Pengertian, Jenis dan Makna Ideologi

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian, Jenis dan Makna Ideologi”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian, Jenis dan Makna Ideologi” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Pengertian, Jenis dan Makna Ideologi” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pengertian Ideologi

Edios, yang berarti cita-cita, dan Logos, yang berarti pengetahuan atau pemahaman, adalah akar kata Yunani dari kata ideologi. Ketika dibawa ke definisi yang paling dasar, ideologi adalah pandangan dunia yang mencakup semua yang mendikte secara tidak fleksibel kepada para penganutnya bagaimana mereka harus menjalani hidup mereka dan bagaimana mereka harus memandang dunia. Ideologi, dalam arti luasnya, mengacu pada seperangkat prinsip panduan, prinsip-prinsip yang harus dipatuhi secara universal.

 Apa yang Para Ahli Katakan

Beginilah cara para spesialis mendefinisikan ideologi.

Inisial “W. White”

seperangkat keyakinan dan dogma politik kelas sosial atau subkultur yang dapat diidentifikasi.

Dr. Harold H. Titus

Filsafat sosial adalah “frasa yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan ide mengenai berbagai bentuk input politik dan ekonomi, dan implementasi sistematis dari ide-ide tersebut pada tingkat kelompok atau lapisan masyarakat.”

Jenis Ideologi

Orientasi ideologis datang dalam berbagai rasa. Ideologi semacam ini secara umum dapat dipecah menjadi empat kategori.

Mereka yang Mengikuti Ide Konservatif

Itulah filosofi yang menjaga segala sesuatunya apa adanya (status quo) tetapi juga menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru. Kemungkinan perubahan dalam terminologi ilmiah.

Kontra Ideologi

Secara khusus, menerima kelainan sosial yang sudah ada sebelumnya sebagai yang diinginkan dan dapat diterima. Ideologi ini selalu bertentangan dengan yang lazim.

Ideologi Reformis

sebagai ideologi yang berusaha mengubah kondisi yang ada. Pandangan dunia ini mendukung langkah kemajuan yang terukur.

Ideologi Revolusioner

Itulah jenis ideologi radikal yang ingin menjungkirbalikkan kompas moral semua orang.

Ideologi dapat mengalami metamorfosis sepanjang waktu. Untuk memberikan satu contoh saja, ideologi komunis cenderung revolusioner ketika tidak berkuasa tetapi berubah menjadi negara konservatif begitu menjadi. Sepanjang sejarahnya, doktrin Pancasila bersifat reformis dan revolusioner.

Makna Ideologi bagi Bangsa Kita

Nilai-nilai budaya bangsa Indonesia secara keseluruhan, termasuk cara berpikir dan pendekatan mereka terhadap konflik, diabadikan dalam Pancasila sebagai falsafah resmi bangsa. Pancasila harus dilihat dalam konteks perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang panjang dan berat. Pancasila sebagai dasar negara harus diperhatikan dalam proklamasi konstitusi atau hukum dasar dari keberadaan negara, negara, dan masyarakat, sebagaimana tercantum dalam pembukaan, tubuh, dan penjelasan UUD 1945.

Baca Juga :   Pancasila Sebagai Norma Negara

Pancasila adalah ideologi integralis karena didasarkan pada gagasan kehidupan bernegara sebagai cara memahami negara. Ketika mengkontraskan konsep-konsep Pancasila dengan konsep-konsep filosof negara lainnya, Supomo menempatkannya dalam kerangka negara integralistik.

Artinya, Pancasila adalah integralis karena

  • Kekuatan keluarga terletak pada kesatuannya.
  • Ada komitmen bersama untuk menjunjung tinggi etika kejujuran dan transparansi (gotong royong), serta suasana umum yang saling mendukung.
  • Diskusi dan kompromi diberikan prioritas utama untuk mencapai kesepakatan.

Itulah pembahasan terkait Pengertian, Jenis dan Makna Ideologi. semoga bermanfaat***