Bagaimana Cara Mempertahankan Budaya Indonesia?
Bagaimana Cara Mempertahankan Budaya Indonesia?

Bagaimana Cara Mempertahankan Budaya Indonesia?

Anams.id – Budaya adalah gaya hidup yang dikembangkan dan dimiliki oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak elemen kompleks, termasuk agama dan sistem politik, adat istiadat, bahasa, peralatan, pakaian, bangunan, karya seni, dan banyak lagi.

Bahasa, seperti budaya, merupakan bagian integral dari manusia, sehingga banyak orang cenderung mengaitkannya dengan warisan genetik mereka. Ketika berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan mencoba beradaptasi dengan perbedaan, itu adalah budaya yang dipelajari.

Budaya adalah gaya hidup holistik. Budaya itu kompleks, abstrak, dan luas cakupannya. Banyak aspek budaya juga menentukan perilaku komunikatif. Ini adalah elemen difusi sosiokultural dan mencakup banyak aktivitas sosial manusia.

Beberapa alasan mengapa orang sulit berkomunikasi dengan orang dari budaya lain dapat dilihat dalam definisi budaya.Budaya adalah seperangkat nilai yang kompleks yang terpolarisasi oleh citra yang berisi opini hanya tentang kepentingan. mengambil banyak bentuk tergantung pada budaya, seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keharmonisan individu dengan alam” di Jepang, dan “kepatuhan kolektif” di Cina.

Gaya citra budaya alam memberi para anggotanya pedoman yang tepat untuk tindakan dan logika makna dan nilai yang dapat dipinjam oleh anggota yang paling rendah hati untuk mencapai martabat dan kedekatan dengan kehidupan mereka sendiri.

budaya asing indonesia

Warga negara Indonesia yang mengikuti arus globalisasi terkadang kehilangan jati diri bangsa yang sarat dengan kesusilaan dan budaya Timur. Di mata dunia, Indonesia dikenal sebagai negara yang menganut etika ketimuran. Akan tetapi, masyarakat Indonesia menjauhi budaya asing yang ingin masuk ke Indonesia tanpa mengorbankan jati diri dan individualitas bangsa Indonesia. Globalisasi dapat membuat bangsa lebih kreatif tanpa merusak label nasional.

Baca Juga :   Integrasi sosial

Budaya asing yang masuk sebagai akibat dari era globalisasi (perluasan cara sosial antar benua) mengubah perilaku dan budaya Indonesia, baik budaya nasional maupun budaya murni yang ada di setiap wilayah Indonesia. Dalam hal ini, ketidakmampuan masyarakat Indonesia untuk beradaptasi dengan baik terhadap budaya asing seringkali berujung pada perilaku ke arah Westernisasi (Westernisasi).

Hal ini terlihat dari seringnya masuknya masyarakat khususnya remaja Indonesia yang sering mengunjungi pub, diskotik dan tempat hiburan malam lainnya. Dalam hal ini penyalahgunaan zat adiktif, berbagai bentuk maksiat, dan lain-lain, berbagai kecurangan terjadi. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia tidak mampu beradaptasi dan memilih pengaruh asing, sehingga masih “berbicara” terhadap budaya asing.

Menjaga budaya indonesia

Nilai-nilai budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, seperti gotong royong dalam masyarakat, persahabatan dan keramahan, merupakan sifat dasar yang memungkinkan individu masyarakat Indonesia untuk mencintai dan mempertahankan budayanya sendiri.

Namun, ciri khas masyarakat Indonesia yang dikenal ramah dan santun kini mulai memudar akibat serbuan budaya asing ke Indonesia yang tidak bisa dipilih dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dalam hal ini nilai-nilai budaya leluhur merupakan falsafah hidup semua daerah tanpa bantuan teknologi, sehingga pemerintah memiliki peran penting dalam menjaga nilai-nilai budaya Indonesia dalam kehidupan masyarakat. bukan berarti kita harus tertutup terhadap budaya asing, tetapi nilai dan makna filosofi budaya Indonesia harus dijadikan sebagai sumber inspirasi dan kreativitas.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga budaya Indonesia agar tidak terpengaruh oleh budaya asing yang negatif.

  • Menumbuhkan semangat nasionalisme yang kuat, seperti kecintaan terhadap produk dan budaya dalam negeri.
  • Memaksimalkan penetrasi dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
  • Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya.
  • Selektif terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia.
  • Memperkuat dan mempertahankan jati diri bangsa agar tidak hilang.
Baca Juga :   Pengertian Norma Sosial

Dengan demikian, masyarakat dapat bertindak bijaksana dalam menentukan sikap, sehingga jati diri dan individualitas bangsa tidak tergerus, terutama akibat masuknya budaya asing ke Indonesia. Itulah pembahasan mengenai Bagaimana Cara Mempertahankan Budaya Indonesia?, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.