisme yang terdapat dimasyarakat dibagi jadi 3 berbagai antara lain:

  • Psychological Hedonism

Menyangka kalau manusia diciptakan secara lahiriah menginginkan kesenangan, secara naluri, manusia memanglah mempunyai watak menjauhi rasa sakit serta derita.

  • Evaluative Hedonism

Kesenangan yakni apa yang seorang mau serta kejar, dalam konsep evaluative hedonism, cuma kesenanganlah yang berharga serta rasa sakit ataupun ketidaksenangan yakni perihal mengecewakan ataupun dikira suatu yang tidak layak buat dialami.

  • Rationalizing Hedonism

Seorang mencari kesenangan tetapi mengerti hendak konsekuensinya, misalnya seorang komsumsi obat- obatan terlarang buat mencari kesenangan serta lepas dari permasalahan sejenak. Tetapi dia ketahui kalau perihal ini kurang baik buat kesehatan serta dapat membawanya ke ranah pidana.

Kelebihan serta Kekurangan Hedonisme

Kembali lagi ke penafsiran hedonisme, mencari kesenangan selaku sumber kebahagiaan. Jadi apabila seorang merasa bahagia saat- saat

minum teh, kopi ataupun menyaksikan drama demi memperoleh kesenangan serta kebahagiaan hingga ini telah tercantum hedonisme.

1. Kelebihan Hedonisme

Hedonisme tidak melulu berakibat kurang baik, terdapat sebagian kelebihan dari mereka yang berperilaku hedonisme antara lain ialah:

  • Memiliki motivasi kokoh dalam menggapai kemauan.
  • Suka bekerja keras serta pantang menyerah.
  • Menggunakan tiap peluang dengan sebaik bisa jadi.

2. Kekurangan Hedonisme

Semacam di sebutkan lebih dahulu hedonisme lebih banyak kekurangannya dibanding kelebihannya, secara garis besar berikut ini yakni kekurangan hedonisme ialah:

  • Watak egois serta individualis sehingga tidak memiliki kepekaan sosial.
  • Menghalalkan seluruh metode demi menggapai tujuan tanpa perduli metode yang dikerjakannya bisa berakibat kurang baik.
  • Kerapkali merugikan orang lain demi menggapai tujuannya.

Contoh Hedonisme

Banyak sekali seluruh suatu perihal yang terpaut dengan Hedonisme. Di Negeri kita, kebanyakan seluruh perihal diadopsi dari faham Hedonisme. Apalagi Hedonisme pula digunakan oleh sebagian oknum buat memperoleh keinginannya. Kita ambil contoh riset permasalahan semacam yang terjadipada masa lebaran tahun kemudian. Salah satu partai politik ternama membagikan tiket free mudik buat warga. Memanglah bila kita amati dalam kacamata kemanusiaan memanglah baik.

Hendak namun iktikad tujuan didalamnya apakah baik? Apakah murni cuma buat membantu? Rakyat cuma dijadikan selaku sapi perah buat memperoleh ambisinya mendapatkan banyak sofa dalam parlemen. Walhasil sedikit kesenangan yang diadopsi oleh mengerti Hedonisme dijadikan pemanis buat memperoleh kekuasaan yang sebagian besar sudahlah tentu hendak menyengsarakan rakyat.

Permasalahan yang kedua ialah jarangnya terdapat praktek tradisi ilmiah di Negeri kita yang disiarkan di tv, hendak namun malah kebalikannya ialah banyaknya tayangan- tayangan tv yang banyak mengarahkan prinsip Hedonisme. Undian- undian yang diberikan tanpa terdapatnya bekal keilmuan yang dipunyai untuk pesertanya dengan imbalan beberapa duit. Ini merupakan praktek Hedonisme yang tidak disadari oleh warga kita, serta hendak membawakan warga kita kepada pola pikir matrealis. Negeri kita senantiasa tertinggal disebabkan tidak memiliki Tradisi Ilmiah, hendak namun cuma memiliki serta mengutamakan Tradisi Hedonisme saja, tanpa berlagak mau meningkatkan pola pikir keilmuan.

Solusi

Mengalami realita yang semacam ini, serta bila kita pertahankan budaya yang semacam ini hingga selamanya seorang tersebut hendak hanyut dalam kesenangan belaka yang cuma hendak banyak mengarahkan akibat yang kurang baik menurutnya. Apalagi bila perilaku hedonis teraplikasi selaku hasil absolut pemikiran dalam sesuatu Negeri, hingga tentu Negeri tersebut hendak hadapi kemunduran dalam perihal apapun.

Selayaknya kita wajib mengadakan pergantian. Ialah dengan merubah paradigma hedonis jadi paradigma keilmuan, serta pula menyesuikan diri buat berlagak apa terdapatnya serta menghargai seluruh wujud karunia Tuhan yang sudah kita miliki dengan semangat bersyukur sebab seluruh ini merupakan keutamaannya.

Baca Juga :   Pengertian Radikalisme Adalah