Pentingnya Landasan Pendidikan untuk dipelajari
Pentingnya Landasan Pendidikan untuk dipelajari

Pentingnya Landasan Pendidikan untuk dipelajari

Anams.id – Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempelajari dasar-dasar pendidikan.

Untuk membangun fondasi pendidikan yang kokoh

Untuk mendapatkan pendidikan yang kokoh dan berkualitas, Anda harus memulai dengan landasan pendidikan yang kokoh. Pendidikan tidak akan berjalan tanpa landasan yang kokoh.

Sebagai referensi dan dasar untuk pendidikan dan penelitian

Pondasi pendidikan ibarat pondasi dasar untuk membangun pendidikan ke arah yang diinginkan suatu bangsa, dan tentunya kita tidak ingin mencetak generasi penerus hanya berdasarkan nilai-nilai yang dihasilkan. Nilai ini hanya mengukur hasil prestasi belajar dan tidak dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan karena kualitas pengajaran adalah indikator utama. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan kita, kita perlu membangun fondasi pendidikan yang kokoh.

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional

Keberlanjutan satu bangsa Indonesia secara tidak langsung menjadi tanggung jawab generasi penerus dengan tingkat pendidikan yang berbeda, dari SD hingga perguruan tinggi, karena mewarisi pembangunan negara yang pesat. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan di semua sektor dan komponen secara bersamaan dan dilakukan oleh berbagai aktor yang berperan dalam dunia pendidikan.

Namun, mengingat kapasitas pemerintah, dll., meningkatkan kualitas pendidikan pada saat yang sama tampaknya sulit jika tidak dilakukan selangkah demi selangkah dengan mempertimbangkan skala prioritas. Misalnya, fokus pada tingkat pendidikan dasar.

Mengembangkan sumber daya manusia yang intelektual

Pendidikan dasar, khususnya pendidikan anak usia dini, menempati posisi strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia tanpa mengurangi arti dan pentingnya jalur ke jenjang pendidikan lainnya. Disebut demikian karena sejak dini meletakkan landasan atau dasar bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Tentunya pendidikan yang berkualitas memberikan landasan yang kokoh bagi jenjang pendidikan selanjutnya, baik menengah maupun tinggi.

Baca Juga :   Pengertian Landasan Pendidikan

Secara khusus, peran pendidikan dasar dirumuskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, budi pekerti, budi pekerti yang luhur, kemampuan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Oleh karena itu, anak harus memperoleh berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang cukup memadai untuk memungkinkan mereka hidup bermartabat dalam masyarakat.

Pengetahuan, keterampilan dan sikap tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan belajar yang bermakna dan kegiatan lainnya, seperti kegiatan mandiri khususnya kegiatan membaca yang dilakukan secara terus menerus.

Fondasi pendidikan memberikan panduan konkret

Pertama, kita harus mengetahui infrastruktur pendidikan yang dianut oleh negara dan memiliki kesamaan pendapat tentang arti infrastruktur pendidikan. Dasar pendidikan adalah norma dasar wajib belajar. Artinya mengikat dan mewajibkan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan untuk setia melaksanakan dan mengembangkan di atas landasan pendidikan yang dianut.

itulah pembahasan mengenai Pentingnya Landasan Pendidikan untuk dipelajari, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.