Pengertian dan Jenis Akuntansi
Pengertian dan Jenis Akuntansi

Pengertian dan Jenis Akuntansi

ANAMS.ID – Akuntansi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, pengikhtisaran, pengolahan, dan penyajian data dan peristiwa transaksi keuangan sehingga orang dapat dengan mudah menggunakannya untuk pengambilan keputusan.

Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis karena hampir setiap bisnis di dunia menggunakannya untuk mengambil keputusan. Fungsi utama akuntansi adalah informasi keuangan organisasi. Laporan keuangan memungkinkan Anda untuk melihat status keuangan organisasi Anda dan perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dilakukan secara kualitatif dalam satuan ukuran uang. Informasi keuangan diperlukan terutama oleh manajer atau eksekutif untuk membantu mereka membuat keputusan dalam suatu organisasi.

Disiplin akuntansi adalah cabang ilmu lain yang bahkan lebih sempit dari akuntansi itu sendiri. Cabang profesi akuntansi ini muncul karena kebutuhan akan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, yang memerlukan spesialisasi dalam kegiatan akuntansi.
Sebagai kemajuan teknologi dan percepatan pertumbuhan ekonomi, akuntansi telah berkembang menjadi bidang khusus. Bidang khusus akuntansi adalah:

pengertian akuntansi

Dari segi fungsi atau pekerjaannya, akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang menyediakan informasi penting untuk mengevaluasi kinerja suatu perusahaan dan dengan demikian memungkinkan manajemen atau individu di luar perusahaan untuk melakukan penilaian dan membuat keputusan yang tepat.Saya dapat melakukannya.
Dari sudut pandang kegiatannya, akuntansi adalah proses yang melibatkan identifikasi atau penentuan, pengukuran dan penyediaan informasi ekonomi.

Ini adalah seperangkat proses yang memberikan informasi keuangan kepada mereka yang membutuhkannya dan mengatur kegiatan akuntansi dalam menjalankan fungsinya. Dalam praktiknya, semua transaksi keuangan yang terjadi dalam jangka waktu tertentu diproses dalam tahapan kegiatan berikut:

Identifikasi dan pengukuran
daftar
klasifikasi
bungkus
Penyusunan laporan keuangan (reporting)

spesialisasi akuntansi

Antara lain, bidang kegiatan akuntansi adalah:
Akuntansi Keuangan (Akuntansi Keuangan)

Baca Juga :   Aspek Penting dalam Akuntansi Keprilakuan

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang menargetkan transaksi keuangan yang melibatkan perubahan aset, kewajiban, dan modal perusahaan. Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan entitas internal suatu perusahaan (manajemen) dan entitas eksternal seperti bank, investor, pemerintah dan masyarakat umum.

biaya (biaya)

Akuntansi biaya adalah kegiatan akuntansi yang tujuannya adalah transaksi keuangan yang terkait dengan biaya, seperti biaya proses pembuatan suatu produk. Tujuan akuntansi biaya adalah untuk memberikan informasi tentang biaya yang diperlukan untuk keperluan internal (kepemimpinan bisnis). Ini berarti mengevaluasi pelaksanaan operasi bisnis dan menentukan rencana bisnis masa depan.
Akuntansi Pajak (Akuntansi Pajak)

Akuntansi pajak adalah akuntansi yang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penentuan kewajiban pajak yang menjadi tanggung jawab perusahaan, dan perhitungan untuk penyusunan laporan pajak. Kegiatan akuntansi pajak dimaksudkan untuk membantu manajemen dalam menentukan opsi transaksi yang timbul sehubungan dengan pertimbangan perpajakan. Oleh karena itu, akuntan yang bekerja di bidang ini harus mengetahui undang-undang perpajakan yang berlaku.

akuntansi anggaran (akuntansi anggaran)

Akuntansi anggaran adalah kegiatan akuntansi yang berkaitan dengan pengumpulan dan pengolahan data transaksi keuangan yang telah terjadi dan memperkirakan kemungkinan terjadinya (anggaran) dengan tujuan untuk menentukan operasi keuangan dari transaksi keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

pemeriksaan (audit)

Audit akuntansi adalah kegiatan yang terkait dengan pemeriksaan catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan, yaitu dengan memverifikasi kelayakan laporan keuangan yang dihasilkannya. Audit akuntansi bersifat independen (tidak memihak) sehingga hasil audit akuntan terjamin (objektif).

Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)

Akuntansi pemerintahan adalah cabang ilmu akuntansi yang kegiatannya berkaitan dengan pemeriksaan keuangan negara dan sering disebut sebagai pengelolaan keuangan negara.

Baca Juga :   Pengendalian kas

Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Manage Accounting adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk memberikan informasi manajemen untuk menjalankan bisnis. Akuntansi biaya mencakup banyak hal, yang semuanya dapat digunakan dalam Pengendalian. Akuntansi dan akuntansi manajemen berbeda dalam praktiknya dalam mencapai tujuannya, namun keduanya dapat berjalan beriringan dalam pelaksanaannya.

Sistem akuntansi (sistem akuntansi)

Sistem akuntansi adalah suatu departemen akuntansi yang melakukan kegiatannya, mulai dari pengorganisasian dokumen, dari formulir yang ada dan dari catatan akuntansi, dengan merencanakan terlebih dahulu bagaimana melakukan pencatatan akuntansi secara aman, efektif dan efisien. Edit prosedur pendaftaran.

Akuntansi Pendidikan (Educational Accounting)

Akuntansi Pendidikan atau Educational Accounting adalah bidang akuntansi dengan disiplin ilmu khusus yang diarahkan pada bidang pendidikan. Pelatihan akuntansi ini biasanya mengajarkan akuntansi, memberikan pengetahuan tentang akuntansi, cara membuat kurikulum pendidikan, atau hal lain yang berhubungan dengan ilmu akuntansi.

Akuntansi Internasional (Akuntansi Internasional)

Bagian akuntansi, seperti Akuntansi Internasional, adalah bagian yang membahas masalah yang saat ini terjadi dalam transaksi bisnis internasional atau lintas batas yang sudah sering terjadi di perusahaan multinasional. Akuntansi internasional mencakup dua aspek utama pembahasan: deskripsi transaksi internasional, perbandingan akuntansi, dan aspek akuntansi.

Akuntansi Sosial (Akuntansi Sosial)

Bagian Akuntansi yang termasuk dalam Social Accounting adalah bidang akuntansi yang melakukan kegiatan untuk mengelola masalah-masalah yang biasa muncul di perusahaan. Merupakan pembekalan informasi yang masih terkait dengan kondisi ekonomi lokal di tingkat makro, seperti terlihat di bidang akuntansi sosial, dan juga memberikan informasi tentang kepadatan penduduk terkait pendapatan. dari populasi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.