Jenis dan rumus gerak parabola

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Jenis dan rumus gerak parabola”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Jenis dan rumus gerak parabola” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Jenis dan rumus gerak parabola” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Jenis gerak parabola

  • Gerak benda berbentuk parabola ketika kecepatan awal diberikan oleh sudut theta dari garis horizontal, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak gerakan benda dalam bentuk ini. Gerakan tersebut meliputi gerakan bola basket yang dilempar vertikal, gerakan bola tenis, gerakan bola voli, gerakan lompat jauh, dan gerakan peluru yang ditembakkan dari permukaan bumi ke suatu titik tertentu.

teta terhadap garis horisontal

  • Gerak benda berbentuk parabola ketika kecepatan awal diberikan pada ketinggian tertentu dalam arah horizontal paralel, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Beberapa contoh gerakan jenis ini yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain gerakan bom yang dijatuhkan dari pesawat terbang atau benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu.

sejajar horisontal

  • Gerak benda berbentuk parabola ketika kecepatan awal diberikan oleh ketinggian tertentu dengan sudut teta terhadap garis horizontal, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

garis horisontal

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat berbagai jenis gerak parabola.

  • Gerak benda berbentuk parabola, ketika kecepatan awal diberikan oleh sudut theta terhadap horizontal, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali gerakan-gerakan seperti ini. Beberapa di antaranya adalah gerakan bola yang ditendang oleh pemain sepak bola, gerakan bola basket yang dilempar ke dalam keranjang, gerakan bola tenis, gerakan bola voli, gerakan lompat jauh, gerakan proyektil atau rudal diluncurkan dari permukaan bumi.
  • Gerak benda ekuivalen jika kecepatan awal diberikan pada ketinggian tertentu dalam arah horizontal paralel, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Beberapa contoh gerakan jenis ini yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain gerakan bom yang dijatuhkan dari pesawat terbang atau benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu.
  • Gerak suatu benda berbentuk parabola ketika kecepatan awal diberikan oleh ketinggian tertentu dengan sudut theta terhadap horizontal.

Rumus gerak parabola

Persamaan gerak peluru
Kecepatan awal dibagi menjadi komponen horizontal v0x dan voy yang besarnya:

v0x = v0 cos e
v0y = v0 sin

Karena komponen kecepatan horizontal konstan, t akan diperoleh setiap saat:

vtx = v0x + at = v0x + (0) t = vox = v0 cos

Dan

x = v0xt + at2 = voxt + (0) t2 = v0xt

Sedangkan percepatan vertikal adalah –g sehingga komponen kecepatan vertikal pada waktu t adalah:

vty = voy – gt = vo sin – gt

Y = Voigt – GT2

v2ty = v20y – 2gy

Persamaan di atas berlaku jika peluru ditembakkan pada titik awal sistem koordinat xy sehingga x0 = y0 = 0. Namun jika peluru ditembakkan tidak tepat pada titik awal koordinat (x0 0 dan y0 0), maka kedua persamaan menjadi:

Baca Juga :   Jika percepatan gravitasi dipermukaan bumi adalah g dan jari-jari bumi R, maka percepatan gravitasi di suatu tempat sejauh R dari permukaan bumi adalah

x = x0 + v0xt = x0 + (v0 cos) t

y = y0 + voyt – gt2

Pada titik tertinggi berarti pada posisi y maksimum, kecepatannya mendatar, sehingga vty = 0. Sehingga persamaan di atas menjadi:

vty = voy -gt

0 = Voy – GT

t = foi / g

t = VoSinO / g

Persamaan di atas menunjukkan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketinggian maksimum. Kemudian substitusikan ke dalam persamaan (y) sehingga diperoleh persamaan untuk tinggi maksimum sebagai berikut:

persamaan ketinggian

Mensubstitusi persamaan (t) ke persamaan (x) menempatkan x ke y maksimum, yaitu:

rumus gerak parabola

Sedangkan pada titik terjauh dari titik awal berarti posisi x adalah maksimum, waktu yang diperlukan untuk mencapai maksimum x adalah:

rumus gerak parabola1

Dan posisi x terjauh adalah:

xm

Itulah artikel terkait Jenis dan rumus gerak parabola. semoga bermanfaat***