Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Fungsi Wawasan Nusantara

Dalam hal keamanan, pertahanan, dan kewilayahan, wawasan nusantara berfungsi sebagai pengertian ketahanan nasional bagi negara Indonesia.

Wawasan Nusantara berfungsi untuk tujuan wawasan pembangunan, yang meliputi segi-segi kemajuan seperti kesatuan politik, kesatuan sosial, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Perspektif geopolitik Indonesia yang memandang nusantara sebagai satu kesatuan yang mencakup keseluruhan negara-bangsa dan wilayah, memberikan konteks penting untuk memahami pendekatan negara terhadap pertahanan dan keamanan nasional.

Pemahaman tentang bagaimana kepulauan bertindak sebagai wilayah membantu menghindari konflik dengan negara lain.

Tujuan Wawasan Nusantara

Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa “untuk melindungi segenap bangsa dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial” sebagai tujuan nasional utama Indonesia.

Pada akhirnya, tujuan bangsa Indonesia adalah melindungi kepentingan negara dan daerah dalam rangka menyelenggarakan dan mengembangkan kemakmuran, keluhuran budi, dan perdamaian, serta menjaga harkat dan martabat semua orang dimanapun berada.

Berkaitan dengan ekonomi

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap potensi ekonomi Nusantara yang luar biasa, termasuk lokasinya di garis khatulistiwa, hutan tropisnya yang luas, wilayah lautnya yang luas, populasinya yang relatif besar, dan sumber daya mineral dan minyak buminya yang melimpah. Secara ekonomi, ini berarti berfokus pada sektor publik, swasta, dan industri.

Karena pentingnya kesetaraan dan kesetaraan regional dalam pertumbuhan ekonomi, kekuasaan yang didesentralisasi memberdayakan masyarakat lokal untuk mengejar keadilan ekonomi dengan cara mereka sendiri.

Pemberian fasilitas kredit mikro untuk pertumbuhan usaha kecil hanyalah salah satu contoh bagaimana seluruh masyarakat dapat mengambil bagian dalam pembangunan ekonomi.

Berkaitan dengan sosial

Demi menciptakan masyarakat di mana orang-orang dari berbagai latar belakang (baik budaya, geografis, atau sosial ekonomi) dapat hidup bersama dalam damai dan harmoni.

Untuk tujuan memupuk rasa identitas, menjaga sumber daya Indonesia, dan menarik wisatawan yang dapat membantu menopang perekonomian, budaya merupakan faktor penting.

Baca Juga :   Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Ipteks dan Pengembangan Kehidupan Beragama

Itulah pembahsan terkait Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara. semoga bermanfaat***