Pengertian Ideologi
Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian Ideologi”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian Ideologi” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Pengertian Ideologi” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pengertian Ideologi

Ideologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani: eidos, yang berarti cita-cita, dan logos, yang dapat berarti kebijaksanaan atau pengetahuan dan pemahaman. Bersama-sama, kata-kata ini membentuk kata ideologi. Ideologi dapat dipahami dalam arti luas atau dalam arti dasar sebagai pandangan lengkap tentang tujuan hidup dan nilai-nilai yang akan menentukan dengan tepat bagaimana orang harus hidup dan bertindak. Definisi ideologi ini sempit atau sederhana. Sementara ideologi dapat digunakan dalam arti luas untuk merujuk pada semua prinsip, nilai-nilai fundamental, dan ide-ide yang harus dipertahankan sebagai norma normatif, istilah ini paling sering digunakan dalam pengertian yang lebih sempit.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Berikut Ini Merupakan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli.

  • W. White

soal cita-cita politik atau doktrin atau ajaran suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan”.

  • Harold H. Titus

Suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masukan politik dan ekonomi filsafat social yang sering dilaksanakan bagi suatu rencana yang sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat”.

Ideologi dalam Berbagai Bentuknya

Ada berbagai macam filosofi atau ideologi. Secara umum kategori ideologi ini dapat dipecah menjadi empat subkategori, yaitu sebagai berikut (BP-7, 1991:384):

Ideologi Konservatif

Setidaknya secara umum, inilah filosofi yang membantu menjaga segala sesuatunya sebagaimana adanya (status quo), meskipun faktanya hal itu menciptakan peluang baru. Kemungkinan perubahan pada bahasa yang digunakan dalam terminologi teknis

Baca Juga :   Pancasila sebagai Paradigma Reformasi dalam Gerakan Reformasi

Ideologi Oposisi

Secara khusus, penerimaan penyimpangan sosial yang sudah terjadi sebagai hal yang dapat diterima dan terpuji. Keanekaragaman ideologi tertentu ini selalu bertentangan dengan ideologi yang lazim.

Ideologi Reformis

adalah bentuk ideologi yang memiliki tujuan untuk mengubah keadaan saat ini. Pandangan dunia ini lebih menyukai membuat perubahan dalam langkah-langkah kecil daripada sekaligus.

Ideologi Gerakan Revolusi

Itu adalah ideologi dengan tujuan mengubah secara radikal seluruh sistem nilai masyarakat atau keduanya.

Ideologi dapat mengalami pergeseran karakter fundamentalnya sepanjang hidup. Sebagai gambaran, negara seringkali revolusioner ketika ideologi Komunis tidak berkuasa, tetapi berubah menjadi negara konservatif ketika berkuasa. Perkembangan Pancasila sebagai ideologi telah memasukkan unsur-unsur revolusioner dan reformis di sepanjang jalan.

Itulah pembahasan terkait Pengertian Ideologi. semoga bermanfaat***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *