Pengertian Potensi Diri Adalah
Pengertian Potensi Diri Adalah

Pengertian Potensi Diri Adalah

anams.id – Potensi berasal dari bahasa Inggris to potent yang maksudnya keras, ataupun kokoh. Sebutan lain kemampuan bisa diucap keahlian, kekuatan, kesanggupan, ataupun energi, baik telah terwujud ataupun belum terwujud, namun belum maksimal.

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa selaku makhluk sangat sempurna di antara makhluk makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Manusia dianugerahi cipta, rasa, serta karsa. Ketiga perihal tersebut yang diucap kemampuan bawah.

Dengan energi cipta, manusia sanggup menghasilkan suatu yang berguna untuk kehidupan diri sendiri ataupun dimanfaatkan oleh orang lain. Lewat perasaan, manusia sanggup merasakan ataupun membedakan mana yang baik ataupun mana yang kurang baik. sebaliknya dengan karsa, manusia memiliki keinginan buat melaksanakan suatu ataupun tidak melaksanakan suatu.

Macam- Macam Potensi Diri

Potensi sendiri menyangkut keahlian bawah inteligensi, logika, serta perilaku kerja. Meski demikian, tidak terdapat manusia sempurna yang mempunyai kelebihan dalam seluruh perihal dibanding orang lain. Disinilah kita menguasai gimana peran manusia selaku makhluk sosial, ialah makhluk yang tidak bisa jadi penuhi seluruh kebutuhan hidupnya tanpa dorongan ataupun pertolongan orang lain.

Secara universal, Budiyanto( 2006: 3) mengatakan kalau kemampuan diri tiap manusia terdiri atas:

  • Potensi Berfikir

Manusia mempunyai kemampuan berfikir. Kerap kali Allah menyuruh manusia buat berfikir, hingga berfikir. Logikanya orang cuma disuruh berfikir sebab dia mempunyai kemampuan berfikir. Hingga bisa dikatakan kalau tiap manusia mempunyai kemampuan buat belajar informasi- informasi baru, menghubungkan bermacam data, dan menciptakan pemikiran baru.

  • Potensi Emosi

Kemampuan yang lain yakni kemampuan dalam bidang afeksi/ emosi. Tiap manusia mempunyai kemampuan cita rasa, yang dengannya manusia bisa menguasai orang lain, menguasai suara alam, mau menyayangi serta dicintai, mencermati serta dicermati, menghargai serta dihargai, cenderung kepada keelokan.

  • Potensi Fisik

Kemampuan Raga( Psychomotoric) merupakan kemampuan raga manusia yang bisa diberdayakan cocok gunanya buat bermacam kepentingan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Misalnya mata buat memandang, kaki buat berjalan, kuping buat mendengar serta lain- lain.

  • Potensi Sosial

Kemampuan Sosial Emosional( Emotional Quotient) merupakan kemampuan kecerdasan yang terdapat pada otak manusia( paling utama otak sebelah kanan). Gunanya antara lain buat mengatur amarah, bertanggungjawab, motivasi serta pemahaman diri.

  • Potensi Mental Intelektual( Intellectual Quotient)

Kemampuan Mental Intelektual( Intellectual Quotient) merupakan kemampuan kecerdasan yang terdapat pada otak manusia( paling utama otak sebelah kiri). Guna kemampuan tersebut merupakan buat merancang suatu, menghitung serta menganalisis.

  • Potensi Mental Spiritual( Spiritual Quotient)
Baca Juga :   Pengertian Diferensiasi Sosial adalah

Kemampuan Mental Spiritual( Spiritual Quotient) merupakan kemampuan kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan jiwa sadar ataupun kearifan di luar ego. Secara universal Spiritual Quotient ialah kecerdasan yang berhubungan dengan keimanan serta akhlak mulia.

  • Potensi Energi Juang( Adversity Quotient)

Kemampuan Energi Juang( Adversity Quotient) merupakan kemampuan kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan serta energi juang besar. Lewat kemampuan ini, seorang sanggup mengganti rintangan serta tantangan jadi kesempatan.

  • Ciri-Ciri Potensi Diri

Karakteristik orang yang menguasai kemampuan dirinya dapat diukur ataupun dilihat dalam perilaku serta perilakunya tiap hari dalam kehidupan keluarga, sekolah serta warga. Bagi La Rose“ Sugiharso dkk, 2009: 126- 127” mengatakan kalau orang yang berpotensi mempunyai identitas:

  • Suka belajar serta ingin memandang kekurangan dirinya.
  • Mempunyai perilaku yang luwes.
  • Berani melaksanakan pergantian secara total buat revisi.
  • Tidak ingin menyalahkan orang lain ataupun kondisi.
  • Mempunyai perilaku yang tulus bukan kelicikan.
  • Mempunyai rasa tanggung jawab.
  • Menerima kiritik anjuran dari luar.
  • Berjiwa optimis serta tidak gampang putus asa.

Sifat Potensi Diri

Berikut ini ada sebagian watak kemampuan diri, terdiri atas:

A. Kemampuan Positif

Terdiri atas:

  1. Mempunyai Idealisme
  2. Dinamis serta Kreatif
  3. Keberanian Mengambil Resiko
  4. Optimis serta Kegairahan Semangat
  5. Kemandirian serta Disiplin Murni
  6. Raga yang Kokoh serta Sehat
  7. Perilaku Ksatria
  8. Terampil dalam Mempraktikkan IPTEK
  9. Kompetitif
  10. Energi Pikir yang Kuat
  11. Mempunyai Bakat

B. Kemampuan Negatif

Terdiri atas:

  1. Gampang Diadu Domba
  2. Kurang Berhati- hati
  3. Emosional
  4. Kurang Yakin Diri
  5. Kurang Mempunyai Motivasi

Mengidentifikasi Kemampuan Diri

Pada dasarnya tiap manusia mempunyai kemampuan diri tiap- tiap. Tetapi yang jadi kasus yakni kita tidak mengenali kemampuan diri kita sendiri. Kemampuan diri berfungsi besar dalam memastikan kesuksesan hidup apabila kita mengenali serta mengasahnya.

Berikut merupakan sebagian langkah ataupun metode buat mengidentifikasi kemampuan diri:

  • Bidang apa saja yang kita senangi.

Suatu yang penuh gairah serta semangat kita jalani. Tanpa wajib dimohon ataupun disuruh. Kamu hendak melaksanakannya secara sukarela tanpa dibayar, apalagi kamu ingin menghasilkan duit buat apa yang kamu jalani. Inilah yang diucap dengan hobi. Seorang yang memiliki hobi tertentu hendak melaksanakannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tumbuhan, ia giat menyiram serta menjaga tumbuhan tiap hari. Ia rela menghasilkan duit berapapun buat membeli tumbuhan, pupuk, alat- alat serta semacamnya. Hobi dapat bawa kebahagiaan serta pula pemasukan. If we do what we love, then money will follow.

  • Bertanya kepada orang terdekat.
Baca Juga :   Pengertian Norma Adalah

Orang yang sangat ketahui diri kamu merupakan orang terdekat. Dapat orang tua, kakak- adik, kerabat, keluarga, ataupun sahabat. Merekalah yang ketahui tentang diri kamu dari kecil hingga berusia. Jadi mereka ketahui apa kemampuan diri kamu. Terkadang kita tidak menyadari kemampuan yang kita miliki, butuh orang lain buat menolong menyadarkan.

  • Berupaya hal- hal baru.

Begitu banyak yang dapat kita jalani di dunia ini. Pengetahuan, pergaulan serta keberanian yang terbataslah yang membatasi kita buat melaksanakannya. Kita dapat berupaya hal- hal baru yang belum sempat kita jalani. Pasti saja yang kita jalani tidak boleh melanggar hukum yah. Dengan berupaya banyak perihal, bisa jadi kita hendak menciptakan kemampuan diri yang sepanjang ini tersembunyi.

  • Banyak membaca, memandang serta merasakan.

Dengan begitu hendak banyak data serta pengetahuan yang meningkat. Teks serta tontonan yang kita gemari itu dapat jadi merupakan suatu kemampuan. Bila kamu suka membaca pertumbuhan dunia pc, internet serta semacamnya. Kamu dapat jadi ahlinya, asalkan terus tidak berubah- ubah buat menaikkan pengetahuan.

  • Kenali diri sendiri

Coba buat catatan persoalan, semacam: apa yang membuat kamu senang; apa yang kamu mau dalam hidup ini; apa kelebihan serta kekuatan kamu; serta apa saja kelemahan kamu. Setelah itu jawablah persoalan ini secara jujur serta objektif. Mintalah dorongan keluarga ataupun teman buat memperhitungkan kelemahan serta kekuatan kamu.

