Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

ANAMS.ID – Informasi keuangan suatu perusahaan sangat dibutuhkan oleh berbagai pemangku kepentingan. Pihak eksternal membutuhkan informasi ini untuk kepentingan mereka, sedangkan bagian manajemen informasi keuangan membutuhkannya untuk memantau dan mengambil keputusan untuk menjalankan bisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi keuangan perlu dikembangkan suatu sistem akuntansi. Meskipun banyak ahli yang memiliki interpretasi berbeda tentang sistem akuntansi, namun pada dasarnya mereka memiliki pemahaman yang sama.

Adanya sistem akuntansi yang sesuai memungkinkan akuntan perusahaan untuk memberikan informasi keuangan kepada setiap level manajemen, pemilik atau pemegang saham, kreditur, dan pengguna laporan keuangan lainnya (stakeholder). Keputusan. Sistem ini dapat digunakan oleh administrator untuk merencanakan dan mengelola operasional perusahaan.

Salah satu sistem yang dapat digunakan dalam manajemen perusahaan adalah sistem penggajian. Hal ini karena sangat perlu dibuat sistem akuntansi pengupahan dan pengupahan untuk mengatasi kesalahan dan penyimpangan dalam perhitungan dan pembayaran upah atau gaji.
Sistem penggajian juga mudah dipahami dan digunakan karena dirancang untuk memberikan gambaran yang jelas tentang gaji karyawan Anda.

Pemahaman ahli tentang sistem akuntansi

Beberapa definisi atau pengertian sistem penggajian dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut.
1. Oleh Neunar (1997: 210)

Sebagian besar sistem penggajian perusahaan dengan cepat dan akurat menentukan total pendapatan setiap karyawan, jumlah yang harus dipotong, dan pendapatan untuk berbagai pajak dan pemotongan lainnya, dan berapa banyak saldo yang seharusnya.Sebuah sistem prosedur dan catatan yang menyediakan kemampuan untuk diberikan kepada karyawan.
2. Oleh Zaki Baridwan (1999:102)

Kerangka kerja prosedur yang saling berhubungan menurut skema keseluruhan untuk melaksanakan kegiatan dan fungsi bisnis utama.
3. Menurut Mulyadi (2003: 17)

Sistem akuntansi adalah organisasi modul, register, dan laporan yang dikoordinasikan untuk menyediakan manajer dengan informasi yang diperlukan untuk memfasilitasi manajemen perusahaan.
4. Menurut Stettler (Baridwan 2000: 4)

Baca Juga :   MENGENAL PAJAK

“Sistem akuntansi adalah bentuk, register, dan prosedur yang digunakan untuk mengelola data aktivitas entitas ekonomi dengan tujuan menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan yang diperlukan manajemen untuk memantau aktivitasnya. , dan alat bagi pemangku kepentingan seperti pemegang saham, kreditur dan badan hukum untuk mengevaluasi hasil pekerjaannya.”
5. Menurut Huzaini (2000:13)

“Sistem akuntansi adalah cabang akuntansi yang berhubungan dengan desain dan implementasi berbagai prosedur, pengumpulan dan penyusunan laporan data keuangan.”
6. Menurut Marom (2002: 1)

Sistem akuntansi adalah kombinasi modul, register, prosedur, dan alat yang digunakan untuk mengelola dalam suatu perusahaan dan untuk mengelola kebutuhan keuangan manajemen untuk mengawasi operasinya atau atas nama pemangku kepentingan lainnya.Tujuannya adalah untuk menciptakan informasi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.