Pengertian, Tujuan dan Peranan Politik
Pengertian, Tujuan dan Peranan Politik

Pengertian, Tujuan dan Peranan Politik

Anams.id – Sistem politik suatu negara bisa bersifat relatif, dan hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang membentuk sistem tersebut. Juga, faktor sejarah dalam politik negara. Pengaruh sistem politik negara lain juga turut andil dalam membentuk sistem politik negara tersebut. Seperti halnya sistem politik Indonesia, sistem politik Indonesia terus mengalami perubahan.

Indonesia merupakan bagian dari sistem politik dunia, dan sistem politik Indonesia tidak hanya mempengaruhi sistem politik negara tetangga, tetapi juga dalam jangkauan yang lebih luas. Struktur kelembagaan khas Indonesia terus berinteraksi dan saling mempengaruhi secara dinamis untuk menciptakan sistem politik yang unik yang dimiliki Indonesia. Namun, kekhasan sistem politik Indonesia tidak dapat dikatakan unggul jika kemampuan positif struktural dan fungsinya tidak diperhitungkan oleh sistem politik negara lain.

Salah satu syarat utama dalam memahami bagaimana sistem politik Indonesia bekerja adalah melibatkan lembaga nasional dan internasional untuk wawasan. Artinya, pertama-tama kita harus memahami lingkungan internal dan eksternal sebagai batas-batas sistem politik Indonesia.

Pengertian Politik

Politik adalah proses pembentukan dan pendistribusian kekuasaan dalam masyarakat, terutama dalam bentuk proses pengambilan keputusan di negara. Pemahaman ini merupakan upaya untuk menggabungkan berbagai definisi yang berbeda tentang hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk memperoleh kekuasaan, baik konstitusional maupun non-konstitusional. Selain itu, politik juga dapat dilihat dari berbagai perspektif.

  • Politik adalah upaya yang dilakukan oleh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles).
  • Politik adalah tentang menjalankan pemerintahan dan negara.
  • Politik adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat.

Dalam konteks memahami politik, kita perlu memahami beberapa kunci, seperti kekuatan politik, legitimasi, institusi politik, aksi politik, partisipasi politik, proses politik, dan mengetahui partai politik di dalam dan di luar sama pentingnya. .

Baca Juga :   Pengaruh Budaya Asing di Indonesia

tujuan politik

Berikut adalah beberapa tujuan politik, yang terdiri dari:

  • Eksistensi politik bertujuan untuk memperoleh, mengelola, dan menerapkan kekuasaan yang ada dalam masyarakat dan pemerintahan menurut norma hukum.
  • Kedua, keberadaan politik dapat menciptakan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintahan yang demokratis.
  • Kehadiran politik dapat membantu melaksanakan kekuasaan pemerintahan dan masyarakat yang mengacu pada prinsip persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Politik bertujuan untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.
  • Melindungi hak-hak seluruh warga negara Indonesia dan menjamin terpenuhinya kewajiban-kewajiban kewarganegaraannya.
  • memelihara keamanan dan perdamaian nasional;
  • Menjaga kehidupan sosial yang seimbang untuk kemajuan bangsa.

Peranan Politik

Berikut ini adalah beberapa peran politik dan terdiri dari:

Fungsi perumusan minat

Ini adalah fungsi yang secara kolektif mengekspresikan tuntutan politik negara. Individu atau kelompok dalam masyarakat harus memutuskan apa kepentingan mereka atau apa yang ingin mereka dapatkan dari negara/politik. Fungsi ini terutama harus dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau kelompok kepentingan.

fungsi pemaduan kepentingan

Fungsinya untuk mengintegrasikan tuntutan politik dari berbagai partai politik di tanah air dan mewujudkannya dalam berbagai alternatif kebijakan. Partai politik paling bertanggung jawab untuk mengkonsolidasikan kepentingan. Namun proses konsolidasi kepentingan juga terjadi di lembaga legislatif dan eksekutif.

Fungsi pembuatan kebijakan yang komprehensif

Merupakan fungsi yang mempertimbangkan berbagai alternatif kebijakan yang diajukan oleh partai politik dan partai lain dan memilih salah satunya sebagai kebijakan pemerintah. Pelaku fungsi ini adalah badan legislatif dan eksekutif (legislasi) atau badan eksekutif itu sendiri (membuat peraturan pemerintah).

Fungsi implementasi kebijakan

Merupakan fungsi yang menjalankan berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang. Para pelaksana kebijakan pemerintah adalah birokrasi pemerintah di bawah pimpinan pejabat eksekutif.

Baca Juga :   Pengertian Badan Hukum

Berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan kebijakan

Itulah fungsi mengadili para pelanggar hukum. Pelaku dari peran mengadili adalah lembaga peradilan yaitu Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya di lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara, dan Mahkamah Konstitusi.

Itulah Pembahasan mengenai Pengertian, Tujuan dan Peranan Politik, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.