Apa Yang Dimaksud Sosiologi Ekonomi?

Sosiologi Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Anams.id – Sosiologi ekonomi merupakan bagian dari sosiologi yang mempelajari hubungan antara tindakan individu atau kelompok terhadap aktivitas ekonomi.

Secara keseluruhan, sosiologi ekonomi adalah bidang studi yang meneliti fenomena sosial terkait cara individu dan kelompok memenuhi kebutuhan hidup dalam konteks masyarakat. Artikel ini akan membahas contoh-contoh studi sosiologi ekonomi secara umum.

Pengertian Ekonomi menurut Ahli

Sosiologi ekonomi menggabungkan dua disiplin ilmu yang berbeda, yaitu sosiologi yang mempelajari interaksi sosial dan ekonomi yang membahas kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut merupakan pengertian sosiologi ekonomi menurut beberapa pakar yaitu

  • Max Weber, seorang pakar sosiologi, mengartikan sosiologi ekonomi sebagai disiplin ilmu yang mempelajari tindakan ekonomi dalam hubungannya dengan dimensi sosial. Oleh karena itu, sosiologi ekonomi memperhatikan hubungan manusia dengan kekuasaan.
  • Dadang Supardan, dalam pandangannya, sosiologi ekonomi ialah kegiatan ekonomi yang menjelaskan cara masyarakat memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hal ini, sosiologi ekonomi membahas tentang perilaku konsumen dan produsen dalam masyarakat.
  • Sindung Haryanto, seorang pakar sosiologi, mengemukakan bahwa sosiologi ekonomi merupakan suatu pendekatan sosiologis dalam mempelajari kebutuhan ekonomi dan realitas sosial di dalam masyarakat. Pendekatan ini digunakan oleh para sosiolog dalam mengkaji interaksi antarindividu yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.
  • Dari pengertian-pengertian tersebut, sosiologi ekonomi dapat dipahami sebagai studi tentang hubungan antara kegiatan ekonomi manusia dengan realitas sosial di dalam masyarakat.

Ruang Lingkup Sosiologi Ekonomi

Dalam hal ini, sosiologi ekonomi membahas tentang perilaku dan interaksi manusia dalam memenuhi kebutuhan ekonomi mereka.

Baca Juga :   Raja-Raja Di Kerajaan Tarumanegara dan Peninggalannya

Sosiologi ekonomi mempelajari interaksi antara perilaku sosial dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam bidang ini antara lain:

1.Perilaku Sosial dan Masyarakat
Perilaku sosial masyarakat erat kaitannya dengan aktivitas ekonomi yang dilakukan melalui lembaga keuangan. Misalnya, masyarakat yang menabung di bank sebagai cara untuk menjamin keamanan keuangan di masa depan.

2. Kegiatan Ekonomi
Sosiologi ekonomi mempelajari kegiatan perekonomian yang meliputi interaksi sosial dalam berbagai aspeknya. Contohnya, dalam pasar yang efisien, para pelaku bisnis dapat memperoleh manfaat yang optimal melalui interaksi sosial yang sehat.

3. Kelangkaan Sumber Daya
Kelangkaan sumber daya adalah topik yang menjadi perhatian utama dalam sosiologi ekonomi. Ketika sumber daya yang dibutuhkan untuk kegiatan ekonomi menjadi langka, seperti misalnya minyak bumi, maka masyarakat akan melakukan berbagai upaya untuk mengumpulkan bahan bakar tersebut agar tidak terkena dampak dari kenaikan harga.

Ciri-ciri Sosiologi Ekonomi

Ciri utama sosiologi ekonomi adalah fokusnya pada fenomena sosial terkait kegiatan ekonomi. Sosiologi ekonomi mempelajari interaksi sosial yang terjadi dalam konteks kegiatan ekonomi, baik itu antara individu maupun kelompok.

1. Menggunakan Pendekatan Sosiologis
Sosiologi ekonomi menggunakan pendekatan sosiologis dalam memahami fenomena sosial yang terkait dengan kegiatan ekonomi. Pendekatan ini memperhatikan faktor-faktor sosial seperti norma, nilai, dan struktur sosial yang mempengaruhi kegiatan ekonomi.

2. Interdisipliner
Sosiologi ekonomi juga bersifat interdisipliner, karena menggabungkan dua disiplin ilmu yang berbeda yaitu sosiologi dan ekonomi. Pendekatan ini memungkinkan penggunaan teori dan metode dari kedua disiplin ilmu tersebut dalam memahami fenomena sosial terkait kegiatan ekonomi.

3. Mempelajari Keputusan Individu dan Kelompok
Sosiologi ekonomi mempelajari keputusan yang diambil oleh individu maupun kelompok dalam konteks kegiatan ekonomi. Hal ini meliputi bagaimana individu dan kelompok membuat keputusan tentang konsumsi, produksi, investasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Contoh Budaya Secara Umum

4. Memperhatikan Peran Institusi dan Struktur Ekonomi
Sosiologi ekonomi juga memperhatikan peran institusi dan struktur ekonomi dalam membentuk fenomena sosial terkait kegiatan ekonomi. Hal ini meliputi peran pemerintah, lembaga keuangan, pasar, dan lain sebagainya dalam mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Contoh Sosiologi Ekonomi

Dalam bidang sosiologi, terdapat berbagai macam contoh nyata yang dilakukan dalam masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi. Berikut adalah contoh tersebut:

  1. Sistem pembagian kerja di perusahaan digunakan untuk mengetahui tugas mereka masing-masing dan juga memungkinkan manajemen untuk memonitor kinerja mereka.
  2. Ketidakadilan antara pekerja harus bekerja keras untuk memproduksi, sementara pemilik modal memiliki kuasa untuk menentukan besar upah yang akan diberikan.
  3. Banyaknya pekerja seks komersial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
  4. Kenaikan Harga Bahan Pokok seperti harga daging sapi naik menjelang perayaan hari raya, masyarakat akan beralih ke daging ayam sebagai pengganti karena harganya lebih terjangkau.
  5. Ketimpangan sosial dan ekonomi di masyarakat terjadi karena meningkatnya jumlah masyarakat miskin di perkotaan

Demikian penjelasan mengenai sosiologi ekonomi, semoga kalian dapat memahani bab tentang sosiologi ekonomi, Terima kasih***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *