Definisi Interaksi Sosial
Definisi Interaksi Sosial

Definisi Interaksi Sosial

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Definisi Interaksi Sosial. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artiket berikut dengan baik

Definisi interaksi sosial

Manusia dalam kehidupan bermasyarakat menjadi saling berhubungan dan saling membutuhkan. Kebutuhan ini dapat menimbulkan proses interaksi sosial.

Maryati dan Suryawati (2003) menyatakan bahwa “interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik, atau stimulus dan respon, antar individu, antar kelompok, atau antara individu dengan kelompok”. Murdiyatmoko dan Handayani (2004) berpendapat bahwa “interaksi sosial adalah hubungan antara manusia yang menghasilkan hubungan yang langgeng dan pada akhirnya proses pengaruh yang memungkinkan terbentuknya struktur sosial” menganjurkan suatu opini. Interaksi positif hanya mungkin terjadi bila ada suasana saling percaya, menghormati dan saling mendukung (Siagian, 2004).

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan antar manusia lain yang saling mempengaruhi baik dalam hubungan interpersonal, hubungan antar kelompok, maupun hubungan antar pribadi dan antar kelompok.

jenis interaksi sosial

Menurut Maryati dan Suryawati (2003), interaksi sosial dapat dibagi menjadi tiga jenis:

interaksi orang ke orang

Bisa ada interaksi positif atau negatif dalam hubungan ini. Interaksi positif bila hubungan tersebut saling menguntungkan. Interaksi negatif bila interaksi tersebut merugikan salah satu atau keduanya (adversarial).

Interaksi Individu dan Kelompok

Interaksi ini dapat terjadi baik secara positif maupun negatif. Bentuk-bentuk interaksi sosial individu dan kelompok berbeda-beda sesuai dengan keadaan dan kondisi.

Kelompok dan interaksi sosial antar kelompok

Interaksi sosial kelompok-ke-kelompok terjadi sebagai unit daripada sebagai kehendak individu. Misalnya, kerjasama antara dua perusahaan untuk membahas suatu proyek.

Bentuk interaksi sosial

Berdasarkan pendapat Tim Sosiologi (2002), interaksi sosial dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk:

Baca Juga :   Pengertian Konvensi

Interaksi sosial asosiatif. Ini mengarah ke asosiasi (hubungan atau kombinasi) dari bentuk:

Kerja sama

Kerjasama adalah usaha bersama antara individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

hotel

Perumahan merupakan proses adaptasi sosial dalam interaksi antara individu dan kelompok masyarakat, mengurangi konflik.

asimilasi

Asimilasi adalah proses sosial di mana kelompok-kelompok orang dari latar belakang budaya yang berbeda berinteraksi secara intens satu sama lain dalam jangka waktu yang lama, secara bertahap mengubah budaya asli dan membentuk budaya baru sebagai budaya campuran.

Akulturasi

Akulturasi silang adalah transformasi sekelompok masyarakat manusia dengan budaya tertentu ke dalam unsur-unsur budaya asing sedemikian rupa sehingga unsur-unsur budaya asing itu secara bertahap diterima dan ditransformasikan ke dalam budaya mereka sendiri tanpa menyebabkan hilangnya individualitas. adalah proses sosial yang terjadi ketika dihadapkan. dari budaya itu sendiri.

Interaksi sosial disosiatif yang menimbulkan konflik atau bentuk konfrontasi seperti:

kompetisi

Persaingan adalah perjuangan yang dilakukan oleh individu atau kelompok sosial tertentu untuk kemenangan atau hasil kompetitif tanpa ancaman atau konfrontasi fisik dari pihak lain.

pelanggaran

Kejahatan merupakan suatu bentuk proses sosial antara persaingan dan oposisi atau konfrontasi. Bentuk pemalsuan termasuk sikap ofensif yang diarahkan secara terselubung atau terang-terangan terhadap individu atau kelompok atau elemen budaya kelompok tertentu. Sikap ini bisa berubah menjadi kebencian, tetapi tidak berubah menjadi konfrontasi atau konfrontasi.

konfrontasi

Konflik adalah proses sosial antara kelompok individu atau masyarakat tertentu karena perbedaan pemahaman dan kepentingan yang sangat mendasar, menciptakan semacam kesenjangan atau jurang yang menghambat interaksi sosial antara orang-orang yang berkonflik.

itulah pembahasan mengenai Definisi Interaksi Sosial, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.