Pengertian Norma Sosial
Pengertian Norma Sosial

Pengertian Norma Sosial

Anams.id – Norma sosial adalah kebiasaan masyarakat yang menjadi tolak ukur perilaku dalam kelompok penduduk dan batas wilayah tertentu. Norma berkembang menjadi konsisten dengan konsensus sosial masyarakat, sering disebut aturan sosial. Norma adalah tentang perilaku yang cocok untuk diterapkan dalam melakukan interaksi sosial.

Norma sosial adalah seperangkat aturan yang digunakan oleh suatu masyarakat sebagai pedoman tingkah laku, perasaan, pikiran, tingkah laku dan sebagai standar tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Norma-norma sosial dapat berjalan dengan baik jika dilembagakan dalam masyarakat dan disertai dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Naif
  • Ditemukan ditemukan
  • berharga
  • dipatuhi dan dilaksanakan

Adanya norma dalam masyarakat memaksa individu/kelompok untuk bertindak menurut aturan sosial yang telah terbentuk. Pada dasarnya, norma-norma diatur sedemikian rupa sehingga hubungan-hubungan orang-orang dalam masyarakat berfungsi dengan tertib sesuai dengan tuntutannya.

Norma adalah entitas sosial yang diciptakan secara artifisial. Pertama-tama, inilah aturannya. terbentuk sembarangan. Seiring waktu, norma-norma ini terstruktur atau dibentuk dengan cara yang dapat dimengerti. Norma sosial berisi aturan, peraturan, dan pedoman tentang standar perilaku yang pantas atau wajar.

Fungsi norma sosial

Norma memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Fitur dari kode-kode ini meliputi:

  • Mengatur perilaku masyarakat sesuai dengan nilai-nilai populer
  • menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat
  • Membantu mencapai tujuan bersama
  • memberikan dasar untuk memberikan sanksi kepada mereka yang melanggar norma;

Ciri-ciri norma sosial

norma sosial pada dasarnya tidak tertulis

Dalam masyarakat, norma-norma sosial yang tidak tertulis hanya dimaksudkan untuk diingat, diserap, dan dilaksanakan dalam interaksi antar anggota kelompok kolektif.

hasil kesepakatan bersama

Norma sosial adalah aturan sosial yang berfungsi untuk mendikte perilaku seluruh anggota masyarakat. Norma sosial dibentuk dan disepakati oleh semua anggota masyarakat.

Baca Juga :   Integrasi sosial

dapatkan perubahan

Sebagai aturan yang lahir dari proses interaksi sosial dalam masyarakat, arquetipo berubah sesuai dengan arah keinginan dan kebutuhan anggota masyarakat itu sendiri.

diikuti bersama

Norma sosial juga berdaulat sebagai seperangkat aturan sosial untuk mengarahkan dan membimbing perilaku anggota masyarakat untuk keinginan bersama mereka. Bersama-sama, norma-norma itu didukung dan dipatuhi. Pelanggar norma mendapatkan saksi: Mandat sosial memaksa individu untuk bertindak menurut kehendak bersama. Hingga pelanggaran tersebut diberi sanksi dengan tindakan atau arquetipo yang mengikat.

tingkat norma sosial

Cara menggunakan (cara menggunakan)

Metode adalah suatu bentuk tindakan tertentu yang dilakukan oleh seorang individu dalam suatu masyarakat, tetapi tidak terus menerus. Contoh: Cara makan yang baik dan benar saat tidak ada suara binatang.

adat (rakyat)

Kebiasaan adalah ukuran perilaku berulang dengan motivasi yang sama yang dilakukan secara sadar dan memiliki tujuan yang jelas yang dianggap baik dan benar. Misalnya: Memberikan hadiah kepada seseorang yang memiliki aktivitas atau status yang baik, mengenakan pakaian yang bagus di sebuah pesta.

kode etik (mores)

Kode etik adalah kumpulan perilaku yang mencerminkan karakteristik kehidupan sekelompok orang dan dilakukan untuk melakukan pengawasan oleh anggotanya. Kode Etik memiliki unsur-unsur yang menegakkan dan melarang tindakan. Contoh: Melarang pembunuhan, pemerkosaan, dan pernikahan kakak-adik.

bea cukai (adat)

Sebuah kebiasaan adalah kumpulan kode etik, abadi, dan sangat terintegrasi dengan orang-orang yang memilikinya sehingga menempati posisi tertinggi.

Itulah pembahasan mengenai pengertian norma sosial, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.