Dari Jawa Hingga Melayu: 10 Suku Terbesar di Indonesia yang Menjadi Identitas Bangsa

Anams.id Hi guys, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 10 suku terbesar di Indonesia yang mendominasi populasi penduduk. Sebagai negara kepulauan dengan ribuan suku bangsa, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat kaya.

Setiap suku memiliki karakteristik masyarakat yang berbeda-beda, tergantung dari wilayah asal suku tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara singkat tentang 10 suku terbesar di Indonesia, dari Suku Jawa yang mendominasi sebagai suku terbesar, hingga Suku Melayu yang juga memiliki populasi yang cukup besar. Yuk, simak pembahasan selengkapnya!

1. Suku Jawa

Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia berdasarkan hasil sensus penduduk pada tahun 2020. Suku Jawa dalam penyebarannya terpusat pada provinsi besar di tengah sampai ujung timur Pulau Jawa. Namun, persebaran suku Jawa sangat luas, hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat orang Jawa. Suku Jawa juga tersebar di mancanegara, salah satunya di Suriname di Benua Amerika.

2. Suku Sunda

Suku Sunda adalah suku bangsa yang mendiami wilayah di Jawa Barat. Jumlah populasi masyarakat Sunda pada sensus penduduk tahun 2020 adalah 48,274 juta jiwa, yang menjadikan Jawa Barat sebagai yang terbesar kedua setelah Jawa.

3. Suku Batak

Suku Batak adalah suku terbesar ketiga di Indonesia, dengan populasi mencapai 14,798 juta jiwa. Sama seperti yang lain penyebaran suku batak juga menyebar di seluruh daerah Indonesia dan tidak terpatok pada daerah Sumatera Utara. Tapi untuk Sumatera Utara sendiri memang tercatat didominasi oleh suku Batak.

4. Suku asal Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah provinsi yang terletak di pulau Sumatera dan memiliki beragam suku bangsa di dalamnya. Namun, suku asal Sumatera Selatan merupakan suku yang memiliki populasi terbanyak di antara suku-suku di Sumatera Selatan. Menurut sensus penduduk tahun 2020, jumlah populasi penduduk di Sumatera Selatan mencapai 8,600,8 jiwa.

Baca Juga :   Panitia Sembilan Adalah

Beberapa suku asal Sumatera Selatan yang terkenal adalah suku Palembang, suku Lampung, dan suku Rejang. Setiap suku memiliki kekayaan budaya yang unik dan berbeda-beda, seperti adat istiadat, senjata tradisional, dan tarian-tarian khas suku.

5. Suku Asal Sulawesi

Suku-suku Sulawesi memiliki populasi yang cukup besar jika digabungkan secara keseluruhan, mencapai 7,634 juta jiwa atau 3,22 persen dari total penduduk Indonesia. Sulawesi dikenal sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia dan memiliki beragam suku bangsa yang mendiami wilayahnya. Beberapa suku besar di Sulawesi antara lain suku Bugis, suku Makassar, suku Toraja, dan suku Minahasa. Setiap suku memiliki keunikan budaya yang berbeda-beda, seperti bangunan tradisional, upacara adat, dan senjata tradisional.

6. Suku Madura

Suku Madura merupakan suku yang mendiami Pulau Madura dan memiliki populasi sebesar 7,179 juta jiwa pada tahun 2010. Suku Madura terkenal dengan keberaniannya dan memiliki tradisi kepahlawanan yang kuat. Beberapa kebudayaan suku Madura yang terkenal di antaranya adalah karapan sapi, tari topeng Madura, dan senjata tradisional seperti keris dan pedang.

7. Suku Bugis

Suku Bugis juga tergolong sebagai suku bangsa besar di Indonesia, dengan jumlah populasi mencapai 6,359 juta jiwa pada tahun 2010. Suku Bugis dikenal sebagai suku pelaut karena memiliki tradisi pelayaran yang kuat. Selain itu, suku Bugis juga terkenal dengan senjata tradisional seperti badik dan keris, serta bangunan tradisional rumah panggung.

8. Suku Betawi

Suku Betawi berasal dari Ibu Kota Jakarta dan memiliki populasi sebesar 6,807 juta jiwa pada tahun 2010. Suku Betawi memiliki keunikan budaya yang sangat khas dan menjadi identitas dari Jakarta. Beberapa kebudayaan suku Betawi yang terkenal di antaranya adalah tari topeng Betawi, musik gambang kromong, serta makanan khas seperti kerak telor dan soto Betawi.

Baca Juga :   Menelusuri Jejak Kerajaan Sriwijaya: Kisah Gemilang Peradaban Nusantara

9. Suku Minang

Suku Minang juga termasuk dalam 10 suku terbesar di Indonesia, dengan jumlah populasi mencapai 5,545 juta jiwa pada sensus penduduk tahun 2020. Suku Minang dikenal sebagai suku yang memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang khas.

Beberapa kebudayaan suku Minang yang terkenal di antaranya adalah tari Piring, adat basandiang, serta senjata tradisional seperti kujang dan rencong. Selain itu, makanan khas suku Minang seperti rendang, sate Padang, dan gul

10. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia dengan populasi sebanyak 5,365 juta jiwa pada tahun 2010. Suku Melayu tersebar di berbagai kawasan di Indonesia, mulai dari Sumatera, Kalimantan, dan sebagainya.

Dalam kesimpulannya, 10 suku terbesar di Indonesia yang telah kita bahas memiliki populasi yang besar dan mendominasi penduduk Indonesia. Setiap suku memiliki kekayaan budaya yang unik dan berbeda-beda, sehingga menunjukkan betapa beragamnya keanekaragaman budaya Indonesia.

Namun, meskipun ada perbedaan, kita harus tetap menjaga toleransi dan menghargai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang 10 suku terbesar di Indonesia dan meningkatkan kesadaran kita akan kekayaan budaya Indonesia yang luar biasa. Terima kasih telah membaca!***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *