Kapak Perimbas: Alat Batu Tertua yang Membuka Tabir Sejarah Kehidupan Manusia Prasejarah

Anams.id – Hi guys! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang kapak perimbas, alat batu tertua yang pernah digunakan manusia pada masa prasejarah. Kapak perimbas memiliki asal usul yang menarik, kegunaan penting bagi manusia pada masa lalu, dan juga memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis kapak lainnya.

Selain itu, kapak perimbas juga memberikan informasi penting mengenai sejarah manusia prasejarah dan kehidupan mereka di masa lalu. Mari kita simak lebih lanjut tentang kapak perimbas dan segala hal menarik di baliknya.

Penemuan di Indonesia

Beberapa tokoh yang terlibat dalam penelitian kapak perimbas di Asia Timur adalah Helmutt de Terra, Hallam L. Movius Jr, dan Teilhard de Chardin. Mereka menemukan bahwa di Asia Timur berkembang suatu corak budaya palelitik yang berbeda dengan corak yang berkembang di Asia Barat, Afrika, Eropa, dan sebagian India.

Di Indonesia, kapak perimbas ditemukan pada beberapa lokasi seperti di Sangiran, Ngandong, dan juga di daerah Blora dan Pacitan. Kapak perimbas yang ditemukan di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dari kapak perimbas yang ditemukan di Asia Timur.

Ciri Khas Kapak Perimbas

Berikut merupakan ciri-ciri kapak perimbas yang biasa ditemukan di situs purbakal yaitu:

  1. Pemangkasan dilakukan pada satu permukaan saja
  2. Tajamannya berbentuk konveks (cembung)
  3. Permukaan batunya masih terdapat sisa-sisa kulit batu
  4. Ketajamannya sesekali terlihat lurus, hal ini dapat terjadi jika kapak dipangkas dengan menggunakan salah satu sisi pinggiran batu.
  5. Alat-alat serpih merupakan unsur paling penting dan kompleks yang ada di kapak perimbas. Bentuknya sangat sederhana yaitu seperti kerucut yang menonjol dan pukulan yang berbentuk lebar dan rata.
Baca Juga :   Pengertian Reseller Adalah

Kegunaan Kapak Perimbas

Kapak perimbas merupakan salah satu alat batu tertua yang pernah digunakan manusia pada masa prasejarah. Alat ini memiliki berbagai kegunaan penting bagi manusia pada masa itu. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan kapak perimbas di masa lalu.

1. Memotong dan Menumbuk Bahan Makanan

Kapak perimbas digunakan manusia pada masa itu untuk memotong dan menumbuk berbagai bahan makanan. Kapak perimbas juga digunakan untuk melempar dan mengejar hewan yang diincar.

2. Alat Berburu Hewan

Selain itu, kapak perimbas juga digunakan sebagai alat untuk kegiatan berburu hewan. Kapak perimbas digunakan untuk membuat perangkap dan juga untuk memasang jebakan. Selain itu, kapak perimbas juga digunakan untuk membuat perlengkapan berburu seperti tombak dan anak panah.

3. Alat Pertahanan

Kapak perimbas juga digunakan sebagai alat pertahanan pada masa itu. Kapak perimbas digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh atau hewan yang mengancam keselamatan manusia. Kapak perimbas juga digunakan sebagai alat untuk mempertahankan wilayah dan untuk melindungi kelompok atau komunitas.

4. Alat Perindustrian

Kapak perimbas juga digunakan sebagai alat perindustrian pada masa lalu. Kapak perimbas digunakan untuk membuat alat-alat lain seperti alat pertanian dan alat kerajinan. Kapak perimbas juga digunakan sebagai alat untuk membangun rumah, membuat perahu dan peralatan transportasi lainnya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kapak perimbas merupakan alat batu tertua yang memiliki asal usul yang menarik, kegunaan penting bagi manusia pada masa lalu, dan juga memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis kapak lainnya.

Kapak perimbas memberikan informasi penting mengenai sejarah manusia prasejarah dan kehidupan mereka di masa lalu. Meskipun sudah jarang digunakan pada masa kini, namun kapak perimbas tetap menjadi saksi bisu sejarah manusia primitif dan menjadi bukti penting perkembangan teknologi dan kebudayaan manusia pada masa prasejarah.***

Baca Juga :   Digital Marketing Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *