Pokok dan Nilai Pancasila

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pokok dan Nilai Pancasila”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pokok dan Nilai Pancasila” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Pokok dan Nilai Pancasila” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pokok dan Nilai Pancasila

Ada tiga prinsip inti yang membentuk Pancasila, dan mereka adalah sebagai berikut:

  • Sila Pancasila, juga dikenal sebagai standar dasar (pasal-pasal UUD 1945), adalah contoh prinsip-prinsip dasar karena sifatnya yang abstrak dan generik.
  • Nilai instrumental adalah nilai yang berlaku pada periode waktu dan kondisi tertentu, lebih kontekstual (menyesuaikan dengan perkembangan zaman), dan bentuknya dapat berupa aturan atau regulasi, strategi, program, organisasi, sistem, atau rencana. . Nilai instrumental adalah jenis nilai.
  • Penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, baik oleh lembaga atau organisasi pemerintah maupun oleh individu-individu, merupakan inti dari nilai praksis yang bersifat cair dan berubah-ubah.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang dituangkan dalam Pancasila:

  • Nilai-nilai ketuhanan adalah nilai-nilai yang menandakan pengakuan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta. Inilah nilai-nilai yang disebut sebagai “nilai-nilai ketuhanan”.
  • Istilah “nilai-nilai kemanusiaan” mengacu pada pemahaman tentang sikap atau perilaku yang sesuai dengan standar moral dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Nilai-nilai kemanusiaan juga dikenal sebagai “nilai-nilai etis”.
  • Untuk memupuk persatuan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, nilai-nilai persatuan adalah nilai-nilai yang menandakan kesadaran untuk mewujudkan kesatuan.
  • Nilai-nilai yang dianggap kerakyatan adalah nilai-nilai yang menekankan pada pengembangan prinsip-prinsip demokrasi seperti musyawarah dan mufakat.
  • Konsep keadilan memiliki arti penting karena menyiratkan komitmen kolektif untuk melakukan apa yang benar baik untuk diri sendiri maupun untuk sesama manusia.

Itulah pembahasan terkait Pokok dan Nilai Pancasila. semoga bermanfaat***

Baca Juga :   Bentuk, Tujuan dan Klasifikasi Organisasi Internasional