Pengertian Akuntansi Keuangan
Pengertian Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi Keuangan

Anams.id – Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menciptakan informasi keuangan eksternal untuk suatu perusahaan. Informasi yang ditampilkan berupa neraca, laba rugi, perubahan ekuitas, arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Transaksi yang tunduk pada akuntansi keuangan umumnya berhubungan dengan aset, kewajiban, dan modal saham.
Akuntansi Keuangan

Berdasarkan fungsinya, akuntansi diklasifikasikan menjadi:

penyedia layanan

Akuntansi memberikan informasi keuangan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk membantu mereka membuat keputusan ekonomi tentang perusahaan.

Sistem Informasi

Akuntansi mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan data keuangan perusahaan kepada para pemangku kepentingan sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan tentang perusahaan.

kegiatan analisis deskriptif

Akuntansi mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi suatu perusahaan melalui tahapan berikut. (a) pengukuran, (b) catatan, (c) klasifikasi, dan (d) ringkasan. Hal ini memastikan bahwa hanya informasi yang relevan dan saling terkait yang dikonsolidasikan dan disajikan dalam laporan keuangan.

laporan keuangan

Ini adalah laporan umum dan terdiri dari:

keseimbangan

Laporan kondisi keuangan suatu perusahaan, yang terdiri dari aset, kewajiban, dan ekuitas pada tanggal tertentu.

rugi laba

Melaporkan kinerja operasi perusahaan selama periode waktu tertentu. Ini terdiri dari pendapatan dari penjualan utama, jaminan, lembur, dan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut.

Laporan perubahan posisi keuangan, dll.

Laporan arus kas atau aliran dana, biasanya didefinisikan sebagai modal kerja, dan penggunaan dana tersebut selama periode waktu tertentu.

Kelompok laporan keuangan yang kedua berupa laporan perubahan laba ditahan. Artinya, laporan perubahan ekuitas selama periode tertentu, termasuk saldo awal, perubahan ekuitas, dan saldo akhir.

standar akuntansi keuangan

Untuk menciptakan cara penyajian informasi yang seragam sehingga laporan keuangan dari perusahaan yang berbeda dapat dibandingkan dengan lebih mudah. Kumpulan konsep, standar, prosedur, metode, konvensi, penggunaan, dan praktik yang dipilih dan diterima secara umum disebut prinsip akuntansi yang berlaku umum. (GAAP).

Baca Juga :   Peran dan Konsep Akuntansi

Badan yang menetapkan standar akuntansi keuangan AS:

Financial Accounting Standards Board (FASB) didirikan pada tahun 1973 sebagai penerus American Principles Board (APB), badan swasta yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar akuntansi di Amerika Serikat. Produk FASB adalah pernyataan standar akuntansi keuangan.

Organisasi penting lainnya dalam pelaporan keuangan:

SEC (Securities and Exchange Commission) didirikan pada tahun 1934 dengan tugas utama mengatur penawaran umum dan perdagangan sekuritas oleh perusahaan.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) adalah asosiasi profesional akuntan publik bersertifikat.

itulah pembahasan mengenai Pengertian Akuntansi Keuangan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.