Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Anams.id – Kali ini kita akan mengkaji teks-teks yang menegaskan makna, sejarah, fungsi akuntansi. Lihat deskripsi di bawah untuk detailnya.

mengerti akuntansi

Pengertian akuntansi itu sendiri adalah mengukur, menyempurnakan atau memberikan kepastian.
Secara umum, akuntansi adalah seni mengukur, mengomunikasikan, dan menafsirkan aset keuangan. Sederhananya, akuntansi juga dikenal sebagai bahasa bisnis.

Akuntansi ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat untuk digunakan oleh manajemen, pembuat kebijakan dan pihak berkepentingan lainnya seperti pemegang saham, kreditur dan pemilik.
Akuntan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal sebagai akuntan. Akuntansi keuangan adalah cabang akuntansi di mana informasi keuangan tentang suatu perusahaan dicatat, diklasifikasikan, diringkas, ditafsirkan dan dikomunikasikan.
Audit disiplin yang terkait tetapi terpisah dari akuntansi adalah proses di mana auditor independen meninjau laporan keuangan organisasi dan memberikan pendapat atau opini yang masuk akal tetapi tidak sepenuhnya dapat dibenarkan. prinsip.

sejarah akuntansi

Pada akhir bulan, siswa menghitung jumlah berdasarkan jurnal mereka. Pengeluaran yang ada antara lain untuk biaya kuliah, transportasi, pembelian alat tulis, jajan, dan kebutuhan lainnya. Jika Anda menambahkan uang yang diberikan orang tua siswa kepada Anda, hanya ada sedikit yang tersisa. Orang tua saya telah diberitahu bahwa saya akan menerima dana tambahan di bulan depan. Mengapa siswa harus mencatat pengeluaran dan pendapatan?

Mereka akan dapat melihat, mengevaluasi, dan memutuskan tindakan selanjutnya, sehingga mereka akan tahu, misalnya, apakah akan terus mengemil sehingga tidak memiliki tabungan. Untuk wali, memutuskan apakah dana tambahan diperlukan.

Memperhatikan masalah di atas, hampir semua orang, bukan hanya pedagang Genoa, membutuhkan catatan, untuk menghitung berapa banyak keuntungan / kerugian yang akan dihasilkan perdagangan, berapa banyak aset mereka ketika mereka pergi dan apa yang mereka akan ketika mereka kembali. . Rumah. Inilah awal mula munculnya akuntansi, yang prosesnya berbarengan dengan perkembangan bisnis.
Pada tahun 1494 buku pertama “SUMMA DE ARITHMETICA GEOMETRICA, PROPORTIONI ET PROPORTIONALITE” lahir. Ini adalah salah satu bab yang berhubungan dengan akuntansi dan ditulis oleh Lucas Pacioli, yang kemudian dikenal sebagai bapak akuntansi.

Baca Juga :   Fungsi Manajemen Proyek

Dengan jatuhnya Roma pada abad ke-15 dan relokasi pusat perdagangan ke Belanda, sistem kontinental digunakan untuk pengembangan akuntansi. Staf akuntansi menjadi kosong selama pemerintahan Jepang setelah Belanda meninggalkan Indonesia. Oleh karena itu, kursus akuntansi mulai berkembang dan ini adalah awal dari keberadaan akuntan Indonesia.

Setelah merdeka, Indonesia mulai mengirimkan akuntan ke luar negeri (USA) dan sistem akuntansi berpindah dari sistem kontinental ke sistem Anglo-Saxon (AS). Perguruan tinggi mulai berlomba-lomba membuka jurusan akuntansi, yang dimulai pada tahun 1952. Dengan perkembangan akuntansi, Ikatan Akuntan Indonesia, sebuah lembaga pengembangan akuntansi Indonesia, didirikan pada tahun 1953.

Fungsi akuntansi

Tujuan utama dari akuntansi adalah informasi keuangan suatu organisasi. Laporan keuangan memungkinkan Anda untuk melihat status keuangan organisasi Anda dan perubahan yang terjadi di dalamnya.

Akuntansi dilakukan secara kualitatif dalam satuan ukuran uang. Informasi keuangan sangat dibutuhkan oleh manajer dan administrator untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

itulah pembahasan mengenai Pengertian Akuntansi, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.