KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KARTU KREDIT
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KARTU KREDIT

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KARTU KREDIT

ANAMS.ID – Sistem kartu kredit adalah bisnis kartu kredit di mana entitas umum terlibat, dimulai dengan penerbitan kartu kredit, operasi penyelesaian, penarikan tunai, dan operasi penyelesaian oleh bank.

Sistem kerja berikut dapat digambarkan sebagai:

Seorang nasabah mengajukan permohonan sebagai pemegang kartu dengan mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh bank atau perusahaan keuangan.
Setelah bank atau perusahaan keuangan mengeluarkan kartu dan memeriksa kelayakan kredit (kelaikan kredit) dan (keterampilan) calon pelanggan, kartu tersebut dikirimkan ke pelanggan pemegang kartu.
Pemegang kartu dapat menggunakan kartu yang disetujui untuk melakukan berbagai pembelian dan pembayaran dengan bank dan perusahaan keuangan di berbagai lokasi, dan untuk menarik uang tunai di berbagai ATM.

Selain itu, ketika pelanggan pemegang kartu melakukan transaksi, sistem penagihan terlihat seperti ini:

Pemegang kartu bertransaksi dengan menunjukkan kartu dan menandatangani bukti pembelian untuk mengamankan kepemilikan kartu.
Merchant menagih bank atau lembaga keuangan berdasarkan bukti transaksi berdasarkan bukti transaksi antara Pelanggan dan Merchant.
Bank atau lembaga keuangan akan mengembalikan uang pedagang berdasarkan pengaturan yang disepakati.
Bank atau lembaga keuangan menagih pemegang kartu berdasarkan bukti transaksi sampai dengan batas waktu yang ditentukan.
Pemegang kartu akan membayar jumlah denominasi yang ditunjukkan hingga penentuan jangka waktu. Dalam kasus keterlambatan, pelanggan akan menerima penalti moneter bersama dengan tingkat bunga tetap.

pemegang kartu kredit

Di bawah ini adalah beberapa pihak yang terlibat dalam kartu kredit, terdiri dari:

Penerbit kartu (bank/lembaga penerbit) adalah orang atau lembaga yang menerbitkan dan mengelola kartu. Emiten adalah bank, lembaga keuangan lainnya, dan perusahaan non-keuangan. Secara khusus, perusahaan yang menerbitkan kartu kredit harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan. Jika penerbitnya adalah bank, maka harus mengikuti instruksi Bank Indonesia. Juga, dalam tulisan ini, kartu penerbit disebut sebagai penerbit.
Acquirer (Pihak Pengelola/Perantara) adalah entitas yang mengelola penggunaan kartu kredit, khususnya dalam hal pembayaran kepada merchant dan penagihan kepada penerbit yang tidak terkait langsung dengan merchant. Pembeli juga sering disebut manajer.
Pemegang/pemegang kartu adalah individu atau nasabah yang memegang kartu kredit dan memenuhi prosedur dan persyaratan yang ditetapkan untuk dapat menggunakannya dalam kondisi yang diberikan.
Merchant (Pedagang) adalah pedagang yang ditunjuk/disetujui oleh manajemen untuk bertransaksi dengan pemegang kartu menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai.

Baca Juga :   Tujuan Administrasi Perkantoran

Kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Keuntungan menggunakan kartu kredit adalah ketika Anda ingin membeli sesuatu yang tidak membawa uang tunai, Anda dapat membayar dengan kartu kredit, Anda dapat menggunakan kartu kredit Anda untuk belanja online, dan ketika Anda membeli barang-barang mahal yang tidak Anda miliki. tidak perlu dibawa-bawa. Uang tunai dan kartu kredit lebih aman daripada memegang uang tunai, tetapi Anda harus membayar kembali berbagai pembelian dalam satu bulan atau periode waktu tertentu.
Kelemahan menggunakan kartu kredit adalah bahwa pelanggan biasanya lebih suka menghabiskan lebih banyak uang untuk pembelian karena mereka merasa tidak menghabiskan uang untuk membeli apa yang mereka butuhkan. Anda harus berhati-hati saat menggunakan informasi kartu kredit Anda, karena kartu ini dapat menyebabkan masalah saat digunakan untuk pembelian dan transaksi online.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.