Pengertian Optik

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian Optik”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian Optik” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Pengertian Optik” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pengertian Optik

Alat optik adalah alat yang bekerja berdasarkan prinsip cahaya. Alat optik membuat hidup manusia lebih mudah dan lebih bermanfaat. Anda dapat menikmati keindahan alam semesta, mengabadikan momen terindah di kertas foto, atau bahkan membuat rambut di kepala Anda terlihat seukuran lengan.

Optik adalah cabang fisika yang menjelaskan perilaku dan sifat cahaya serta interaksi cahaya dengan materi. Optik dijelaskan dan dicirikan oleh fenomena optik. Kata optik berasal dari bahasa latin yang berarti tampilan. Bidang optik biasanya menggambarkan sifat-sifat cahaya tampak, inframerah dan ultraviolet, tetapi karena cahaya adalah gelombang elektromagnetik, fenomena yang sama juga terjadi dalam bentuk sinar-X, gelombang mikro, gelombang radio, dll. Gejala radiasi elektromagnetik dan seperti juga pada partikel muatan muatan (charged beam). Optik umumnya dapat dianggap sebagai bagian dari elektromagnetisme. Beberapa fenomena optik bergantung pada sifat kuantum cahaya yang terkait dengan berbagai bidang optik kuantum dengan mekanika. Dalam praktiknya, sebagian besar fenomena optik dapat dihitung menggunakan sifat-sifat cahaya elektromagnetik, seperti yang ditunjukkan oleh persamaan Maxwell.

Bidang optik memiliki identitas, masyarakat dan konferensi. Aspek bidang ini sering disebut ilmu optik atau fisika optik. Optik terapan sering disebut rekayasa optik. Penerapan rekayasa fotovoltaik yang secara khusus berkaitan dengan sistem penerangan (pencahayaan) disebut rekayasa penerangan. Setiap disiplin cenderung sedikit berbeda dalam penerapannya, keterampilan teknis, fokus, dan afiliasi profesionalnya. Inovasi terbaru dalam rekayasa optik sering dikategorikan sebagai fotonik atau optoelektronika. Batas antara bidang ini dan “optik” kabur, dan istilah yang digunakan bervariasi di berbagai belahan dunia dan di berbagai bidang industri.

Karena penerapan luas ilmu “ringan” untuk aplikasi dunia nyata, ilmu optik dan teknik fotonik cenderung sangat interdisipliner. Ilmu optik adalah bagian dari berbagai disiplin ilmu terkait termasuk teknik elektro, fisika, psikologi, kedokteran (khususnya oftalmologi dan optometri) dan lain-lain. Selain itu, perilaku optik yang paling lengkap, seperti yang dijelaskan dalam fisika, tidak selalu rumit untuk sebagian besar masalah, sehingga model sederhana dapat digunakan. Model sederhana ini cukup untuk menjelaskan sebagian besar perilaku fenomena optik dan mengabaikan sistem terkait dan/atau belum ditemukan.

Baca Juga :   Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan

Di ruang bebas dengan kecepatan gelombang berjalan c = 3 x 10^8 m/s. Ketika memasuki medium tertentu (dielektrik atau non-konduktor), gelombang memiliki kecepatan v, yang merupakan karakteristik materi dan lebih kecil dari kecepatan cahaya (c). Perbandingan cepat rambat cahaya dalam ruang hampa dengan cepat rambat cahaya dalam medium adalah indeks bias zat n sebagai: n = c / v

Itulah pembahasan terkait artikel Pengertian Optik. Semoga bermanfaat***