Mengenal Invoice
Mengenal Invoice

Mengenal Invoice

ANAMS.ID – Demi pembahasan kali ini, dalam hal ini kami akan memberikan invoice dengan pengertian ahli, fitur, jenis, komponen , jadi untuk pemahaman dan pemahaman yang lebih baik, silakan lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.
invoiceadalah dokumen yang digunakan sebagai faktur yang diterbitkan oleh Penjual kepada Pembeli dan berisi rincian barang yang dibeli, harga satuan, harga total dan tanggal pembelian.

Dan umumnya, faktur atau faktur dibuat dalam tiga rangkap, satu untuk pembeli saat faktur dibayar, satu untuk arsip departemen penjualan, dan satu untuk laporan keuangan laporan kantor. Bukti transaksi penjualan dilakukan secara kredit.

Memahami invoice dari ahli

Di bawah ini adalah beberapa definisi faktur profesional, yang terdiri dari:

  • Menurut Sugen Haryanto

Menurut Sugeng Hariyanto, konsep faktur adalah catatan yang menjelaskan tentang barang yang dikirimkan kepada pembeli beserta harganya. Memo ini dibuat oleh penjual dan biasanya dikirim ke pembeli untuk meminta pembayaran atau hanya untuk memberi tahu faktur jika pembayaran harus dilakukan secara kredit.

  • Menurut Andrian Steady

Menurut Andrian Sutedi, konsep invoice merupakan dokumen penting dalam perdagangan, karena melalui data invoice ini kita bisa melihat berapa banyak uang kertas yang perlu kita tarik, pertanggungan asuransi dan pembayaran segala macam bea masuk.

  • Menurut KBBI

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan faktur adalah daftar barang yang diserahkan disertai dengan catatan nama, jumlah dan harga yang dikeluarkan oleh penjual, yang harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.

Fungsi invoice

Di bawah ini adalah beberapa fitur penagihan.

Informasi tentang produk dan layanan yang dibeli oleh konsumen, dll.
Untuk informasi mengenai jumlah tagihan konsumen dan syarat pembayaran.
Sebagai acuan yang sah jika barang/jasa yang terdaftar dijual kembali kepada pihak lain.
Sebagai referensi yang valid saat menambahkan transaksi ke buku keuangan Anda.
Dalam beberapa kasus, faktur dapat berfungsi sebagai referensi yang valid sebagai faktur pajak.
Sebagai acuan jika terjadi kesalahan dalam pengiriman produk atau dalam perhitungan jumlah total tagihan.

Baca Juga :   Pengertian laba

Berikut ini terdiri dari berbagai jenis invoice.

  • invoice biasa

Faktur biasa adalah jenis faktur yang paling sering digunakan untuk transaksi sederhana, tetapi isi faktur sangat sederhana: detail dan jumlah produk, harga produk, dan jumlah total.

  • invoice proforma

Faktur pro forma adalah jenis faktur sementara yang dirilis ke pelanggan sebelum penjual mengirimkan semua barang yang dipesan oleh pelanggan. Dengan kata lain, proforma invoice ini merupakan alternatif invoice dalam hal pengiriman barang secara bertahap. Setelah semua pesanan telah diterima oleh pelanggan, penjual akan mengeluarkan faktur biasa, bukan faktur proforma.

  • invoice konsuler

Faktur konsuler adalah jenis faktur khusus yang digunakan dalam perdagangan internasional atau operasi impor/ekspor. Faktur konsuler harus memuat pengesahan dan persetujuan perwakilan negara pengimpor atau kantor komersial, konsulat atau kedutaan negara pengekspor.
komponen faktur

Setiap perusahaan harus memiliki format faktur yang berbeda tergantung pada kebutuhan mereka. Namun ada beberapa komponen yang harus dicantumkan dalam invoice untuk memastikan informasi yang tertera pada invoice sudah lengkap sesuai dengan pesanan pembelian pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa komponen dari invoice:

nomor seri faktur
Formulir pemesanan/nomor pesanan
Kode nomor transaksi DO/F atau DO/F
Detail objek
subtotal
Diskon “jika ada”
Biaya pengiriman “jika ada”
biaya PPN
total biaya

itulah pembahasan mengenaii invoice, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.