Faktor Hedonisme
Faktor Hedonisme

Pengertian Hedonisme

Anams.id – Apa itu hedonisme? Hedonisme adalah pandangan hidup atau ideologi yang diwujudkan dalam gaya hidup di mana kesenangan atau kebahagiaan pribadi adalah tujuan utama dalam hidup. Secara etimologis, hedonisme berasal dari kata Yunani “hedone” yang berarti kesenangan.

Sederhananya, hedonisme mengacu pada gagasan kesenangan untuk kesenangan. Oleh karena itu, mereka yang berpegang teguh pada pemahaman ini menganggap bahwa kebahagiaan dan kesenangan “kesenangan” dapat dicapai dengan melakukan banyak kesenangan dan menghindari “sakit” yang menyakitkan di dunia.

Gaya hidup hedonistik dianggap oleh banyak orang sebagai pandangan hidup yang semata-mata didasarkan pada keinginan. Ideologi ini terkait erat dengan kekayaan duniawi, kesenangan batin, kesenangan seksual, kebebasan dan kekuasaan.

Faktor penyebab hedonisme

Gaya hidup hedonis tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang memicu seseorang menjadi hedonis, baik itu faktor internal ‘internal’ maupun ‘eksternal’.

faktor internal

Sumber utama hedonisme adalah dari faktor internal atau dari diri sendiri. Sudah menjadi kodrat manusia untuk ingin bekerja seringan mungkin dan bersenang-senang sebanyak mungkin. Manusia juga memiliki kecenderungan dasar untuk tidak puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Sifat dasar manusia inilah yang menjadi penyebab hedonisme dan konsumerisme.

faktor eksternal

Faktor utama penyebab hedonisme eksternal adalah derasnya arus informasi eksternal atau globalisasi. Adat dan pemahaman orang luar negeri yang dianggap membuat orang bahagia, diadaptasi oleh masyarakat Indonesia.

Dampak hedonisme bagi masyarakat

Perilaku hedonistik memiliki efek negatif sekaligus positif, namun umumnya efek hedonistik cenderung negatif. Berikut adalah beberapa efek hedonisme terhadap masyarakat.

individualisme

Orang yang terlibat dalam perilaku hedonistik cenderung individualistis atau menganggap diri mereka lebih penting daripada orang lain.

Baca Juga :   Apa itu aqidah

barang habis pakai

Kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan merupakan efek negatif dari hedonisme. Hal ini dilakukan semata-mata untuk kesenangan murni berbelanja.

egois

Mereka yang masih berhubungan dengan individualis namun bersikap hedonis biasanya kurang peduli terhadap orang lain dan lebih mementingkan diri sendiri.

cenderung malas

Beberapa orang yang terjerumus hedonisme biasanya malas dan tidak menghargai waktu.

kurang bertanggung jawab

Tidak hanya hedonis malas, mereka biasanya tidak bertanggung jawab atas diri mereka sendiri.

terlalu bagus untuk disia-siakan

Untuk kesenangan semata, mereka yang memiliki gaya hidup hedonistik biasanya sangat boros

korupsi

Salah satu dampak hedonisme yang sering terjadi pada masyarakat bukan hanya korupsi uang, tetapi juga kebiasaan korupsi seperti korupsi waktu dan korupsi pekerjaan.

Ciri-ciri hedonisme dalam masyarakat

Perilaku hedonistik ini mudah terlihat di masyarakat, namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terjerumus ke dalam hedonisme. Ciri-ciri hedonisme adalah:

Saya percaya bahwa tujuan utama dalam hidup adalah kesenangan dan kesenangan pribadi.
Jadilah pribadi yang egois yang tidak peduli dengan kepentingan dan kesejahteraan orang lain.
Jangan puas dengan apa yang Anda miliki, baik properti Anda maupun keluarga Anda.
Disposisi konsumtif yang lebih suka membeli barang untuk kesenangan daripada kebutuhan.
Mereka yang menganut paham hedonisme cenderung diskriminatif dan arogan, memandang orang lain berdasarkan kekayaannya dan selalu merasa lebih baik dari orang lain.

jenis hedonisme

Ada tiga jenis hedonisme dalam masyarakat.

hedonisme psikologis

Jika manusia secara lahiriah diciptakan untuk mencari kesenangan, manusia secara naluriah menghindari rasa sakit dan penderitaan.

hedonisme evaluatif

Kesenangan adalah sesuatu yang dicari dan dikejar orang, dan konsep hedonisme evaluatif melihat kesenangan sebagai satu-satunya hal yang bernilai dan rasa sakit dan ketidaknyamanan sebagai perasaan yang mengecewakan atau tidak berharga.

Baca Juga :   Fungsi Lembaga Keluarga Adalah

Rasionalisasi hedonisme

Seseorang mencari kesenangan, tetapi memahami konsekuensinya. Misalnya, beberapa orang menggunakan obat-obatan terlarang untuk kesenangan dan bantuan sementara dari masalah. Namun, dia tahu ini tidak baik untuk kesehatannya dan dapat menyebabkan tuntutan pidana.

Itulah Penjelasan Mengenai Hedonisme, Semoga Bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.