Control rat thyroid gland. Photo taken 10/31/1949. 60"-230. Principal investigator/Project: Crocker Lab/60-inch

Jaringan Kolenkim, Peran Penting dalam Memperkuat Batang dan Daun Tumbuhan

anams.id – Hai teman-teman, kali ini kita bakalan bahas tentang jaringan kolenkim nih. Kira-kira ada yang udah tau belum apa itu jaringan kolenkim?

Yuk, kita cari tahu lebih dalam lagi tentang ciri-ciri, fungsi, letak, struktur, susunan sel, dan jenis-jenis jaringan kolenkim.

Pengertian

Jaringan kolenkim adalah salah satu jenis jaringan ikat pada tumbuhan yang memiliki peran penting dalam mempertahankan bentuk dan kekuatan batang serta daun.

Jaringan kolenkim terdiri dari sel-sel khusus yang memiliki dinding sel yang tebal dan kuat. Pada artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri, fungsi, letak, struktur, susunan sel, serta jenis-jenis jaringan kolenkim.

Ciri-Ciri Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

  1. Sel-sel kolenkim memiliki dinding sel yang tebal dan kuat, terutama pada bagian sudut-sudut sel yang berbentuk seperti segitiga.
  2. Sel-sel kolenkim memiliki bentuk yang tidak beraturan dan berukuran lebih besar dibandingkan sel-sel parenkim.
  3. Sel-sel kolenkim tidak memiliki ruang interseluler, artinya sel-sel tersebut saling berdekatan satu sama lain.
  4. Jaringan kolenkim tidak memiliki pembuluh angkut, sehingga tidak dapat mengangkut air atau nutrisi.

Fungsi Kolenkim

Jaringan kolenkim memiliki peran penting dalam mempertahankan kekuatan dan bentuk batang serta daun pada tumbuhan. Fungsi kolenkim meliputi:

  1. Memberikan dukungan dan kekuatan pada batang dan daun tumbuhan.
  2. Membantu dalam menjaga bentuk dan struktur batang serta daun tumbuhan.
  3. Melindungi jaringan-jaringan lain di dalam tumbuhan dari kerusakan akibat tekanan atau gesekan.
  4. Membantu dalam proses fotosintesis pada daun tumbuhan.

Letak Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim biasanya terdapat di daerah-daerah yang memerlukan kekuatan dan dukungan, seperti pada batang dan daun.

Pada batang, jaringan kolenkim terdapat di sekitar pembuluh kayu dan terdapat di bawah epidermis. Pada daun, jaringan kolenkim terdapat di sekitar pembuluh daun dan tersebar di seluruh daun.

Baca Juga :   Penurunan sifat dari orang tua kepada keturunannya terjadi melalui….

Struktur Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim terdiri dari sel-sel khusus yang memiliki dinding sel yang tebal dan kuat. Dinding sel sel kolenkim terdiri atas selulosa, hemiselulosa, pektin, dan lignin.

Sel-sel kolenkim berbentuk tidak beraturan, dan memiliki sudut-sudut yang berbentuk segitiga yang menonjol keluar.

Susunan Sel Kolenkim

Susunan sel kolenkim dapat berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Pada kolenkim angular “sudut”, sel-sel kolenkim tersusun dengan sudut-sudut sel yang menonjol keluar, sehingga membentuk sudut-sudut tajam.

Pada kolenkim lamellar atau tangensial “papan”, sel-sel kolenkim tersusun membentuk lapisan-lapisan yang datar. Pada kolenkim annular, sel-sel kolenkim tersusun membentuk cincin-cincin yang melingkar pada batang.

Sedangkan pada kolenkim lacunate “lakunar”, sel-sel kolenkim tersusun dengan banyak rongga kecil di dalamnya.

Jenis-Jenis Jaringan Kolenkim

  1. Kolenkim Angular “Sudut”

Kolenkim angular atau sudut memiliki bentuk sel khas berbentuk segitiga dengan sudut-sudut tajam yang menonjol keluar.

Jaringan kolenkim angular tersusun dalam lapisan-lapisan yang membentuk sudut-sudut tajam pada batang tumbuhan. Kolenkim angular sering ditemukan pada batang tumbuhan muda.

  1. Kolenkim Lamellar Atau Tangensial “Papan”

Kolenkim lamellar atau tangensial merupakan jenis jaringan kolenkim yang tersusun membentuk lapisan-lapisan datar pada batang tumbuhan. Sel-sel kolenkim pada kolenkim lamellar memiliki dinding sel yang tebal dan kuat, sehingga memberikan dukungan dan kekuatan pada batang tumbuhan.

  1. Kolenkim Annular

Kolenkim annular tersusun membentuk cincin-cincin yang melingkar pada batang tumbuhan. Sel-sel kolenkim pada kolenkim annular memiliki dinding sel yang tebal dan kuat, sehingga memberikan dukungan dan kekuatan pada batang tumbuhan.

  1. Kolenkim Lacunate “Lakunar”

Kolenkim lacunate atau lakunar memiliki banyak rongga kecil di dalamnya. Jaringan kolenkim lakunar sering ditemukan pada daun tumbuhan.

Sel-sel kolenkim pada kolenkim lakunar memiliki dinding sel yang tebal dan kuat, sehingga memberikan dukungan dan kekuatan pada daun tumbuhan.

Baca Juga :   Jika sel tubuh pada tanaman tomat mempunyai 24 kromosom, maka jumlah kromosom pada serbuk sarinya adalah

Oke jadi  itu dulu ya temann-teman bahasan kita kali ini terkait jaringan kolenkim yang sudah kita ulik dari berbagai sudut pandang, semoga dapat bermanfaat terimakasih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *