Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka
Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka

Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik.

Definisi Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia yang menentukan tujuan dan norma politik dan sosial, yang tidak bisa lagi dipertanyakan, tetapi diterima sebagai dibuat dan diperintahkan sebagai kebenaran yang harus diikuti.

Ideologi tertutup dapat diartikan sebagai ideologi absolut. Ideologi tertutup, yang kebenarannya tidak dibantah oleh nilai atau prinsip moral lain.

Ideologi tertutup memiliki sifat dogmatis dan apriori. Makna dogmatisnya adalah percaya pada ketidakberdayaan yang sebenarnya. Meskipun makna apriori harus dicegah sebelum situasi. Ideologi tertutup menggunakan paksaan dalam pelaksanaannya, diikuti oleh komunitas yang dikoordinir oleh masyarakat elit dan kelompok masyarakat. Artinya otoriter, dikelola secara totaliter.

Ciri-ciri ideologi tertutup

Ideologi tertutup adalah ideologi absolut dan ideologi ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bukan cita-cita hidup dalam masyarakat, tetapi cita-cita kelompok yang menjadi landasan bagi perubahan masyarakat.
Jika suatu kelompok dapat mengendalikan suatu negara, ideologinya dikenakan pada masyarakat. Ideologi ini mengubah nilai, norma, dan banyak aspek masyarakat.

Totalitarianisme dalam arti menutupi/mengurus semua bidang kehidupan. Oleh karena itu, ideologi tertutup ini cenderung cepat mendominasi bidang informasi dan pendidikan. Hal ini karena kedua bidang tersebut merupakan sarana yang efektif untuk mempengaruhi perilaku masyarakat.
Pluralisme pendapat dan budaya dihapuskan dan hak asasi manusia tidak dihormati.
Ini membutuhkan orang yang sepenuhnya setia dan rela berkorban untuk sebuah ideologi.
Isi ideologis tidak hanya nilai dan cita-cita, tetapi juga kebutuhan konkret dan operasional yang keras, mutlak dan lengkap.
Perbedaan antara ideologi terbuka dan tertutup

Baca Juga :   Dampak korupsi

Sebelum menjelaskan perbedaan antara kedua ideologi, mari kita definisikan apa yang kita sebut

Perbedaan ideologi terbuka dan tertutup.

Ideologi terbuka bersifat inklusif, tidak totaliter, dan tidak dapat digunakan untuk membenarkan kekuatan sekelompok orang. Ideologi terbuka hanya ada dalam sistem pemerintahan yang demokratis. Ideologi terbuka adalah ideologi yang hanya memuat indikasi dasar, tetapi terjemahannya ke dalam tujuan dan norma sosial politik selalu dipertanyakan dan dapat disesuaikan dengan nilai dan prinsip moral yang berkembang di masyarakat. . Tujuan operasional yang ingin dicapai tidak dapat ditentukan secara apriori, tetapi harus disepakati secara demokratis.

Ideologi tertutup adalah ajaran, pandangan dunia atau filosofi yang menentukan tujuan dan norma politik dan sosial, dinyatakan sebagai kebenaran yang tidak dapat lagi dipertanyakan tetapi harus diikuti. Kebenaran ideologis yang lebih dekat tidak boleh dipertentangkan atas dasar nilai atau prinsip moral lainnya.

Ideologi tertutup adalah cara dogmatis, apriori, dogmatis untuk mempercayai suatu situasi tanpa adanya data yang valid, dan apriori itu adalah prasangka terhadap situasi tersebut. Ideologi tertutup diterapkan dan dipaksakan oleh masyarakat yang diperintah oleh masyarakat elit atau kelompok masyarakat tertentu. Jadi bersifat otoriter dan dilaksanakan secara total. Totalitarianisme berarti mencakup semua aspek kehidupan.

Dari kedua makna ideologis tersebut, dalam arti sistem ini demokratis dan terbuka, ideologi terbuka bersifat inklusif daripada totaliter dan tidak dapat digunakan untuk melegitimasi kekuasaan kelompok masyarakat. Otoritarian (di mana negara bertindak sebagai penguasa) dan totaliter, atau totaliter, berarti bahwa pemerintah yang memegang kekuasaan itu memiliki hak mutlak untuk mengatur semua aspek yang ada.

itulah pembahasan mengenai Pengertian Ideologi Tertutup dan Perbedaannya dengan Ideologi Terbuka, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.