Meningkatkan Kemampuan Diri

Saat sebelum seseorang melaksanakan pengembangan diri dalam rangka memakai serta mengoptimalisasi segala kemampuannya buat menggapai kinerja yang unggul, terdapat sebagian metode buat mengenali, memperhitungkan ataupun mengukur dengan akurat bermacam kelebihan serta kelemahannya selaku berikut:

  • Introspeksi Diri“ Pengukuran Individual”

Dalam metode ini, orang mengosongkan waktu buat mengevaluasi apa yang sudah dikerjakannya, apa yang sudah dia capai serta apa yang dia miliki selaku sesuatu kelebihan yang bisa menunjang serta apa yang dia miliki selaku sesuatu kekurangan yang membatasi tercapainya prestasi besar. Metode ini efisien apabila orang berlagak jujur, terbuka pada dirinya sendiri, ingin dengan serius mencermati kata hati.

  • Feedback Dari Orang Lain

Dalam kegiatan ini seorang memohon masukan berbentuk data ataupun informasi evaluasi tentang dirinya dari orang lain. Masukan berbentuk umpan balik“ feedback” ini meliputi seluruh suatu tentang perilaku serta perlikau seorang yang nampak, dipersepsi oleh orang lain yang berjumpa, berhubungan dengannya. Metode lain bertujuan buat menolong seorang membetulkan.

  • Uji Psikologi
Baca Juga :   Pengertian Dukungan Sosial Adalah

Uji Psikologi yang mengukur kemampuan psikologis orang bisa berikan cerminan kekuatan serta kelemahan orang pada bermacam aspek psikologis semacam kecerdasan ataupun keahlian intelektual“ keahlian analisa, logika berpikir, berpikir kreatif, berpikir numerikal”, kemampuan kerja“ vitalitas, sumber tenaga kerja, motivasi, ketahanan terhadap stress kerja”, keahlian sosiabilitas“ stabilitas emsoi, kepekaan perasaan, keahlian membina kedekatan sosial” serta kemampuan kepemimpinan tingkah laku.

Contoh Kemampuan Diri

Berikut ini ada sebagian contoh kemampuan diri, terdiri atas:

Contoh 1: Wajah tampan, berbodi atletis& kekar

Indra Brugman mempunyai kemampuan diri raga berbentuk badan yang sehat, kokoh& perkasa. Berbodi atletis, dia mempunyai besar tubuh yang mencukupi warna kulit& warna rambut yang mirip orang bule. Mukanya tampan. Dia memandang kemampuan dirinya dibesarkan jadi gambar model ingin juga peragawan.

Sukses jadi gambar model& peragawan, Indra Brugman meningkatkan kemampuan dirinya jadi pemain sinetron. Kemampuan diri, bakat& kemampuannya ini dia menciptakan duit dalam hidupnya.

Contoh 2: Suara indah nada tinggi

Once mempunyai kemampuan diri raga berbentuk bakat menyanyi nada suara besar. Memandang kemampuan yang terdapat dalam dirinya, Once berlatih& mengexpresikannya dalam group band Dewa selaku vokalis. Berbekal kemampuan menyanyi, latihan& kerja dikala ini Once jadi penyanyi yang berhasil financial/ popularitas di golongan anak muda.

Contoh 3: Keahlian berajojing menyanyikan lagu rock

Albert Afi Yunior anak mempunyai kemampuan diri fisik, wajah kulit gelap manis& rambut ikal. Pandai berajojing menyanyikan lagu rock kemampuan yang dia miliki. Memandang kemampuan dirinya, Albert berupaya menjajaki test pilih AFI Yunior yang diadakan Indosiar. Dia lulus pilih AFI Yunior Sehabis itu dia memperoleh tawaran rekaman. Albert meningkatkan kemampuan dirinya buat prestasi.

Contoh 4: Keahlian otot, tangan, kaki& leher buat bertinju

Mike Tyson mempunyai kemampuan raga badan yang gelap& kokoh. Dari pada jadi gangster Mike Tyson memutuskan jadi petinju. Kemampuan diri yang dia miliki dia kembangkan dengan disiplin yang besar Hasilnya luar biasa, dia dijuluki sang leher beton kemampuannya yang luar biasa Kemampuannya bertinju Mike Tyson jadi petinju professional& jutawan.

Contoh 5: Tangan& Energi badan yang kokoh bermain tenis

Martina Martha Tilofa raga mempunyai bentuk badan badan yang atletis, bakat bertenis Dia meningkatkan& tingkatkan kemampuan diri fisiknya mengadakan latihan tenis professional& luar biasa disiplin. Hasilnya dia sukses jadi petenis bertaraf dunia yang susah dikalahkan. Keprofesionalannya dalam tenis, Martina Martha Tilofa jadi milyader.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.