MENGENAL MARKETING PLAN
MENGENAL MARKETING PLAN

MENGENAL MARKETING PLAN

ANAMS.ID – Rencana pemasaran adalah aplikasi sumber daya pemasaran yang direncanakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Oleh karena itu, perencanaan pemasaran merupakan proses sistematis untuk merencanakan dan mengoordinasikan keputusan pemasaran.

Pengetahuan ahli tentang rencana pemasaran

Di bawah ini adalah beberapa definisi marketing plan menurut para ahli dan terdiri dari:

Menurut McDonald’s

Rencana pemasaran adalah proses manajemen yang mengarah ke rencana pemasaran. Rencana adalah urutan logis dan rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk menentukan tujuan pemasaran dan mengembangkan rencana untuk mencapainya.

Azanaia Dinda: 2013

Rencana pemasaran adalah strategi untuk mencapai misi atau tujuan perusahaan. Pemasaran, di sisi lain, adalah sistem kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa untuk kepentingan pasar konsumen domestik dan pasar industri.

Muhammad Tandoori

Rencana pemasaran adalah strategi untuk mencapai misi atau tujuan perusahaan.

Lingkup rencana pemasaran

Perencanaan pemasaran adalah aplikasi yang direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Oleh karena itu, rencana pemasaran adalah proses sistematis untuk merencanakan dan mengoordinasikan keputusan pemasaran. Rencana pemasaran ini mengembangkan dan menyediakan kerangka kerja untuk koordinasi.

Rencana yang harus disiapkan Bygrave adalah analisis situasi perusahaan dan lingkungannya, analisis dan evaluasi peluang, kekuatan, kelemahan dan kendala yang harus dihadapi pasar.

Sebelum menyiapkan rencana pemasaran, seorang wirausahawan harus mengetahui seluk-beluk dan konsep pemasaran dan mengumpulkan informasi, sehingga wirausahawan baru membuat rencana pemasaran.

Untuk membuat rencana pemasaran, Anda perlu menjawab tiga pertanyaan:

dimana kita?
Ke mana kamu mau pergi?
bagaimana kita bisa sampai di sana? (Hisrich-Peters 1905: 139)

Karena Anda perlu mengidentifikasi pertanyaan di atas dan memperjelas ke mana Anda akan pergi, Anda harus memperhatikan latar belakang perusahaan Anda, kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda, serta hambatan yang Anda hadapi.
Jadi ke arah mana kita harus pergi? Di sini Anda harus menetapkan tujuan pemasaran masa depan Anda.

Baca Juga :   Pengendalian kas

Jadi bagaimana Anda mencapai ini Sekarang Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran. Pelaksanaan rencana ini membutuhkan anggaran.

Apa itu rencana pemasaran? Rencana pemasaran mencakup analisis situasional, yang terutama terdiri dari analisis peluang pasar dan penilaian kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang yang ada atau potensial di pasar. (Bigrave, 1994: 73)

Rencana pemasaran ini adalah bagian dari rencana bisnis Anda. Rencana yang perlu Anda persiapkan, seperti yang dijelaskan Bygrave, adalah analisis situasi perusahaan dan lingkungannya, analisis peluang, kekuatan, kelemahan, dan kendala yang dihadapi di pasar dan sebuah evaluasi. juga menggambarkan target konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Jadi fokus kegiatan perencanaan pemasaran ini adalah : (BuchariAlma: 2007)

Analisis kondisi lingkungan dan peluang pasar
tetapkan tujuan pemasaran
Implementasi strategi pemasaran
Membuat taktik atau tindakan implementasi

Baik usaha Anda kecil, menengah, besar, grosir, eceran, penjualan toko atau jasa, transportasi, akomodasi, biro perjalanan, seperti yang kita ketahui bahwa pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. pertokoan, rekreasi, pemasaran menempati posisi yang menonjol.
Dalam fase bisnis baru, posisi manufaktur, keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran hampir sama pentingnya. Namun, seiring kemajuan bisnis, lebih banyak perhatian akan diberikan kepada departemen pemasaran dan, lebih khusus lagi, fokusnya adalah pada “langganan”. Ini tidak berarti bahwa bagian lain dari perusahaan tidak penting, semua bagian penting, tetapi perhatian utama adalah departemen pemasaran berinteraksi langsung dengan publik, yang menentukan keberhasilan / kegagalan bisnis.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.